fbpx
PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak, M.Si menjadi inspektur upacara peringatan HUT Ke-73 Bhayangkara Polri di Lapangan Borasi... Kinerja Polri yang Positif Karena Kerja Keras Anggota Polri dan Dukungan Masyarakat
Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak, M.Si pada peringatan HUT Bhayangkara ke-73 di Lapangan Borasi Manokwari, Papua Barat, Rabu (10/7/2019). FOTO: RUSTAM MADUBUN/papuadalamberita.com

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak, M.Si menjadi inspektur upacara peringatan HUT Ke-73 Bhayangkara Polri di Lapangan Borasi Manokwari Papua Barat, Rabu (10/7/2019)  pagi.

Sambutan Presiden RI Ir Joko Widodo yang di bacakan Kapolda Papua Barat, Presiden menginstruksikan Polri dan TNI untuk tetap siaga terhadap ancaman.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan memberikan pengharagaan atas kerja keras pengabdian, pengorbanan dan perjuangan tanppa pernah mengenal lelah yang ditunjukan personil Polri dalam pengamalan keamanan, ketertiban masyarakat, penegakan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,’’  ujar Kapolda Papua Barat mengawali amanat Presiden RI Joko Widodo.

Dalam momentum Ulantahun Presiden juga mendoakan personil Polri yang gugur dalam tugas dalam memilihara keamanan Negara kita. Semoga Tuhan memberikan balasan atas seluruh pengorbanan, perjuangan dan pengabdian serta memberikan kesabaran dan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasilnya masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 berjalan baik. Polri dan TNI telah  mengaman kanseluruh perhelatan Internasional yang diselenggarakan di Indonesia, Asian Games, Asian Para Games, dan IMF 2018-2019.

Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 dan Pemilu tahun 2019. Sehingga terselenggara dengan aman,  damai dan  demokratis.

Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman mulai dari perayaan natal tahun 2018, tahun baru 2019 sampai dengan ramadhan dan idul fitri tahun 2019.

‘’Kita juga merasakan situasi Kamtibmas yang kondusif, arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar, lalulintas harga dan ketersediaan pangan terjamin di seluruh wilayah Indonesia,’’ ujar Kapolda dalam amanatnya.

Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kemudian kejahatan lalulintas antar negara seperti terorisme perdagangan narkotika, perdagangan orang.

Termasuk dalam penaganan tindak pidana korupsi (Tipikor) sepanjang tahun 2018 Polri  telah berhasil mengungkap kerugian Negara senilai Rp2.9 Triliun dan menyelamatkan keuangan Negara sebesar Rp2.3 triliun.

Selanjutnya adalah pengelolaan organisasi Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan Polri meraih WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan selama enam tahun berturut-turut.

Laporan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara menunjukan nilai akuntabilitas kinerja dan indeks reformasih birokrasi Polri mengalami peningkatan, disertai dengan keberhasilan menunjukan 69 aktifitas yang terdiri dari  64 Satker dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dengan lima Satker dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kapolda Papua Barat (tegah), Wakapolda (kiri), Irwasda (kanan) serta pejabat utama Polda Papua Barat seusai peringatan HUT Bhayangkara Ke-73 di Lapangan Borasi, Manokwari Papua Barat, Rabu (10/7/2019). FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com

‘’Hal ini menempatkan Polri pada urutan ke dua kementrian lembaga dengan zona integritas terbanyak setelah kementrian keuangan,’’ ungkapnya.

Dengan berbagai capaiaan tersebut kinerja Polri dalam memiliharan keamanan dalam negeri  terus mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat.

Hal ini ditunjukan oleh berbagai survei yang diselenggarakan lembaga survei yang kredibel Polri menjadi salah satu lembaga yang dipercaya publik setelah Komisi Penanggulan Korupsi (KPK) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

‘’Capaiaan tersebut merupaka hasil kerja keras seluruh personil Polri  dengan dukungan mitra kerja dan masyarakat,’’ tegasnya.

Pada kesempatan itu Presiden memberikan apresiasi kepada seluruh personil Polri dimana pun mengabdi, kepada mitra kerja Polri serta masyarakat yang telah mendukung terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri yang kondusif.

‘’Berbagai capaiaan tersebut saya harap tidak membuat institusi Polri  cepat berpuas diri, namun sebaliknya menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,’’ tandas kapolda dalam amanat Presiden.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!