PAPUADALAMBERITA.COM, MANOKWARI – Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Papua Barat,  Olla Irianti Mamulinda melantik pengurus FJPI Sub Cabang Kabupaten Manokwari periode 2019-2022 di... FJPI Manokwari Dilantik, Harapan Tiga Perempuan untuk Jurnalis Perempuan
KETUA FJPI Papua Barat (berhijab) menyerahkan pataka kepada Ketua FJPI Sub Cabang Manokwari, Sabtu (23/02/2019).FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com

PAPUADALAMBERITA.COM, MANOKWARI – Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Papua Barat,  Olla Irianti Mamulinda melantik pengurus FJPI Sub Cabang Kabupaten Manokwari periode 2019-2022 di Abreso Cafe Manokwari, Papua Barat, Sabtu (23/02/2019).

Pada pelantikan pengurus ada tiga perempuan Papua Barat menaruh harapan kepada FJPI Manokwari.

Peretama datang dari Asisten Setda Kabupaten Manokwari, Mersiyanah Jalimun, Ia berharap  kehadirann FJPI dapat mengkomunikasikan berbagai kebijakan pembangunan Kabupaten Manokwari,

dilantiknya kepengursan ini menunjukan jurnalis perempuan siap menghadapi tuntutan jaman.

‘’Menjelang pesta demokrasi pada 17 April 2019 FJPI menjaga netralitas, menjaga keharmonisan, kedamaian dan keamanan, serta mendorong  pers yang merdeka, profesional, bermartabat  beradab serta terpenuhinya hak publik memperoleh informasi akurat dan benar,’’ pesan Asisten III.

Bupati Manokwari dalam amanatnya mengatakan, terbentuknya FJPI Manokwari penting untuk menjamin jurnalis dibawah FJPI adalah wartawan profesioanal yang memahami kode etik.

‘’Wartawan dalam wadah ini benar berkompeten, mengingat organisas ini merupakan sarana informasi pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya,’’ jelasnya.

Ia menambahkan eksistensi FJPI Manokwari harus sebagai perekat dan pemersatu insan pers, mengingat insan pers merupakan mitra pemerintah.

KETUA FJPI Papua Barat (tengah) bersama Pengurus FJPI Sub Cabang Manokwari Papua Barat, Sabtu (23/02/2019).FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com

Harapan kedua dari Ketua FJPI Manokwari terpilih Fenty Rumbiak, FJPI dibentuk melalui musyawarah jurnalis perempuan  Manokwari pada 18 November 2018.

Fenty merupakan wartawan Papuabaratonline.com  menjelaskan FJPI organisasi profesi perempuan jurnalis dan pekerja media yang bekerja melaksankan Kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh memiliki, menyimpan mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar serta data dan grafik dalam bentuk media cetak , elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia bebas dan bertanggung jawab.

‘’Kehadiran FJPI wujud kedaulatan rakyat untuk menciptakan demokratisasi kehidupan bermasyrakat berbangsa dan bernegara serta mewujudkan jurnalis perempuan berkualitas professional dan dapat memberikan manfaat bagi perempuan dan masyrakat,’’ terang Fenty.

Fungsi FJPI sebagai organisasi profesi jurnalis perempuan berperan dalam pembangunan penigkatan kompetensi dan profesionalisme jurnalis, juga sebagai serikat pekerja memperjuangkan kesejahtraan jurnalis perempuan dan bantuan perlindungan hukum kepada jurnalis perempuan dalam melaksankan profesinya.

Ia mengatakan FJPI memperjuangkan pers yang bebas dari pencegahan, pelarangan atau penekanan agar hak masyrakat memperoleh informasi terjamin menyadarkan semua pemangku kepentingan mengenai pentingnya penegakan hukum yang dilaksanakan pengadilan dan tanggung jawab profesi yang dijabarkan dalam UU Pokok Pers sesuai nurani insan pers serta memperjuangkan hak dan kesejahtraan jurnalis.

‘’Kami berharap pemerintah dan organisasi perempuan di Kabupaten Manokwari, kedepan dalam melaksanakn program kerjanya yang menyangkut dengan kepentingan masyrakat, anak dan perempuan kiranya melibatkan FJPI Manokwari,’’ harap Fenty.

KETUA FJPI Papua Barat menyerahkan buku dengan judul “Perempuan Meliput Indonesia: 50 Kisah di Balik Berita” yang ditulis wartawan perempuan Indonesia dari Sabang hingga Merauke kepada Pemda Manokwari diterima Asisten Setda Manokwari, Sabtu (23/02/2019).FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com

Pada kesempatan itu, Ketua FJPI Papua Barat, Olla Irianti Mamulinda memberikan buku berjudul “Perempuan Meliput Indonesia: 50 Kisah di Balik Berita” yang diterima Asiten III Setda Manokwari Mersiyanah Jalimun.

Dalam buku tersebut, 50 jurnalis perempuan dari Sabang hingga Merauke menuangkan pengalamannya meliput di lapangan dalam perspektif perempuan, tiga diantaranya berasal wartawan perempuan Kabupaten Sorong. ‘’Ada tulisan wartawan asal Sorong juga, semoga terbitan berikutnya wartawan Manokwari menyumbangkan tulisannya juga,’’ ujar Ketua FJPI Papua Barat.

Harapan Olla kepada jurnalis perempuan di Manokwari adalah, mampu berkolaborasi baik dengan pemerintah daerah yang tidak mbersifat koruptis. “Dan jangan menjadi berat sebelah, tetapi tetap menjaga etika dan independensi sebagai jurnalis, serta tetap ceria dan bahagia,’’ pesannya.

Sementara Ketua Panitia Pelantikan pengurus FJPI Manokwari, Irsye Simbar mengucapkan terima kasih kepada mitra dan kolega-kolega yang ikut menyukseskan terselanggaranya pelantikan kepengurusan 2019-2022.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *