fbpx
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos, MAP (Kanan) Didampingi Kabid. Bina Marga, Yakobus Tandung, ST. M.Si, Tinjau Lokasi Pemetaan Lahan Terminal Bandara... Pemetaan Lahan Terminal Bandara Siboru Mulai Dikerjakan, Serap Dana APBD 2019 Senilai Rp. 48 M

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos, MAP (Kanan) Didampingi Kabid. Bina Marga, Yakobus Tandung, ST. M.Si, Tinjau Lokasi Pemetaan Lahan Terminal Bandara Jacob Patipi di Siboru

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Pemerintah Kabupaten Fakfak kini sedang mengenjot pembangunan bandara baru yang nantinya diberi nama Bandara Jacob Patipi yang berlokasi di Kampung Siboru Distrik Wartutin Kabupaten Fakfak Papua Barat.

Pembangunan Bandara baru di Fakfak Papua Barat, yang berlokasi di Siboru Distrik Wartutin, kini mulai dikerjakan dengan menggunakan alokasi dana APBD Kabupaten Fakfak tahun 2019 dengan alokasi dana sebesar Rp. 48 Miliart rupiah.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak Papua Barat. Samaun Dahlan, S.Sos, MAP, yang didampingi Kabid. Bina Marga, Yakobus Patandung, ST, M.Si, saat mengunjungi lokasi pembangunan Bandara Jacob Patipi, Rabu (20/11), kepada wartawan, mengatakan, saat ini pembangunan bandara sudah dilaksanakan dengan pekerjaan pemetaan lahan terminal Bandara.

Menurut Samaun, untuk mengenjot pembangunan bandara Siboru ditangani dengan strategi dua mata anggaran yaitu dana APBD Kabupaten Fakfak yang diperuntukan untuk membiayai pembangunan terminal penumpang, lahan parkir, pemadam kebakaran, rumah jaga dan ruang piket.

Sedangkan untuk pembangunan sisi udara atau landasan pacu (run way) menggunakan dana Multiyears Kementrian Perhubungan RI dengan total dana 70 Miliart. 

“Sesuai hasil kesepakatan Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak dengan Kementrian Perhubungan dibagi wilayah terkait dengan pelaksanaan kegiatan, dimana tanggung jawab Kabupaten Fakfak untuk pemetaan lahan terminal sedangkan untuk sisi udara ditangani Kementrian Perhubungan dengan menggunakan alokasi dana SBSN/Multiyears”, tutur lelaki berdarah Tidore kelahiran 1968.

Dan untuk tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Fakfak saat ini, telah dilaksanakan pemetaan lahan terminal penumpang yang menyerap dana 48 Miliart dari APBD 2019 Kabupaten Fakfak, dengan estimasi total dana sebesar 100 miliar lebih.

Samaun Dahlan, S.Sos, MAP di Lokasi Bandara Siboru Fakfak, Papua Barat,Rabu (20/11/2019). FOTO: RICO LETSOIN/papuadalamberita.com.

Ditambahkannya, untuk pembangunan sisi udara yang ditangani Kementrian Perhubungan RI dengan panjang run way 1.600 Meter dengan total dana 70 Miliar , kini masih dalam tahap proses pelelangan sehingga estimasi pelaksanaan kegiatan akan berlangsung pada bulan Januari 2020 mendatang.

Letak landasan pacu dengan terminal penumpang diperkirakan berjarak 300 meter, dimana bentangan landasan pacu sepanjang kurang lebih 1.600 meter melintang dari arah Timur ke Barat

Pantauan papuadalamberita.com. dilokasi bandara baru di Siboru Distrik Wartutin, saat ini sedang dilakukan pemetaan lahan dengan menggunakan alat berat sebanyak 8 unit. (RL 07)  

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!