Peserta pelatihan kewirusahaan. FOTO: LASARUS WAMBRAU/papuadalamberita.com PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kewirausahaan pemuda perlu dikembangkan untuk mendorong kemandirian pemuda dibidang ekonomi. Mengingat tingkat pengangguran di Papua... Pelatihan Kewirausahaan untuk Mendorong Kemandirian Ekonomi Pemuda Papua

Peserta pelatihan kewirusahaan. FOTO: LASARUS WAMBRAU/papuadalamberita.com

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kewirausahaan pemuda perlu dikembangkan untuk mendorong kemandirian pemuda dibidang ekonomi. Mengingat tingkat pengangguran di Papua Barat cukup tinggi.

Sesuai data BPS Papua Barat angkatan kerja pada tahun 2018 sebanyak 430.478 orang dan yang bekerja sebanyak 402.526 orang, sedangkan angka untuk tingkat pengangguran terbuka sebanyak 27.952  dan  sampai Agustus 2018 tingkat pengangguran terbuka Sebasar 1,54 persen meningkat dibandingkan dengan tingkat pengangguran terbuka pada bulan Februari 2018 sebesar 1,40%.

Demikin ditegaskan Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan dalam sambutannya yang di bacakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Barat Hans L Mandacan, S.IP, M.Si, saat membuka pelatihan dasar kewirausahaan bagi pemuda asli Papua Papua Barat (6/11) Manokwari.

Tegas gubernur Papua Barat kewirausahaan merupakan dimensi penting dalam membentuk jiwa pemuda Indonesia sebagaimana termuat dalam undang-undang no 40 tahun 2009.

Fenomena pengangguran dikalangan terdidik selain disebabkan oleh terbatasnya lapangan pekerjaan juga disebabkan tidak singkronya  kualifikasi lulusan dengan kebutuhan kebutuhan pasar kerja kata gubernur Papua Barat.

Untuk menjawab kebutuhan pasar kerja maka salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan kegiatan pengembangan kewirausahaan, kususnya di usia muda melalui kegiatan pelatihan terus digalakkan sebagai lokomotif penting dalam upaya mendorong terciptanya wirausaha muda yang tangguh dan mandiri

Pelatihan dasar kewirausahaan pemuda banyak dilaksanakan baik pemerintah maupun LSM namun masih belum memenuhi harapan untuk menciptakan wirausaha muda yang baru mandiri dan berdaya saing.

Dalam kondisi perekonomian yang semakin sulit saat ini kemampuan kewirausahaan sangat diperlukan tegas Gubernur Papua Barat.

Ketua panitia Mena N.D.Keymans .S.Sos mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan pengertian terhadap kewirausahaan serta mengembangkan minat dan motifasi pemuda asli Papua untuk terjun kedunia wirausahan.(kew)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *