PAPUADALAMBERITA.COM, MANOKWARI – Panglima Daerah Militer XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau mengingatkan seluruh personil TNI di wilayah Papua Barat tidak berpolitik pada Pemilihan... Pangdam VIII/Kasuari Ingatkan TNI Tidak Berpolitik
PARA KABALAK, Dansat dan unsur pimpinan lain di Jajaran Kodam XVIII/Kasuari pada Rapim Kodam XVIII/Kasuari di Manokwari, Selasa (26/2/2019). FOTO: antaranews papua barat/toyiban/papuadalamberita.com

PAPUADALAMBERITA.COM, MANOKWARI – Panglima Daerah Militer XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau mengingatkan seluruh personil TNI di wilayah Papua Barat tidak berpolitik pada Pemilihan Umum (Pemilu).
“Sudah jelas bahwa TNI dan Polri itu netral dalam Pemilu. Jadi jangan sampai ada yang coba-coba main politik,” kata Pangdam saat membuka Rapat Pimpinan Kodam XVIII/Kasuari di Manokwari, Selasa.
Pangdam menginstruksikan seluruh Kepala Badan Pelaksana (Kabalak) serta Komandan Satuan (Dansat) mengingatkan anggota personilnya masing-masing. Ia tak ingin, ada oknum anggota TNI di jajaran Kodam Kasuari menerima sanksi akibat keterlibatan mereka dalam memenangkan kandidat tersebut. 
“Meskipun keluarga sendiri kita tidak boleh terlibat untuk pemenanganya. Jauhi, kalau ada personil yang terlibat maka komandanya juga akan dapat sanksi,” katanya lagi.
Joppye menegaskan, yang harus dilakukan TNI adalah membantu penyelenggara agar warga memilih tidak Golput. TNI harus berpartisipasi dalam menyukseskan pesta demokasi ini.
Selain itu, kara dia, TNI juga bersama-sama Polri dalam menjaga keamanan selama Pemilu berlangsung.   Daerah ini harus aman dan menjadi contoh bagi daerah lain dalam pelaksanaan Pemilu ini.
Pada kesempatan wawancara setelah pembukan Rapim Kodam, Wayangkau menyebutkan, Kodam menyiagakan seluruh personil untuk membantu pengamanan. Prajurit yang berada di Makodam, Makorem, Makodim dan Koramil siap dikerahkan untuk membantu Polda Papua Barat.
“Menurut saya Papua Barat sangat aman, tidak seperti yang orang-orang bayangkan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kami optimistis Pemilu tahun ini akan berjalan lancar,” katanya.
Wayangkau menambahkan, Papua Barat memilik wilayah cukup luas dan terdapat beberapa daerah yang sulit dijangkau. Personil TNI disiagakan dan siap dikerahkan setiap saat jika dibutuhkan.(ant)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *