Papua Barat

Dari Sengketa, Unjuk Rasa, Bongkar Muat Tertunda, Ini Penjelasan Pertamina

76
×

Dari Sengketa, Unjuk Rasa, Bongkar Muat Tertunda, Ini Penjelasan Pertamina

Sebarkan artikel ini

Area Manager Communication Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial and Trading Regional Papua Maluku Edi Mangun. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Bermula dari sengketa lahan,  hingga tertundanya bongkar muat minyak tanah, menjadi penyebab unjuk rasa warga di Kabare Kabupaten Raja Ampat.

Permasalahan sengketa lahan mengakibatkan terjadinya pemalangan SPBU BBM 1 Harga atas nama CV Putri Waima di Kampung Kabare Distrik Waigeo Utara, Kabupaten Raja Ampat, hal ini kemudian berujung pada pelarangan pengiriman BBM yang rutin dilakukan transportir oleh oknum, dengan tujuan ke Distrik Waigeo Utara,  imbasnya pada bergesernya jadwal bongkar muat BBM jenis minyak tanah ke pangkalan resmi agen.

PT Pertamina (Persero) melalui Area Manager Communication Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial and Trading Regional Papua Maluku Edi Mangun menjelaskan kronologi persoalan dilatar belakangi karena kesalahan komunikasi, alhasil masyarakat melakukan aksi demo atau unjuk rasa karena BBM jenis minyak tanah yang seharusnya didistribusikan menjadi terhambat.

“Menurut kronologi kejadian yang kami terima, dikarenakan SPBU yang dipalang oleh oknum. Sehinga pengusaha SPBU CV. Putri Waima yang melarang BBM oleh transportir ke Distrik Waigeo Utara, kata Edi Mangun, Senin (6/12/2021).

‘’Namun ternyata dalam kapal tersebut juga mengangkut minyak tanah ke pangkalan resmi agen, oleh sebab itu disini terjadi miskomunikasi antara transportir dengan pengusaha SPBU yang mengakibatkan masyarakat tidak terima karena minyak tanah tidak diturunkan di Distrik Waigeo Utara,” terang Edi.

Edi menjelaskan, Pertamina telah mengambil langkah berkomunikasi dengan Pemda Raja Ampat, Pengusaha SPBU dan Transportir terkait dengan hal tersebut dan sudah disepakati untuk mengirimkan Minyak tanah ke pangkalan yang berlokasi di Kabare.

“Saat ini kapal pengangkut BBM minyak tanah tersebut berada SPBU Sub Mowar di Ayau untuk pembongkaran BBM jenis Pertalite dan Pertamax, dijadwalkan setelah kapal selesai bongkar di SPBU Sub Mowar akan melanjutkan pengiriman minyak tanah ke Kabare,” papar Edi Mangun kemudian.

Lanjutnya, untuk pelayanan BBM jenis pertalite dan Pertamax, sementara waktu masyarakat dapat membeli di SPBU terdekat dengan Waigeo utara yaitu di Ayau (SPBU Sup Mowar) dan Waisai (SPBUN Maros Indah) hingga dilakukan pembahasan dan menemukan langkah penyelesaian terkait masalah dimaksud.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!