Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, Kamis (1/4/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Pertumbuhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) di Manokwari, Papua... Gubernur: Peresmian Galery Sukun Viva adalah Kontribusi Nyata Bank Indonesia Bangun UMKM

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, Kamis (1/4/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Pertumbuhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) di Manokwari, Papua Barat tidak terlepas dari perhatian serius Perwakilan Bank Indonesia  Papua Barat.

‘’Selaku Gubernur mewakili pemerintah Provinsi Papua Barat menyampaikan apresiasi  tinggi atas kegiatan yang diinisiasi Bank Indonesia karena,  kita dapat menyaksikan secara langsung kontribusi nyata Bank Indonesia dalam mengembangkan UMKM Papua Barat,  yaitu pembangunan Gallery Sukun KELOMPOK kerja Vivi Manokwari sejalan dengan gerakan bangga buatan Indonesia,’’ sebut Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan saat meresmikan program sosialisasi Bank Indonesia Galeri Sukun Pokja Viva Manokwari, Kamis (1/4/2021) di Manokwari.

Menurut Gubernur Papua Barat, seluruh pemerintah daerah didorong untuk secara aktif membuka perluasan akses pasar UMKM dan mensenergikannya dengan gerakan bangga berwisata di Indonesia.

 ‘’Kita sadari bersama, UMKM dan pariwisata seperti dua sisi mata uang yang saling berkaitan erat. Kegiatan parawisata akan terasa lengkap apabila didukung dengan keberadaan UMKM yang berkualitas dan mencirikan keunggulan daerah setempat. Di samping itu, geliat pelaku UMKM juga akan semakin maju apabila sektor pariwisata mengalami kemajuan,  sehingga pelaku UMKM dapat menikmati penjualan yang cukup tinggi,’’ ujar Dominggus Mandacan.

Gubernur Papua Barat, Bupati Manokwari dan Kepala Perwakila Bank Indonesia Papua Barat saat penguntingan pita dan penarikan selubung papan nama galeri sukun Viva Manokwari, Kamis (1/4/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Gubernur menambahkan, Hal-hal tersebut telah disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat,  bahw aKabupaten Manokwari memiliki komunitas komoditi unggulan berupa, buah sukun dengan varietas-varietas Iriana Jokowi.

‘’Sebagai orang asli Papua Barat kami paham betul,  bahwa buah sukun di pesisir Manokwari memiliki cita rasa yang sangat gurih,  sehingga apabila diolah akan menjadi bahan baku yang baik seperti contohnya keripik sukun ini,’ ’ungka Mandacan.

Dominggus mengatakan, pemerintah Provinsi Papua Barat dan Bank Indonesia sejak lama telah menjalani sinergitas,  kami paham,  bahwa ketika Bank Indonesia melakukan pendampingan maka hal itu akan dilakukan mulai dari hulu hingga Hilir seperti halnya saat ini.

DARI KIRI: Bupati Manokwari, Hermus Indow serta Istri, Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat, Ru W Trisolawati pada peresmian Galeri Sukun Viva Manokwari, Kamis (1/4/2021) di Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’Bank Indonesia Papua Barat telah membangun galeri sukun Pokja Viva  Manokwari,  dengan dibangunnya Galeri Sukun ini,  kami berharap dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam peningkatan produktivitas dan perluasan akses pasar UMKM,  dan mendukung geliat pariwisata di Manokwari,’’ harap Dominggus.

Gubernur berpesan, kedepannya ketika ada kegiatan yang diselenggarakan pemerintah Provinsi Papua Barat,  pemerintah Kabupaten Manokwari maupun lembaga institusi lain agar dapat menghadirkan UMKM lokal sebagai bentuk dukungan nyata bagi pelaku UMKM di Papua Barat.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan dan penarikan selubung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat Rut W Eka Trisolawati dan Bupati Manokwari, Hermus Indow.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *