Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos, MAP. FOTO : RICO LET’s./papuadalamberita.com. PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Pasar Thumburuny Fakfak Papua Barat yang dibakar saat... Kadis. PUPR Fakfak : 2020 Pasar Thumburuny Dibangun Baru

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos, MAP. FOTO : RICO LET’s./papuadalamberita.com.

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Pasar Thumburuny Fakfak Papua Barat yang dibakar saat rusuh 21 Agustus 2018, kini tidak dapat untuk digunakan, bangunan tua pusat perekonomian di Fakfak kini bagaikan rumah hantu di malam hari.

Dengan kondisi bangunan pasar Thumburuny yang menyedihkan itu, Pemerintah telah sepakat akan dibangun pasar yang baru pengganti bangunan pasar yang dibakar pada rusuh 21 Agustus lalu.

Terkait dengan penanganan pasar Thumburuny itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos, MAP, kepada para pekerja media, usai memimpin upacara Hari Bhakti PU Ke – 74 di ruang kerjanya, mengatakan, dalam pembahasan bersama Pemerintah Pusat di Padang Sumatera Barat beberapa waktu lalu, sudah ditetapkan pasar tersebut akan dibangun baru.

“Sudah disepakati di Padang Sumatera Barat, 3 minggu lalu, pasar Thumburuny akan dibangun baru”, tandas Samaun Dahlan, kepada awak media di ruang kerjanya, Selasa (3/12).

Salah Satu Sisi Pasar Thumburuny Yang Dibakar Saat Rusuh 21 Agustus 2019. FOTO : RICO LET’s./papuadalamberita.com.

Menurut lelaki berdarah Tidore Maluku Utara, yang kini menjabat Kadis. PUPR Fakfak, bahwa atas hasil kesepakatan terhadap pembangunan pasar Thumburny yang baru maka Pemerintah Pusat pada tahun anggaran 2012 akan mengalokasikan dana sebesar Rp. 105 Miliar.

“Dananya sudah teralokasi sebesar Rp. 105 Miliar lewat APBN 2020 yang kemudiannya nanti proses pekerjaannya lewat Balai’, tutur Samaun Dahlan, yang kini masuk bursa bakal calon Bupati Fakfak di Pilkada 2020 mendatang.

Ditambahnya, walaupun pekerjaan pembangunan pasar Thumburuny yang baru ditangani Balai namun untuk perencanaannya ditangani Dinas PUPR Kabupaten Fakfak.

Pembangunan pasar Thumburuny yang baru dengan alokasi dana miliaran rupaih itu merupakan prioritas karena dengan kondisi bangunan yang sudah tak layak digunakan lagi sehingga pedagang pasar Thumburuny kini tidak dapat memanfaatkan bangunan yang kini hanya tinggal kenanganan bagi masyarakat Fakfak.

Lanjut Samaun, panggilan akrabnya, proses pekerjaan bangunan pasar Thumburuny yang baru akan dilaksanakan pada bulan February 2020 mendatang,”pekerjaan fisiknya akan dilaksanakan pada bulan Februari 2020 mendatang,”.  tutur orang nomor satu di Dinas PUPR Fakfak.

Dengan adanya kepastian tentang pembangunan pasar Thumburuny yang baru dengan alokasi dana APBN 2020 yang mencapai angkar 105 Miliar rupiah itu, maka masyarakat Fakfak tidak perlu kuatir lagi dengan rencana Pemerintah untuk membangun pasar yang baru di lokasi yang sama.(RL 07)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *