Kodam XIII/Trikora saat memperingati Isra’ Mi’raj Rsulullah Muhammad SAW 1422 Hijriah Tahun 2021 Masehi di Kodam XVIII/Kasuari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: PENERANGAN KODAM XVIII/Kasuari PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI... Kodam Kasuari Peringati Isra Mi’raj Rasullah Muhammad SAW 1442 Hijriyah

Kodam XIII/Trikora saat memperingati Isra’ Mi’raj Rsulullah Muhammad SAW 1422 Hijriah Tahun 2021 Masehi di Kodam XVIII/Kasuari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: PENERANGAN KODAM XVIII/Kasuari

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI –  Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembinaan mental (bintal) bagi Prajurit dan PNS, Kodam XVIII/Kasuari menggelar peringatan Isra’ Mi’raj Rasulullah Muhammad SAW 1442 Hijriyah Tahun 2021 Masehi, di Masjid Istiqlal Kodam XVIII/Kasuari, Trikora Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Rabu (17/3/2021).

Acara yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut mengusung tema “Memaknai Isra’  Mi’raj Rasulullah Muhammad SAW 1442 H/2021 M sebagai landasan moral prajurit dan PNS di satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari bermental tangguh”. Dengan menghadirkan penceramah Ustazd Agus Siwanto SPDI yang mengangkat tentang hakikat Isra’ Mi’raj.

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, SE, MTr (Han) dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Pembinaan Mental Kodam (Kabintaldam) XVIII/Kasuari, Kolonel Czi Didik Marhedi mengatakan bahwa peristiwa Isra’ Mi’raj adalah perjalanan spiritual Rasulullah SAW dari Masjidil Harom Mekkatul Mukarromah menuju ke Masjidil Aqsho di Palestina.

“Dalam perjalanan Isra Mi’raj Rasullah Muhammad SAW diperlihatkan beberapa tanda-tanda kekuasaan Allah yang banyak hikmahnya, kemudian Rasulullah SAW mendapat perintah sholat lima waktu. Sholat merupakan barometer dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari umat Islam, sehingga apapun pekerjaan dan perbuatan yang dilakukan hendaknya mengambil contoh filosofis dari ibadah sholat yang dikerjakan,” ujarnya.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, pelaksanaan sholat lima waktu merupakan bukti akan keimanan, ketaqwaan, serta pengabdian prajurit terhadap Allah SWT, seperti dalam surat Al-fatihah ayat 4 yang berbunyi “Hanya kepada-Mu Allah kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan”. Hal tersebut akan melatih prajurit untuk disiplin dan berakhlak mulia serta menjiwai nilai-nilai kesetiaan dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Saya mengharapkan kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari agar peringatan Isra’ Mi’raj ini jangan dijadikan sebagai seremonial belaka, namun hendaknya dimaknai sebagai upaya luhur untuk semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Illahi Rabbi, Allah SWT,” ungkapnya.

Pangdam juga berharap peringatan Isra’ Mi’raj dapat memetik hikmah maupun menarik pelajaran penting dari peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW, sehingga dapat dijadikan bekal dalam kehidupan Prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari sehari-hari, baik di satuan maupun di lingkungan masing-masing.

Acara digelar secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Hadir dalam kegiatan tersebut, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari serta segenap Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS umat muslim Kodam XVIII/Kasuari.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *