Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan pada acara pisah  sambut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Kamis (7/1/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM... Kakanwil Kemenkumham Papua Barat yang Baru Akan Lanjutkan Program Pejabat Lama

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan pada acara pisah  sambut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Kamis (7/1/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kepala Kantor Wilayah Kementerian  Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat yang baru dijabat Slamet Prihantara, Bc.IP. SH., M.Si, pejabat lama Antonius M Ayorbaba, SH., M.Si dipromosikan menjabat Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Papua.

Sumpah janji pejabat lama dan baru telah dilakukan di Kementerian Hukum dan HAM Jakarta pada Desember 2020 lalu, kini dilakukan acara pisah sambut kedua pejabat yang dihadiri, Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, Pangdam XVIII/Kasuari, Wakapolda Papua Barat,  Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Kabinda Papua Barat, serta satuan kerja di lingkungan Kemenkuham Papua Barat, Kamis (7/1/2020) di Kantor Kementerian Humham Papua Barat.

DARI KANAN: Wakapolda Papua Barat, Kajati Papua Barat, Kakanwil Kemnkumham Papua, Gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII/Kasuari dan Kakanwil Kemenkumham Papua Barat, Kamis (7/1/2021) PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’Pisah sambut yang dilaksanakan ini sebagai tindak lanjut mutasi pejabat eselon 2 atau pimpinan tinggi pratama jajaran Kementrian Hukum dan HAM, yang pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan telah dilaksanakan di penghujung tahun 2020 oleh Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta,’’ ujar Gubernur Papua Barat Drs Domunggus Mandacan dalam sambutannya.

Gubernur mengatakan, untuk itu Ia atas nama gubernur dan pemerintah Provinsi Papua Barat menyampaikan selamat atas amanat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada Antonnius M Ayorbaba sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua.

‘’Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak Antonius M Ayorbaba yang kurang lebih dua tahun bertugas di Papua Barat mampu menunjukkan kinerja yang sangat luar biasa di wilayah Papua Barat,’’ sebut gubernur.

Dominggus Mandacan sebut, selama bertugas di Papua Barat, pejabat lama Antonius Ayorbaba telah menunjukan kontribusi di lingkungan Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat.

‘’Seperti meberikan pelatihan hukum kepada para pendeta, pembentukan pos pengaduan HAM di 50 dedominasi gereja di Manokwari,  inovasi ini merupakan upaya memberikan pelayanan komunikasi kepada masyarakat dan ormas, mendorong dua  UPT keimigrasian,  kantor Keimigrasian Manokwari dan kantor Keimigrasian Sorong untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi di tahun  2020, memfasilitasi penyelesaian masalah hak cipta logo Provinsi Papua Barat, serta pelatihan kepada warga binaan Lapas Manokwari,’’ tambah gubernur.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Papua Barat yang baru Slamet Prihantara, Bc.IP. SH., M.Si mengatan ada dua hal yang perlu Ia kerjakan,  adalah hal yang sudah dirintis dan dikerjakan Antonius M Ayorbaba.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat yang baru, Slamet Prihantara pada pisah sambut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Kamis (7/1/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’Beliau ini secara umur  junior,  tetapi secara kemampuan,  beliau ini di atas rata-rata. Yang jelas sudah memberikan kontribusi yang luar biasa,  ini yang harus dipertahankan oleh kita, karena kalau hanya saya saya tidak bisa berbuat apa-apa.  Saya punya rekan-rekan kepala devisi yang tentunya nanti akan meneruskan perjuangan dibantu oleh seluruh keluarga besar pengayoman Papua Barat, Jadi apa yang sudah di laksanakan Pak Ayorbaba kita akan lanjutkan,’’ ujar pejabat baru.

Menurutnya, apa yang sudah dilaksanakan pejabat lama akan dilanjutkan , sekarang bagaimana yang harus dicapai baik secara target organisasi,  bukan saja target organisasi tapi target bagaimana Papua Barat juga lebih maju.

‘’Ketika kita berada disini jangan menjadi benalu apalagi merusak, walaupun kecil berikan yang terbaik untuk Papua Barat, sebut Ia.

Yang kedua lanjut pejabat baru, tentunya kearifan lokal dan muatan lokal itu tidak boleh ditinggal, itu menjadi warisan, harus dipertahankan dan harus ditingkatkan .

‘’Ini adalah kerja kita bersama,  sinergitas harus kita bangun, kita galang dalam kehidupan sehari-hari itu yang harus kita laksanakan baik kepada aparat penegak hukum pemerintah daerah,  masyarakat,  tokoh adat, tokoh budaya, tokoh agama karena itu adalah kekuatan kita bersama,’’ ujarnya.

Pajabat lama, Antonius M Ayorbaba, SH., M.Si kini menjabat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Sedangkan pejabat lama, Antonius Ayorbaba dalam lepas sambut mohon pamit kepada pemerintah daerah Provinsi Papua Barat, jajaran Kanwil Kemenkumham Papua Barat serta masyarakat Papua barat.

‘’Untuk itu saya mohon dukungan dan doa dari Bapak Gubernur dan semua jajaran untuk mengikhlaskan kepergian saya bertugas di tempat yang baru,’’ ujarnya.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *