Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein sebagai pembicara ketiga dalam silaturahi bersama tokoh agama, tokoh adat, dan kepala suku dalam mewujudkan Pilkada aman, damai,... Brigjen Ferry Zein: TNI dan Polri Komitmen Bantu Pemda dalam Pengamanan Pilkada Papua Barat

Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein sebagai pembicara ketiga dalam silaturahi bersama tokoh agama, tokoh adat, dan kepala suku dalam mewujudkan Pilkada aman, damai, kondusif dalam bingkai NKRI, Rabu (12/8/2020) di SwissBel Hotel Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: rustam madubun.

PAPUADALAMBERITA. COM. MANOKWARI – Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein yang bersama Gubernur Papua Barat, Wakapolda Papua Barat, Ketua KPU Papua Barat dan perwakilan Bawaslu Papua barat tampil sebagai pembicara ketiga dalam silatuhmai bersama tokoh agama,tokoh adat, dan kepala suku dalam rangka mewujudkan Pilkada aman, damai, kondusif dalam bingkai NKRI, Rabu (12/8/2020) di SwissBel Hotel Manokwari.

Baca juga: Pesan Gubernur Kepada Pemuka Agama, Tokoh Adat dan Kepala Suku Jaga Pilkada Papua Barat yang Aman

Baca juga: Gubernur Papua Barat, Pasangan Calon Jangan Saling Menjatuhkan, Itu Tidak Etis

Pada kesempatan ketiga, Kasdam yang mewakili Pangdam XVIII/Kasuari mengatakan, Kodam XVIII/ Kasuari Polda Papua Barat berkomitmen membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Papua Barat dalam pelaksanaan Pilkada di Papua Barat pada 9 Desember 2020.

‘’Kita (TNI) bertekad mendukung tugas-tugas Polri dalam pengamanan (Pilkada, red) dengan tetap menjaga netralitas, agar kami juga dapat membantu pemerintah daerah di dalam proses pemilihan pemimpin di negara demokrasi ini termasuk Papua Barat, tegas Kasdam XVIII/Kasuari.

Kasdam mengatakan, Pilkada adalah proses demokrasi politik untuk memilih pemimpin dengan cara damai, aman dan kondusif sesuai dengan tema “Bersama tokoh agama, tokoh adat dan kepala suku dalam rangka mewujudkan Pilkada aman, damai, kondusif dalam bingkai NKRI”.

‘’Dari peradaban modern sudah mengakui bahwa demokrasi adalah satu-satunya jalan yang aman untuk memilih pemimpin seperti di negara-negara lain, oleh karena itu,  kita sudah sepakat sejak menyelenggarakan proses Pemilu sampai dengan Pilkada sekarang dengan aman dan damai,’’ ujar Kasdam XVIII/Kasuari.

Jenderal bintang satu di Kodam Kasuari melanjutkan, bahwa Kodam Kasuari dan jajarannya tugasnya mendukung Polda Papua Barat dalam rangka menjaga keamanan ketertiban selama penyelenggaraan Pilkada di daerah ini.

‘’Oleh karena itu, kami bersinergi dengan bapak Kapolda akan menjaga situasi keamanan yang tertib aman dan kondusif dalam penyelenggaraan Pilkada pada bulan Desember yang akan datang,’’ ujar Brigjen Ferry Zein.

Ketua KPU Papua Barat, Wakapolda Papua Barat, Gubernur Papua barat, Kasdam XVIII/Kasuari dan perwakilan Bawaslu Papua Barat sebagai pembicara dalam silaturahmi bersama tokoh agama, tokoh adat, dan kepala suku dalam mewujudkan Pilkada aman, damai, kondusif dalam bingkai NKRI, Rabu (12/8/2020) di SwissBel Hotel Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: rustam madubun.

Lanjut Kasdam, bahwa saat ini kegiatan pentahapan sudah dimulai, seperti yang disampaikan Kapolda dan Gubernur soal prakondisi untuk pelaksanaan Pilkada.

‘’Kami hanya mengimbau mari kita, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di Provinsi Papua Barat kita ikuti tahapan Pilkada sesuai dengan jadwal, kemudian ada mekanisme dan proses yang dilakukan oleh bakal calon, juga tokoh-tokoh masyarakat kita yang akan berminat untuk menjadi pemimpin yang amanah dalam proses Pilkada ini,’’ ujar Ferry.

Selanjutnya terkait dengan TNI Kasdam mengatakan, Kita sudah berkomitmen sebelumnya dari waktu ke waktu terbuktik TNI dan Polri selalu menjaga netralitas dalam penyelenggaraan pemilu dan Pemilukada.

‘’Ini adalah komitmen kami sehingga jajaran Kodam XVIII/Kasuari dalam mendukung tugas pengamanan Pilkada yang akan datang sampai ke tingkat jajaran Koramil dan Babinsa di Papua Barat,’’ tambah Kasdam menutup materinya.(tam)

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *