Kantor Perwakilan Bank Indonesia menghadirkan Government Relationship Blibli.com tatap muka bersama 30 pelaku UMKM Manokwari di Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI –... Ketika Bank Indonesia Gandeng Blibli.com, Saatnya UMKM Manokwari Go To Online

Kantor Perwakilan Bank Indonesia menghadirkan Government Relationship Blibli.com tatap muka bersama 30 pelaku UMKM Manokwari di Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat memberi solusi cerdas agar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) Papua Barat meraih sukses ketika berjualan  daring atau online.

Baca juga: Dengan Onboarding UMKM, Bank Indonesia Terus Dorong Kemajuan Ekonomi Papua Barat

Baca juga: Blibli: Selama Pandemi  Kebutuhan Meningkat,  UMKM Bangkit Selamatkan Ekonomi Indonesia 

Tidak tangung-tanggung Bank Indonesia pun menghadirkan Government Relationship Blibli.com Bramantya Eka ke Manokwari dalam acara Onboarding UMKM Papua Barat 2021, di SwissBel Hotel Manokwari Papua Barat.

Government Relationship Blibli.com Bramantya Eka mengatakan, jika jaman dulu berdagang harus mencari tempat dan lokasi yang ramai, kini jamannya telah berubah, cukup dari rumah atau apartemen sudah bisa berjualan.

‘’Kalau jaman dulu,  kita mau berdagang harus pikir tempat.  Kita mau berdagang harus sewa rumah sekarang orang bisa berjualan dari rumah, apartemen semua bias. Bapak Ibu punya modal berjualan jual cukup dari rumah,  ongkos kirim ditanggung costumer,  kami (blibli.com, red) ada subsidi, ’’ jelas Government Relationship Blibli.com kepada 30 pelaku UMKM Manokwari.

Bramantya Eka menjelaskan, kini zamannya lebih muda,  zaman dulu harus sewa tempat,  tempatnya di mana? Kalau tempat yang tidak rame tidak laku.

‘’Kita punya menset masalah tempat,  kalau tempatnya tidak ramai tidak laku, itu sudah tidak berlaku. Yang penting ratingnya bagus,  rekor pesanannya cepat tingkat kepercayaan konsumennya akan naik,’’ jelas Eka.

Kea menjelaskan, setelah berjualan secara online, harus terus-menerus monitor produk jualannya.

‘’Misalkan, punya lima produk,  kira-kira mana yang laku (terjual, red)  itu yang harus disikapi, atau  Oh ternyata produk saya sudah tidak sesuai dengan zamannya,  warna kemasannya,  desainnya,  jadi kita harus kreatif cepat, inisiatif, inovatif  supaya terus dapat bertahan di dunia online, karena dunia online itu semuanya anak-anak muda mereka kreatif,’’ ujar Eka.

Bramantya Eka mengatakan, diprediksi Indonesia akan menjadi di negara yang salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat besar,  cepat,  karena punya banyak rakyat yang umurnya itu masih umur produktif,  umur konsumtif,  makanya Indonesia sangat seksi didekati brand – brand luar.

‘’Karena kita punya begitu banyak orang dengan jumlah usia produktif. Banyak sekali brand luar yang baru cari pasar di Indonesia,’’ terang Eka.

Eka mengajakn pelaku UMK Manokwari untuk melihat apa yang sementara dialami Indonesia di tahun 2020, kemudian apa yang harus dilakukan.

‘’Sekarang kita lihat tentang apa yang terjadi di Indonesia tahun 2020,  kemudian apa yang harus kita jual,’’ pesan “bos” blibli.com yang kini meliki 26 juta pelanggan rutin yang selalu mengunjungi blibli.com.

Lanjut Dia, bahwa Blibli.com adalah E-commerce (penualan dengan sistem elektronik, red) yang mengusung konsep mall jadi dalamnya rapi. Tampilannya putih jadi jika masuk ke blili.com tidak sulit cari produk, semua pilihan sudah diatur.

Pelaku UMKM pada acara Onboarding UMKM Papua Barat 2021, di SwissBel Hotel Manokwari Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’Kami punya 26 juta pelanggan rutin yang selalu mengunjungi blibli.com juga punya 160 traffic orang yang cari-cari barang ada 20 gudang di seluruh Indonesia. Kalau terdekat dari Papua ada di Makassar,’’ tambah Eka yang mengatakan blibli.com punya solusi yaitu omnichannel (saat pelanggan bisa menggunakan lebih dari satu channel penjualan, red).

Omnichannel  ini selain jualan online,  blibli.com juga ada bisnis yang lain,  bisnis dengan pemerintah bisnis dengan brand-brand besar.

‘’Ini yang saya bilang kami (blibli.com, red) sejak tahun 2014 sudah mendukung perkembangan dari UMKM. kami online blibli.com punya kategori khusus untuk UMKM,  namanya galeri UMKM Indonesia jadi semuanya produk dari Indonesia dan semuanya adalah produsen, kami utamakan teman-teman produsen untuk bisa Ada di galeri Indonesia blibli.com.’’ sebut Bramanthya Eka.

Kepada UMKM Manokwari Eka mengatakan tidak perlu kuatir ketika sudah masuk di blibli.com , harus berbuat apa? Semuanya ada di tempat blibli.com sehingga UMKM yang bergabung tidak sulit memasarkan produknya.

‘’Caranya upload produk semuanya ada di blibli university. Di offline-nya mungkin Bapak Ibu pernah dengar yang namanya the big star? Tthe big star itu adalah kami buat event seperti Indonesian Idol, kami kumpulkan semua produk di seluruh Indonesia,  kami seleksi mana yang layak bisa kita jual online,’’ ucap Eka.

‘’Kami utamakan produk original. Sehingga yang beli di di blibli.com itu pruduksi orginal,  ketika ada produk yang tidak original bisa kembalikan,’’ sambungnya.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *