Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat melantik sejumlah periwira tinggi di jajaran Polri, tanpak Irjen Pol Paulus Waterpauw memberi hormat kepada Kapolri, Rabu (24/2/2021)... Paulus Waterpauw Orang Asli Papua Pertama dari Kepolisian yang Sandang Bintang Tiga

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat melantik sejumlah periwira tinggi di jajaran Polri, tanpak Irjen Pol Paulus Waterpauw memberi hormat kepada Kapolri, Rabu (24/2/2021) di Ruang Rupatama Mabes Polri. PAPUADALAMBERITA. DIVISI HUMAS POLRI

Sekilas tentang Irjen Pol Paulus Waterpauw. PAPUADALAMBERITA. SUMBER:  AAN NK

PAPUADALAMBERITA. JAKARTA— Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi melantik Irjen Paulus Waterpauw sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Dengan begitu, putra asal Papua ini resmi menyandang bintang tiga pangkat Komisaris Jenderal alias Komjen.

Dalam sejarah di tubuh Polri, Kapolda Papua Barat pertama ini merupakan Orang Asli Papua (OAP) pertama yang menyandang bintang tiga atau Komisari Jenderal (Komjen).

Sebelumnya, bertabur bintang dipundak anak-anak asli Papua, almarhum Brigjen Ayub Sawaki adalah orang asli Papua pertama yang menjabat Waka Polda Irian Jaya dengan pangkat Brigjen. Ada juga orang Paasli Papua pertama lulusan Akpol dengan predikita terbaik,  Adhi Makayasa adalah Kombes Jhonny Edison Isir, Isir  yang mantan Kapolres Manokwari itu juga merupakan anak asli Papua Pertama pertama dari kepolisian yang menjadi ajudan Presiden RI.

Paulus Waterpauw saat dilantik, Kapolri pun memimpin untuk mengucapkan janji dan sumpah ke Kabareskrim serta pejabat utama Mabes Polri lainnya dalam Upacara Sertijab ini.

“Bahwa saya, akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan,” kata Kapolri yang diikuti oleh seluruh pejabat utama Mabes Polri, Rabu (24/2/2021).

Kapolri Listyo juga menunjuk Irjen Pol Paulus Waterpauw sebagai Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri (Kabaintelkam) Polri, Paulus Watarpeauw sebelumnya menjabat Kapolda Papua.

Irjen Pol Paulus Waterpauw saat menjabat Kapolda Papua (pertama, red) mendapingi Kapolri pada peresmian Markas Polda Papua Barat pada Senin 29 Januari 2018 dan foto selfie bersama polisi cilik binaan Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN 

Irjen Paulus menggantikan Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Sementara, Irjen Rycko dimutasi sebagai Kalemdiklat Polri.

Sedangkan posisi Irjen Paulus Waterpauw digantikan mantan Wakapolda Papua Barat dan Wakapolda Papua, Brigjen Pol Mathius D Fakhiri. Sekarang, Mathius D Fakhiri yang alumni SMA Negeri 2 Jayapura ini resmi menjadi Kapolda Papua.

Upacara Sertijab ini sesuai dengan Surat Telegram Rahasi (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021 yang ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan tanggal 18 Februari 2021 atas nama Kapolri.

Selain Kabaintelkam, Kapolri juga melantik Kabaharkam dan Kalemdiklat. Sementara jabatan Kapolda dan Wakapolda nantinya dilaksanakan pada pekan depan.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *