Irjen Po DR Torangogo Sihombing, SIK, MSI dan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa SE, MTR (Han) menjadi Irup bersama saat pembukaan apel gelar pasukan... Kapolda Papua Barat Sampaikan 7 Arahan Kapolri, Lakukan Diteksi Dini dan Waspada

Irjen Po DR Torangogo Sihombing, SIK, MSI dan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa SE, MTR (Han) menjadi Irup bersama saat pembukaan apel gelar pasukan Operasi Lilin Mansinam 2020, Senin (21/12/2020) di Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI –  Apel gelar pasukan operasi lilin 2020 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri mulai dari tingkat Mabes Polri hingga ke kesatuan wilayah sudah digelar, Senin 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 nanti.

Baca juga: Operasi Lilin Mansinam Mulai 21 Desember, Kapolda Papua Barat Ingatkan Soal COVID-19 dan Bahaya Miras

Baca juga: Resmikan Gedung SPN Papua Barat, Kapolda Harap Dapat Wujudkan Anggota Polri Berkualitas

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol DR Tornagogo Sihombing, SIK, MSI serta Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, SE, MTR (HAN) bertindak selaku inspektur upcara bersama di Polda Papua Barat, Senin (21/12/2020). Jenderal bintang dua di Polda Papua Barat membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis.

‘’Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa Pendem covid-19 saat ini kita harus lebih peduli.Jjangan sampai kegiatan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan Cluster baru penyebaran covid-19,’’ ujar Irjen Tornagogo Sihombing.

Dua perwira tinggi satu angkatan milik Papua Barat saat ini, Irjen Po DR Torangogo Sihombing, SIK, MSI dan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa SE, MTR (Han) saat pembukaan apel gelar pasukan Operasi Lilin Mansinam 2020, Senin (21/12/2020) di Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Perwira Tinggi lulusan Akpol 1990 ini mengatakan, berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus diantisipasi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta minuman keras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian kendaraan bermotor curas curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

‘’Untuk itu saya harapkan seluruh kepala satuan wilayah (Kastwil) mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah,’’ sebut Kapolda keenam Polda Papua Barat ini.

Pada pembukaan apel gelar pasukan Operasi Lilin 2020 Kapolri memberikan penekanan untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, sebagai berikut:

  1. Jaga fisik serta jaga kesehatan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Mahakuasa.
  2. Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat
  3. Tingkatkan kepekaan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminal kriminal kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan tahun baru 2021.
  4. Melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis berikan pelayanan terbaik lengkapi Sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai serta lakukan penugasan anggota dengan body sistem.
  5. Lakasanakan penegakan hukum secara profesional namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.
  6. Menetapkan kerjasama sehingga sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.
  7. Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran COVID-19, yaitu mencuci tangan memakai masker menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih putih

Diakhir amanat Kapolda menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan dari Polri kepada seluruh personil dan pemangku kepentingan yang ikut dalam operasi lilin tahun 2020, semoga pengabdian tugas yang dilaksanakan dengan penuh keikhlasan ini menjadi amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidup yang suatu saat bisa ditorehkan dan ceritakan kepada anak cucu kelak.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *