fbpx
Gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat, Kejaksaan, Sekda Papua Barat serta dua anggota Lalu Lalulintas Dit Lantas Polda papua Barat foto bersama... Jarak Polda Papua Barat yang Jauh Inspirasi Direktorat Lalu Lintas Buka Layanan Berbasis Online

Gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat, Kejaksaan, Sekda Papua Barat serta dua anggota Lalu Lalulintas Dit Lantas Polda papua Barat foto bersama seusai peresmian layanan berbasis android, Selasa (30/6/2020). PAPUADALAMBERITA. FOTO: istimewa.

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI- Jarak pusat Kota Manokwari yang terbilang jauh dari Markas Kepolisian Daerah Papua Barat menjadi inspirasi bagi Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat terinsiprasi membuka layanan berbasis online dengan aplikasi android.

‘’Jarak kantor Polda Papua Barat dengan Kota Manokwari yang cukup jauh serta kebutuhan masyarakat akan layanan yang cepat menginspirasi Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat meluncurkan inovasi program BPKB delivery yaitu pengiriman buku BPKB dari kantor layanan ke rumah,’’ ujar Kapolda Papua Barat, Irjen Pol DR Tornagogo Sihombing, SIK, SMI saat peresmian Kantor Samsa Manokwari dan peresmian aplikasi berbasis android, Selasa (30/6/2020).

Kapolda Papua Barat mengatakan, penerapan pelayanan pada masa pendem COVID-19 membutuhkan inovasi layanan berbasis digital dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan serta kecepatan pelayanan , mengurangi pertemuan antara pemohon dan petugas khususnya dalam layanan dibidang registrasi identifikasi kendaraan bermotor.

‘’Direktorat lalu-lintas meluncurkan layanan aplikasi e-mutasi kendaraan bermotor yang berbasis android dengan keunggulan kemudahan dalam layanan proses mutasi kendaraan bermotor bekerja sama dengan PT Pos Indonesia papua Barat, ‘’ jelas Kapolda Papua Barat.

Kapolda melanjutkan, Kantor Pos akan membantu proses pengiriman berkas mutasi ke daerah asal kendaraan tersebut sebelum didaftarkan di Samsat .

‘’Layanan aplikasi mutasi Papua Barat merupakan satu satunya layanan berbasis android khusus mutasi kendaraan bermotor yang ada di Indonesia, sehingga kita patut bangga bahwa dengan jauhnya wilayah kita namun kita mampu menghadirkan layanan aplikasi berkualitas dan berani memberikan layanan secara transparan di era new normal ,’’ ungkap Kapolda Papua Barat.

Menurut Kapolda dengan layanan ini, masyarakat yang akan mendatangi kantor layanan Samsat maupun BPKB tidak perlu melakukan penulisan blangko, permohonan cukup dengan mengisi kolom yang telah tersedia, maka pemohon dengan mudah mencetak formulir tersebut serta tidak lagi menghabiskan waktu yang lama di kantor layanan.

‘’Pemohon tanpa dipungut biaya pengiriman dan semua dilaksanakan secara ikhlas oleh petugas delivery BPKB , harapan saya seluruh jajaran Polda Papua Barat untuk mensosialisasikan aplikasi ini kepada masyarakat luas sehingga layanan ini dapat digunakan bermanfaat bagi pelayanan prima kepolisian daerah Polda Papua Barat ,’’ tegas Irjen Tornagogo Sihombing.

Jenderal bintang dua ini mengatakan, mulai hari ini tiga aplikasi yaitu layanan E mutasi kendaraan bermotor, E formulir STNK BPKP dan delivery BPKP dapat memanfaatkan masyarakat Papua Barat.

‘’Saya optimistis layanan mutasi ranmor Papua Barat, formulir STNK BPKB dan program BPKP delivery mampu dilaksanakan di seluruh Provinsi Papua Barat bahkan dapat dicontoh provinsi lain dalam menjawab pelayanan di area new normal ,’’ harap Tornagogo.

Kapolda ke enam di Polda Papua Barat ini menyampaikan terima kasih kepada pemerintah PROVINSI Papua Barat yang telah men-support sehingga semua layanan ini dapat di diresmikan bersama dengan peresmian Kantor Pelayanan Samsat Manokwari Daerah Polda Papua Barat.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!