Gubernur Papua Barat dan didampingi Kapolda Papua Barat mengunting pita peresmian Samsat Drive Thru, peluncuran mobil Samsat keliling dan aplikasi E – Survey dan... Drive Thru Layanan Bayar Pajak dengan Cara Cepat, Sudah Diresmikan Gubernur Papua Barat

Gubernur Papua Barat dan didampingi Kapolda Papua Barat mengunting pita peresmian Samsat Drive Thru, peluncuran mobil Samsat keliling dan aplikasi E – Survey dan Informasi Pelayanan Publik  (E – Syiap) Mansinam Polda Papua Barat, Kamis (25/3/2021) di Kantor Samsat Manokwari, Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Untuk memberikan pelayanan terbaik pengurusan pajak kendaraan bermotor, Direktorat lalu Lintas Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat meresmikan Samsat Drive Thru, peluncuran mobil Samsat keliling dan aplikasi E – Survey dan Informasi Pelayanan Publik  (E – Syiap) Mansinam Polda Papua Barat.

Ketiga layanan ini untuk pembayaran pajak tahunan kendaraan roda dua dan roda empat dapat dilakukan dengan cepat, tepat, transpar, akuntabel dan informatif.

Samsat Drive Thure berlokasi di lanta dasar Gedung Samsat Papua Barat, Manokwari yang berhadapan dengan eks Kantor Polda Papua Barat, Manokwari Papua Barat

‘’Sesuai peraturan Presiden RI Nomor 5 tahun 2015, 19 Januari 2015 tentang penyelenggaraan sistem administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat)  kendaraan bermotor, bahwa Samsat wajib memberikan layanan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan secara integrasi dan akomodasi dengan cepat, tepat, transparan, akuntabel dan informatif,’’ ujar Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan. saat meresmikan Samsat Drive Thru, peluncuran mobil Samsat keliling dan aplikasi E – Survey dan Informasi Pelayanan Publik  (E – Syiap) Mansinam Polda Papua Barat, Kamis (25/3/2021) di Kantor Samsat Manokwari Jalan Pahlwan.

Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN   

Gubernur Papua Barat mengatakan, aparatur Kesamsatan sebagai penyelenggara pelayanan publik Kesamsatan dituntut memberikan pelayanan berkualitas, prosedur jelas,  waktu yang tepat dengan biaya yang pantas.

‘’Tuntutan seiring berkembangnya kesadaran bahwa setiap warga negara dalam kehidupan bernegara dan berbangsa yang demokratik memiliki hak dilayani, maka adalah kewajiban kita selaku penyelenggara pemerintah dan penyelenggara pelayanan publik memberikan pelayanan sesuai dengan tuntutan masyarakat,’’ sebut Gubernur.

Warga Manokwari patus bersyukur telah hadir fasilitas pelayanan membayar pajak kendaraan dengan mudah melalui layanan Dhrive Thru.

‘’Saya mengapresiasi apresiasi kinerja Kesamsatan yang terus mengembangkan kemudahan layanan kepada wajib pajak. ssebagaimana harapan saya waktu peresmian kantor ini, untuk menyediakan layanan yang mudah kepada wajib pajak terwujud,’’ kata Dominggus Mandacan.

Dengan hadirnya layanan Samsat Drive Thru gubernur memberikan apresiasi kepada Kapolda Papua Barat Pimpinan PT Jasa Raharja dan Bank Papua yang terus bersinergi membangun Kesamsatan Papua Barat

 Kapolda Papua Barat, Irjen Pol doktor Tornagogo Sihombing, SIK, MSI mengatakan, Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan telah memberikan dukungan inovasi pelayanan di lingkungan Samsat Polda Papua Barat, ini patut diucapkan terima kasih.

‘’Sejak tahun 2004 reformasi demokrasi dilakukan pemerintah Indonesia dengan menegaskan akan pentingnya prinsip-prinsip yang secara universal untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Polri dituntut untuk transparan dan akuntabel. Ini selaras dengan program kebijakan yang digariskan pemerintah terkait penerapan reformasi birokrasi sebagaimana tertuang dalam program prioritas Kapolri transformasi menuju Polri yang Presisi,’’ kata Kapolda.

Kapolda Papua Barat Irjen Pol doktor Tornagogo Sihombing, SIK, MSI. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN   

Kapolda mengatakan, harapan masyarakat saat ini terhadap peningkatan kualitas pelayanan sangatlah besar, karena Polri dituntut mampu memberikan pelayanan publik yang cepat, mudah, murah terjangkau, terukur dan transparan.

‘’Oleh karena itu Polda Papua Barat berinovasi melakukan upaya dan inovasi di bidang pelayanan khususnya di bidang lalu lintas, pertama Manokwari,  kedua pelayanan SIM keliling Polda Papua Barat,  yang ketiga Publik  (E – Syiap) Mansinam Polda Papua Barat yang dapat diakses melalui website Ditlantas Polda Papua Barat yang diunduh melalui Play Store,’’ jelas Kapolda.

Dengan adanya inovasi pelayanan publik, diharapkan meningkatkan pelayanan Polda Papua Barat dibidang pelayanan lalu lintas yang kualitas, efektif,  efisien,  serta mudah, cepat sesuai semangat reformasi nasional,  yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasaan, kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik Polda Papua Barat.

Setelah peremian Samsat Drive Thru, Wajib pajak langsung membayar pajak kendaraan melalui Drive Thru, Kamis (25/3/2021) di Kantor Samsat Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN   

Usia peresmian dilanjutkan dengan uji pelayanan Samsat Drive Thru, dua warga berkendaraan roda empat dan dua tidak turun dari kendaraanya, cukup dalam kendaraan dengan menyerahkan surat-surat kendaraan dan KTP asli, pajak asli, STNK asli di loket satu, data diinput oleh petugas isistim akan mebaca berapa pajak yang harus dibayar, ini juga transparan karena ditampilkan di monitor depan loket yang dapat diliat siapa saja.

Setelah di loket satu, pembayaran dan pengambilan notice pajak kendaraan pajak di lakukan di loket dua, pembayaran tunai dengan menyediakan uang pas, uji coba ini disaksikan Gubernur, Kapolda dan Kasdam XVIII/Kasuari.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *