Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, SH, MSI. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) Papua Barat berlangsung... Baesera Wael: Pelaksanaan STQH Memperhatikan Protokol Kesehatan, Wagub: Yang Buka Gubernur

Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, SH, MSI. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) Papua Barat berlangsung di Manokwari, Ibu Kota Provinsi Papua Barat pada (7/3/2021). Dijadwalkan Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan akan membuka STQH yang digelar di AstonNiu Hotel Manokwari.

‘’Persiapannya sudah tinggal hari H (pelaksanaan, red) sebagian peserta sudah tiba hari ini (senin, red) seperti peserta dari Kabupaten Raja Ampat,  kemudian Kabupaten Fakfak dan Kabupaten Kaimana besok (Selasa,red) rencana tiba,  akomodasinya juga sudah disiapkan, ‘’ ujar Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani SH, MSI yang di temui wartawan, Senin (5/3/2021) di Bandar Udara Rendani Manokwari siang.

Menurut wakil gubernur yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Wilayah Papua Barat, bahwa dalam persiapan ini panitia pelaksana juga telah menyebarkan undangan.

‘’Undangan untuk Forkopimda,undangan untuk  pak gubernur membuka kegiatan itu juga sudah disampaikan. Jadi intinya tinggal hari H (pelaksnaan, red) untuk pelaksanaannya, pembukaannya tanggal tuju (Rabu, red),’’ sebut Mohamad Lakotani.

Lanjut wakil gubernur, peserta yang hadir dalam pelaksanaan ini ditaksir mencapai 200 orang, jumlah tersbut terbilang sedikit, sehingga panitia menggelar secara tatap mukan dengan mengedepan protokol kesehatan.

‘’Perkirakan teman-teman (panitia, red) jumlah total peserta 200sekian orang,  dengan pertimbangan jumlah yang segitu, bisa dikendalikan, bisa diatur mematuhi protokol kesehatan, sehingga kemudian mereka putuskan untuk dilaksanakan secara terpusat di Manokwari,’’ tambah alumni anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini.

Ketua Panitia STQH Provinsi Papua Barat, Hj Baesera Wael, S.SOS yang dihubunggi papuadalamberita.com secara terpisah, Senin (5/3/2021) mengatakan, pelaksanaan STQH Ke-VIII tingkat Provinsi Papua Barat InsyaAllah direncanakan akan dibuka gubernur Papua Barat pada Rabu (7/3/2021) di AstonNiu Hotel Manokwari.

‘’Pelaksanaannya mulai tanggal 7 sampai tanggal tanggal 10 April 2021 dan pada pagi hari. Sampai dengan hari ini peserta dari kabupaten kota sudah berdatangan, peserta dan official kurang lebih 205 orang. 205 orang dari 10 kabupaten dan satu kota, minus Kabupaten Pegunungan Arfak dan Kabupaten Maybrat,’’ ujar Ketua Panitia STQH.

Menurut ketua panitia, peserta dari 10 kabupaten dan satu kota ini ditempatkan di sejumlah hotel di Manokwari, sedangkan peserta yang sudah ada dari Kabupaten Raja Ampat.

‘’Peserta dari Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Fakfak dan Kabupaten Kaimana dijadwalkan besok (selasa, red) tiba di Manokwari,’’ jelas Baesera Wael.

Menurut Baesara, setelah pembukaan di AstonNiu Hotel, lomba akan di gelar di tiga masjid di Manokwari, yaitu Masjid Al Falah Wosim AMD, Masjid Ridwanulhakim milik Fasharkan, dan Masjid Nurul Fatah Reremi Manoriang.

Ketua Panitia STQH Ke-VIII Provinsi Papua Barat 2021, Hj Baesera Wael, S.SO. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’STQH memperlombakan selain tilawah, hafiz-hafizah, ada hadits 100 dan 500 ini memang tidak dilombakan tetapi akan ditampilkan,  mudah-mudahan bisa ada utusan dari daerah akan dikirim nama dewan hakim yang menilai karena baru pertama kali ikut STQ,’’ sambung Baesera.

Untuk persiapan Ia mengaku sudah 98 persen,  pelaksnaan ini panitia juga telah memperoleh izin dari Gugus Tugas COVID-19 Papua Barat dengan  tidak mengundang banyak orang.

‘’Walaupun kafilah dan official 205 orang,  kita hanya undang ketua dan official dan kabupaten kota untuk ikut saat pembukaan ditambah dan unsur Forkopimda jadi kurang lebih 100 undangan,’’ tegas Baesera Wael.

Kata Baesara, panitia pelaksanaan perketat protokol kesehatan, termasuk di hotel-hotel tempat kafila menginap. Panitia menyampaikan terima kasih kepada gubernur, wakil gubernur dan gugus tugas, panitia dibantu masker dan hand sanitizer.

‘’Pada pelaksanaan ada tim dokter membagi petugas di tiga tempat pelaksanaan lomba. Karena kita laksanakan di masa dalam pandemi, kita tidak bosan-bosan saling memperingatkan rekan-rekan panitia dan peserta kafilah dari kabupaten dan kota yang pertama diperhatikan adalah tetap menjalankan protokol kesehatan, kemudian  menjaga kualitas suara,’’ kata Baesera.

Dalam STQH 2021 ini panitia tidak memliki target berlebihan, namun ini sebagai ajang mempersiapkan diri menghadapi STQH Nasional yang di helat di Ternate Provinsi Maluku Utara.

‘’Kita tidak mengharapkan muluk-muluk, yang penting pengalaman anak-anak kita dari Papua Barat yang bisa berhasil,  nanti kita akan kirim mengikuti STQ tingkat nasional yang Insyaallah akan dilaksanakan di Ternate Maluku Utara,’’ ucapnya.

‘’Kami sudah masukan undangan ke gubernur melalui protokol,  dan protokoler akan sampaikan kepada bapak gubernur. Insyaallah bapak gubernur hadir. Kami punya harapan besar bapak gubernur dapat hadir dan buka STQ tingkat provinsi tahun 2021,’’ sebut Baesera.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *