Papua Barat

Kunjungi Korban Kecelakaan Maut di RS AL, Kapolda: Kita Tunggu Hasil TAA

112
×

Kunjungi Korban Kecelakaan Maut di RS AL, Kapolda: Kita Tunggu Hasil TAA

Sebarkan artikel ini

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing, SIK, MSI, Dirlantas Polda Papua Barat, Kabid Dokes, Kabid Humas, Kapolres Manokwari melihat pasien korban kecelakaan maut di RS AL Manokwari, Kamis (14/4/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kapolda Papua Barat Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing SIK, MSI didamping pejabat utama, Dirlantas, Kabid Humas, Kapolres Manokwari menjenguk korban luka berat dan ringan insideng truk ‘’horor’’ yang menewaskan 18 orang, Rabu (13/4/2022).

Baca juga: Berulang-ulang Satlantas Manokwari Sudah Ingatkan Sopir Truk Jangan ODOL

Korban yang dikunjunggi rawat inap , ada yang masih dibantu oxigen karena luka serius di wajah, perut dada dan kaki.

Dalam kunjungannya Kapolda memberikan dukungan moril meminta keluarga yang menjaga para korban untuk bersabar menghadapi cobaan, dan semoga cepat diberikan kesembuhan.

‘’Semoga cepat sembuh yah,’’ ujar Kapolda kepada keluarga korban.

‘’Ia, pak terima kasih, ‘’ balas keluarga korban.

Kapolda mengunjunggi empat korban kecelakaan lalu lintas untu melihat langsung para korban, dan menguatkan keluarga korban selalu sabar menghadapi ujian, yangmemang sangat berat.

‘’Ke rumah sakit angkatan laut melihat yang dirawat, masih 11 orang dirawat, di rumah sakit angkatan laut empat orang, di RSUD provinsi lima (5) orang, dan di rumah sakit Pratama Warmare dua (2) orang,’’ ujar Kapolda yang ditemui wartawan di Rumah Sakit  Angkatan Laut dr Azhar Zahir Manokwari, Kamis (14/4/2022).

‘’Kita harapkan mereka berangsur-angsur sembuh, dan ada yang masih harusdi berikan tindakan oleh dokter, lainnya sudah kembali ke rumah, yang meninggal dunia 18 orang, 13 di tempat kejadian lima di rumah sakit,’’ sambung Tornagogo.

Irjen Pol Tornagogo Sihombing cukup menyesali musibah yang menimpa korban dalam jumlah banyak, untuk itu Kapolda berjanji akan mengevaluasi permasalahan lalu lintas di Papua Barat.

‘’Ini yang perlu dievaluasi masalah kecelakaan tunggal seperti ini,  kapasitas truk itu hanya untuk barang, bukan untuk manusia,  ini perlu di evaluasi, kami kemarin (Rabu, red) olah tempat kejadian, kami akan memastikan kembali untuk merekonstruksi tentang kecelakaan tunggal melalui  tim Traffic Accident Analysis (TAA),’’ kata Kapolda.

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing, SIK, MSI yang ditemui wartawan di RS AL Manokwari seusai mengunjungi pasien korban kecelakaan maut, Kamis (14/4/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Lanjutnya, dengan rekonstruksi ulang, itu dapat memantau tentang situasi kondisi sopir, bisa analisis lingkungan dan kondisi kapasitas kendaraan, akan terekam di situ untuk itu hasil itu yang ditunggu.

‘’Ini perlu dikembangkan memberikan kesempatan pada kami untuk menyisir persoalan-persoalan, atau dampak dari kejadian itu, ataupun latar belakang kejadian, itu akan kita ungkap semuanya,’’ sebut Kapolda.

Kapolda mengatakan, hasil analisis TAA akan memberikan gambaran rekonstruksi persoalan sebelum dan setelah kejadian, hasil kejadian terekam, dan kita akan evaluasi, bukan hanya driver yang sudah meninggal.

‘’Kita akan melihat kapasitas kendaraan,  temuan kami kemarin ada beberapa hal yang harus dikoreksi, kendaraan seperti itu kemudian dimuati orang,  kemudian saya melihat laporan anggota yang olah tempat kejadian ban kiri belakang gundul, tidak punya izin mengemudi, itu akan menjadi catatan,  kita akan tanyakan juga kepada pemilik kendaraan.

Ikut dalam kunjungan Dirlantas Kombes Pol Raidyan Korosono SIK, MSI, Kabid Humas Kombes Pol Adam Erwindi, SIK, MH, Kabid Dokes Kombes Pol Pitoyo, Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultum SIK MSI.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!