Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Fakfak  Ketika Menangani Pohon Tumbang Yang Terjadi di Jalan Brawijaya Fakfak Utara Distrik Fakfak. Kamis 7 Juli 2022. PAPUADALAMBERITA.COM.... BPBD Fakfak Tangani 4 Titik Longsor, Abdul Samad Hatala : Tingginya Curah Hujan Warga Diharap Waspada

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Fakfak  Ketika Menangani Pohon Tumbang Yang Terjadi di Jalan Brawijaya Fakfak Utara Distrik Fakfak. Kamis 7 Juli 2022. PAPUADALAMBERITA.COM. FOTO : Istimewa.

BPBD Fakfak Tangani Longsor Yang Menutupi Ruas Jalan Penghubung Kampung Sakartemin – Kampung Pasir Putih Distrik Fakfak Tengah, Kabupaten Fakfak. Kamis 7 Juli 2022. PAPUADALAMBERITA.COM. FOTO : Istimewa.

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Curah hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir ini mengakibatkan dalam sehari (Kamis, 7/7/2022) terjadi longsorang di 4 titik di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Longsoran yang mengakibatkan tertututpnya akses jalan terjadi Distrik Fakfak tepatnya 1 (satu) titik  di ruas jalan J.P. Matondang, di mana ruas jalan ini menghubungkan Distrik Fakfak dan Distrik Fakfak Tengah dan 3 (tiga) titik longsor juga terjadi di ruas jalan penghubung Distrik Fakfak Tengah dan Distrik Fakfak Timur Tengah yakni di antara kampung Sakartemin dan Kampung Pasir Putih.

Unyuk mengatasi persoalan longsoran yang menutup akses ruas jalan di 4 titik termasuk mengatasi pohon tumbang di jalan Brawijaya Keluarahan Fakfak Utara Distrik Fakfak yang mengabatkan terganggunya jaringan listrik, dalam sehari ini (Kamis) pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Fakfak telah turun menangani persoalan longsoran yang terjadi dalam sehari ini.

Demikian dikatakan, Plt. Kepala BPBD Fakfak, Abdul Samad Hatala, S.Sos.,M.Si., kepada papuadalamberita.com. saat dihubungi melalui kontak WhatAap, ketika sedang berada di lokasi longsoran.

Menurut Samad, sapaan akrab Abdul Samad Hatala, longsor yang terjadi di 4 titik dalam sehari, diakibatkan tingginya curah hujan di Fakfak yang terjadi sejak beberapa hari dan puncaknya pada Rabu (6/7/2022) dan Kamis (7/7/2022) mengakibatkan terjadinya pergeseran tanah hingga longsor menutupi 4 titik tersebut.

Longsor Yang Menutupi Akses Jalan di Ruas Jalan J.P. Matondang Distrik Fakfak, Kabupaten Fakfak. Kamis 7 Juli 2022. PAPUADALAMBERITA.COM. FOTO : Istimewa.

Namun dengan terjadinya longsor yang tidak terdapat korban jiwa dan sejak Kamis pagi sekitar jam 09.00 WIT hingga 17.00 WIT, pihak BPBD telah turun menyelesaikan persoalan longsoran di 4 titik serta pohon tumbang di jalan Brawijaya sehingga saat ini arus jalan di 5 titit itu telah terbuka dan dapat dilalui kendaraan bermotor.

“Kami dari BPBD telah mengatasi 4 titik longsor yang menutup ruas jalan serta pohon tumbang  di satu titik dan dengan penanganan longsoran tersebut maka saat ini akses jalan telah terbuka dan dapat dilalui kendaraan”, ungkap Abdul Samad Hayala, melalui kontak WhatsAap, Kamis (7/7/2022).

Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Fakfak, Abdul Samad Hatala, menghimbau agar di musim hujan dengan curah hujan yang tinggi di Fakfak agar warga Fakfak tetap waspada saat melintasi ruas jalan dibawah tebing termasuk  di 4 titik tersebut karena masih bisa terjadi longsoran susulan.

“Curah hujan masih tinggi dan memungkinan terjadinya pergeseran tanah sehingga warga yang melewati ruas jalan dibawah tebing termasuk di 4 titik longsoran tersebut diharapkan waspada saat melewati jalur tersebut dengan menggunakan kendaraan bermotor karena mungkin saja bisa terjadi longsiran susulan”, harapnya.(RL 07)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!