Kementerian Pertahanan RI memberikan sosialisasi UU 23 Tahun 2019 dalam rangka pembentukan Komponen Cadangan di Aula Makodim 1801/Manokwari, Provinsi Papua Barat, Kamis (01/04/2021). PAPUADALAMBERITA.... Kementerian Pertahanan RI Sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan di Kodim Manokwari

Kementerian Pertahanan RI memberikan sosialisasi UU 23 Tahun 2019 dalam rangka pembentukan Komponen Cadangan di Aula Makodim 1801/Manokwari, Provinsi Papua Barat, Kamis (01/04/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: ISTIMEWA

PAPUADALAMBERITA.MANOKWARI – Guna memperkuat TNI dalam menjaga pertahanan negara,  pemerintah melalui Kementerian Pertahanan RI memberikan sosialisasi UU 23 Tahun 2019 dalam rangka pembentukan Komponen Cadangan di Aula Makodim 1801/Manokwari, kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Kamis (01/04/2021)

Sosialisasi Komponen Cadangan tersebut dibuka Dirtekinhan Dirjen Pothan Kemhan Laksmana Pertama TNI Sri Yanto yang didampingi Irdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Steverly Christmas Parengkuan, Dandim 1801/Manokwari Kolonel Arm Airlangga, Kapolres Manokwari AKBP Dadang Kurniawan dan Kepala kesbangpol Manokwari Jaka Mulyanta. Peserta yang mengikuti acara tersebut diantaranya Prajurit Kodim 1801/Manokwari, Kepala Distrik Tanah Rubuh, FKPPI, Mahasiswa, Bank BRI, Pertamina dan masyarakat.

Dalam sambutan Pangdam XVIII/Kasuari melalui Brigjen TNI Steverly Christmas Parengkuan menyampaikan bahwa Kodam XVIII/Kasuari sebagai bagian dari TNI AD terlibat langsung dalam penyelenggaraan komponen cadangan tersebut. Penyelenggara penyiapan komponen cadangan pada matra darat dilakukan dengan penempatan satuan dari Tingkat Kodam hingga tingkat peleton. Harapannya kualifikasi lulusannya memiliki keterampilan dasar militer.

Di sela-sela pelaksanaannya, Laksmana Pertama TNI Sri Yanto juga menyampaikan UU No. 23 TA. 2019 dijelaskan bahwa Komponen Cadangan adalah Sumber Daya Nasional yang telah disiapkan  program Komponen Cadangan merupakan upaya dalam memperkuat kekuatan TNI dalam menjaga pertahanan NKRI.

“Komponen Cadangan bukan wajib militer tapi bersifat sukarela untuk memperkuat TNI dan Polri dalam mempertahankan Negara. Dengan adanya pembentukan Komponen Cadangan, bisa menjaga NKRI yang besar, sehingga tidak diobok-obok oleh negara lain,” ungkapnya

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut meliputi Sambutan,  Penyerahan Cenderamata oleh Dirtekinhan Dirjen Pothan kepada Irdam XVIII/Kasuari, Kapolres Manokwari dan Kepala Kesbangpol Manokwari serta pemberian materi sosialisasi UU No 23 Tahun 2019 Dan Diskusi.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *