Dansat Brimob Polda Papua Barat, Kombes Pol Semmy Ronny Thabaa yang ditemui wartawan, Senin (30/11/2021) di Lapangan Borasi Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN PAPUADALAMBERITA.COM.... Jika Ada Pelibatan Brimob, Dansat Turunkan Personil dan Peralatan

Dansat Brimob Polda Papua Barat, Kombes Pol Semmy Ronny Thabaa yang ditemui wartawan, Senin (30/11/2021) di Lapangan Borasi Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Tidak ada persiapan khusus Satuan Brimob Polda Papua Barat pada Selasa 1 Desember 2021 sebagai tanggal yang digadang-gandang tanggal peringatan kemerdakaan Papua.

Karena ada patroli dan kegiatan rutin kepolisian yang ditingkatkan tetapi jika ada pelibatan kekuatan Brimob, Sat Brimob Polda Papua Barat akan hadir dengan personil dengan peralatan.

‘’Untuk kesiapan personil tidak ada kesiapan khusus, semua diatur Polda melalui Karoops Polda Papua Barat. Ada patroli skala kecil, skala besar, apabila nanti ada kegiatan patroli skala besar,  patroli skala kecil, kegiatan rutin kepolisian yang ditingkatkan dalam pelibatan kekuatan Brimob kita akan hadir dengan personil dan peralatan yang kita miliki,’’ ujar Dansat Brimob Polda Papua Barat, Kombes Pol Semmy Ronny Thabaa.

‘’Berkaitan 1 Desember,  Kamtibmas di wilayah Polda Papua Barat saya Dansat Brimob mengimbau pada seluruh masyarakat di tanah Papua Barat 13 kabupaten kota mari sama-sama jaga keamanan lingkungan masing-masing,’’ sambung Dansat  yang ditemui wartawan Senin (30/11/2021) di Lapangan Borasi Manokwari.

Kombes Semmy Ronny Thabaa mengingatkan warga jangan terprovokasi dengan hasutan kelompok tertentu untuk melakukan aksi-aksi yang bertentangan dengan UU Dasar 1945 maupun hukum positif yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), apalagi disaat kita dalam masa-masa pandemi COVID 19 berkepanjangan dan prihatin.

‘’Bagaimana menangani persoalan-persoalan yang muncul karena COVID-19 yang berimplikasi kepada masyarakat. Oleh sebab itu sebagai Dansat Brimob mengimbau sebagaimana yang disampaikan bapak gubernur, bapak Kapolda maupun bapak Pangdam XVIII Kasuari untuk tanggal 1 Desember jangan ada kegiatan  yang kemudian merugikan bapak-ibu dorang sendiri, karena konsekuensinya penegakan hukum,’’ sambung Dansat.

Dansat Brimob menjelaskan, untuk daerah penugasan, di Kabupaten Maybrat yang dilakukan meningkatkan kewaspadaan, kemudian membangun komunikasi, kerjasama secara maksimal dengan satuan kewilayahan, Polres Sorong Selatan,  Polres Persiapan Maybrat  bersama Pemda, Bupati dan perangkatnya untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif  di Maybrat.

Kapolda Papua Barat didampingi Dansat Brimob Polda Papua Barat melihat peralatan penjinak bahan peledak pada (11/5/2021) lalu Mako Brimob Polda Papua Barat . PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’Kita, Sat Brimob persiapkan personel dan peralatan, berkaitan navigasi, data besaran suara itu tugas intelijen. Kita di Maybrat siaga satu, kita tidak mau anggap remeh situasi,  apalagi jelang 1 Desember,’’ tegas Dansat.

Kalender Kambtibmas di tanah Papua menurut Dansat secara khusus di Papua Barat seperti itu, lakukan peningkatan kewaspadaan di semua tempat. Tetapi Maybrat yang beberapa waktu lalu terjadi peristiwa pidana sehingga aparat keamanan konsentrasi betul,  di Bintuni kita antisipasi tidak ada toleransi kalau ada yang bikin kegiatan mengganggu Kamtibmas,  apalagi dimasa pandmei yang berkepanjangan.

Lanjut Dasanat, pada pelaksanaan vaksin jika ada yang menimbulkan ketakutan, kekuatiran akan ditindak tegas, seperti yang dikatakan Kapolda, upaya penegakan hukum dilakukan, sementara saat ini dilakukan upaya persuasif menjaga Kamtibmas tetap kondusif.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *