Kepala Dinas PU Kabupaten Teluk Bintuni, Tomi Tulak. PAPUADALAMBERITA. FOTO: istimewa PAPUADALAMBERITA.COM. BINTUNI- Masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni, lebih khusus warga Distrik Babo dan Aroba... Pembangunan Ruas Jalan Yaru – Kasira Gunakan APBD Telbin

Kepala Dinas PU Kabupaten Teluk Bintuni, Tomi Tulak. PAPUADALAMBERITA. FOTO: istimewa

PAPUADALAMBERITA.COM. BINTUNI- Masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni, lebih khusus warga Distrik Babo dan Aroba diminta untuk jangan cepat percaya isu murahan yang disebarkan kelompok tak bertanggung jawab terkait sumber dana pembangunan ruas jalan yang menghubungkan kampung Yaru dengan Kasira lama.

Pasalnya, isu murahan yang diserbarkan oleh kelompok tak bertanggung jawab itu menyesatkan dan tak mendasar.

Masyarakat Teluk Bintuni harus tahu bahwa informasi tak menyesatkan itu disampaikan sumber yang benar dan punya kompeten sehingga dapat dipetanggung jawabkan kebenaran serta keakuratannya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Teluk Bintuni, Tomi Tulak saat dikonfirmasi media melalui telpon celulernya, Kamis (15/10/2020) menegaskan bahwa pembangunan ruas jalan yang menghubungkan Kampung Yaru, Distrik Aroba dengan Kasira lama, Babo sumber anggaran dari APBD Teluk Bintuni.

Dijelaskan Tulak, bahwa ruas jalan Yaru – Kasira lama dibangunan dalam tiga tahap semuanya bersumber dari APBD Teluk Bintuni tahun 2018, 2019 dan 2020.

“Perlu saya jelaskan bahwa pembangunan ruas jalan Yaru – Kasira lama semua sumber dananya berasal dari APBD Kabupaten Teluk Bintuni karena DAU, DAK dan DBH Migas sudah masuk di APBD Kabupaten sehingga bukan lagi APBN” jelas Tomi.

Lebih lanjut dijelaskan Tomi Tulak bahwa, dalam perencanaan dan pembangunan tahap pertama ruas jalan Yaru – Kasira lama menelan anggaran Rp 6 milyar yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) APBD Kabupaten Teluk Bintuni tahun anggaran 2018.

Kemudian pada tahun 2019 pemerintah daerah Kabupaten Teluk Bintuni dibawah kepemimpinan Petrus Kasihiw – Matret Kokop melalui OPD terkait menganggarkan lagi Rp 25 milyar untuk pembangunan tahap kedua.

“Anggaran tahap kedua ini ada dua sumber dana yaitu, DAK dengan DAU jadi DAK itu Rp 10 milyar dan DAU Rp 15 milyar, pengerjaan pun dimulai dari dua sisi, pekerjaan jalan dari Yaru ke Kasira lama bersumber dari DAK dan dari Kasira lama ke Yaru senilai Rp 15 milyar sumber dana DAU APBD Teluk Bintuni 2019” beber Kadin PU, Tomi Tulak.

Pada tahap ketiga, Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni masih menganggarkan anggaran Rp 10 milyar pada APBD induk tahun 2020 sumbernya dana alokasi umum (DAU) dan rencana APBD Perubahan 2020 juga dianggarkan Rp 10 milyar untuk mempercepat pembangunan ruas jalan Yaru – Kasira lama.(aba)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *