Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Rut W Eka Trisilowati yang ditemui wartawan, Rabu (3/3/2021) di Arfak Confention Hall Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN... Kepala Perwakilan BI Papua Barat: Ini Tujuan Bank Indonesia Selenggarakan Karya Kreatif Indonesia

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Rut W Eka Trisilowati yang ditemui wartawan, Rabu (3/3/2021) di Arfak Confention Hall Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Bank Indonesia menyelenggarakan Karya kreatif Indonesia (KIK) sejak 2020 sampai tahun 2021 di era pandemic dilakukan secara online daring di tahun 2021 dilakukan tiga kali.

‘’Seri pertama dilakukan di Nusa Tenggara Barat,  seri kedua Juni seri ke-3 akan dilakukan di bulan Oktober, ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat, Rut W Eka Trisilowati kepada wartawan rabu (3/3/2021) di Arfak Convention Hall Polda Papua Barat saaseusai pencanangan Vaksinasi Tahap ke-dua.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat kenapa Bank Indonesia melakukan karya kreatif Indonesia,  ini tageline nasional ini dari level institusi Bank Indonesia diangkat secara nasional dikarenakan karena Bank Indonesia punya banyak UMKM binaan Bank Indonesia juga bekerja dengan institusi lain yang memiliki UMKM, yang sama visi,  yaitu UMKM yang berkelanjutan.

‘’KIK sebagai kesempatan untuk UMKM berbenah diri melihat pesaing kompetitornya sejauh mana mereka sudah melangkah,’’ sebut Rut W Eka Trisilowati.

Sehingga kuliner UMK harus memiliki sertifikasi halal, UMKM juga harus memiliki izin dari BPOM atau yang menyatakan,  bahwa kandungan isinya itu sehat.

‘’Kemudian, bagi UMKM yang bukan dari divisi kuliner, akan melihat kompetitornya sudah masuk market place,  misalnya market place nasional Tokopedia shopee dan lain-lain,’’ terang Rut.

‘’Nah buat teman-teman UMKM,  ini (KIK, red) sebagai ajang mengoreksi diri dan mengembangkan diri, di Papua Barat kita juga diizinkan melakukan secara fisik,  ini sebagai ajang bertemunya investor dengan UMKM,  dari situ mereka bisa mengembangkan nolis mereka,  Oh ternyata customer butuh seperti ini lho,  kalau kita menyiapkan batik makan oh ternyata customer lebih senang rasanya ini lho, ‘’ tegasnya.

Lanjut Rut, jadi itu salah satu tujuan Bank Indonesia mempertemukan untuk bisnis mecing yang pertama,  yang kedua untuk meningkatkan kapasitas dari UMKM, dan bisa naik kelas dari dari UMKM yang sifatnya berpotensi,  kemudian bisa masuk ke UMKM ketahanan pangan keluarga dan komunitas meningkat sampai UMKM membantu ekspor secara nasional.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *