Bupati Manokwari, Kabinda Papua Barat, Kapolda Papua Barat, Panglima TNI, Gubernur Papua Barat, Kabagintelkam Mabes Polri)i, Pangdam XVIII/Kasuari, dan Ketua DPR Papua Barat, Sabtu... Hebatnya  Gubernur Papua Barat, Depan Panglima TNI Minta Tambah Kuota Bintara TNI AU-TNI AL Untuk OAP

Bupati Manokwari, Kabinda Papua Barat, Kapolda Papua Barat, Panglima TNI, Gubernur Papua Barat, Kabagintelkam Mabes Polri)i, Pangdam XVIII/Kasuari, dan Ketua DPR Papua Barat, Sabtu (3/3/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan mendapingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kepala Bagian Intelijen dan Keamanan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Kabagintelkam Mabes Polri) Komisaris Jenderal Pol Paulus Waterpauw, saat kunjungan kerja di Manokwari dalam pengamanan pelaksanaan Hari Paskah, (3/4/2021) di Manokwari.

Dalam pertemuan Panglima TNI dan Polri bersama tokoh agama Papua dan Papua Barat yang di helat di gedung PKK Provinsi Papua Barat, Drs Mandacan dengan piawainya meminta kepada Panglima dan Kabintalkam yang mewakili Kapolri itu, penambahan kouta calon Bintara TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Bintara Polri.

‘’Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan beberapa usulan terkait pelaksanaan percepatan pembangunan kesejahteraan Provinsi Papua Barat,  ini sejalan dengan kebijakan Inpres nomor 9 tahun 2020 tentang pembangunan percepatan di Papua dan Papua Barat yang menurut kami menjadi tugas dan kewenangan bapak Panglima dan juga bapak Kapolri,’’  kata Dominggus Mandacan.

Hal pertama yang disampaikan orong nomor satu di Papua Barat ini adalah, penambahan kuota penerimaan Bintara TNI, AL, TNI AU.

‘’Kami sudah mendapatkan jatah 1.000 Bintara TNI AD kerjasama dengan Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat dan Panglima Kodam XVIII/Kasuari,  kami membiayai kami menggunakan dana Otonomi Khusus (Otsus),  baik dari provinsi, kabupaten mapun kota dan mereka sudah masuk pendidikan di pusat latihan di Jawa,’’ sebut Dominggus.

‘’Dengan demikian, kami minta untuk bisa ditambahkan khusus untuk angkatan laut (TNI AL), angkatan udara (TNI AU). Kalau angkatan darat sudah, kami sudah dapat jatah 1.000, skrang kami minta bapak kasih kami tambahan untuk AL dan AU Bintara khusus Otsus yang juga kami siap membiayai untuk latihannya,’’ harap Mandacan disambut tepuk tangan meriah para undangan.

Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan saat menyampaikan pesannya di hadapan Panglima TNI, Kabagintelkam Mabes Polri, Sabtu (3/3/2021) di Gedung PKK Propinsi Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Menurut Gubernur permintaanya itu dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan mengurangi angka pengangguran dan angka kemiskinan di Papua Barat.

Lanjuta Mandacan, yang permintaan ketiga, Gubernur Papua Barat menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Panglima TNI dan Kapolri

‘’Kami menyampaikan penghargaan terima kasih apresiasi kepada Panglima TNI dan Kapolri yang sudah memberikan peluang dan kesempatan bagi anak-anak asli Papua bisa dididik menjadi Bintara TNI Angkatan Darat dan juga Bintara Otsus Polri. Dimana kami sudah mendapatkan jatah sebagaimana Papua Rp1.500 kami di Papua Barat juga Rp1.500 dan sekarang lagi seleksi, kita harapkan mereka diterima dan dididik,’’ tambah Mandacan.

‘’Kami memohon dukungan dan kerjasama TNI juga Polri dalam mensukseskan pendirian SMA Unggulan Kasuari Nusantara di Manokwari Provinsi Papua Barat,  sehingga akan lebih banyak anak-anak orang asli Papua yang siap memasuki Akademi Militer,  Akpol tapi juga afirmasi afirmasi yang lain kami bisa siap dan bisa bersaing dengan saudara-saudara kita nusantara, dan kami kami siap bisa diterima dan dilatih dan dididik dan pada akhirnya mereka bisa pulang bisa membangun Indonesia pada umumnya dan tanah Papua,’’ sambungnya.

Gubernur juga mohon dukungan dan kerjasama TNI dan Polri dalam percepatan pembangunan kesejahteraan Papua Barat  terutama dalam hal aksesibilitas transportasi ke daerah terisolir, dan mendukung program pangan lokal dan pengembangan komoditas unggulan lokal bernilai ekonomi tinggi dan berorientasi ekspor.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *