fbpx
PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kementerian Perdagangan menggelar inspeksi mendadak bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Manokwari, Papua Barat jelang Ramadhan dan Idul Fitri. Staf Ahli Bidang... Kemendag Gelar Inspeksi Bahan Pokok di Manokwari
TIM dari Kemendag bersama Pemprov Papua Barat dan Bulog saat menggelar Inspeksi mendadak di pasar Wosi, Manokwari.  FOTO:  ANTARANEWS/TOYIB

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kementerian Perdagangan menggelar inspeksi mendadak bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Manokwari, Papua Barat jelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Staf Ahli Bidang Pengamanan Pasar Kementerian Perdagangan Sutriono Edi di sela kegiatan tersebut, Jumat, mengutarakan, inspeksi ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan pasokan seluruh bahan pokok di seluruh daerah.

“Kalau stok stabil mudah-mudahan harganya juga stabil sehingga masyarakat tidak terbebani dengan harga bahan pokok,” kata dia.

Sidak yang dilaksanakan bersama pemerintah daerah dan Bulog ini dilakukan di pasar tradisional, gudang Bulog serta distributor barang.

Pada operasi ini diketahui harga sejumlah komoditas sudah mulai merangkak naik, diantaranya telur dan ayam potong dengan kenaikan cukup signifikan terjadi pada bawang merah dan bawang putih.

Bawang merah yang semula berada pada kisaran harga Rp30.000-35.000 per kilogram naik menjadi Rp60.000- Rp65.000 per kilogram.

Begitu pula bawang putih, yang semula dijual dengan harga Rp35.000-Rp40.000 per kilogram naik pada kisaran Rp65.000-Rp70.000 per kilogram.

Cabai rawit yang pernah mengalami kenaikan cukup signifikan yakni Rp120.000 per kilogram sudah kembali turun pada harga Rp35.000 per kilogram.

“Cabai naik pas pemilu tidak ada pasokan dari petani harganya langsung naik saat itu,” kata Wanini salah satu pedagang di Pasar Wosi.(antara/pdb)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!