PAPUADALAMBERITA.COM, WAISAI – Muh. Jabir Soltip pengusaha muda Distrik Misool Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat yang bergerak di bidang pariwisata mengajak masyarakat setempat... Pengusaha Muda Misool Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan
MUH Jabir Soltip. FOTO: antaranews papua barat/ ernes/papuadalamberita.com

PAPUADALAMBERITA.COM, WAISAI – Muh. Jabir Soltip pengusaha muda Distrik Misool Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat yang bergerak di bidang pariwisata mengajak masyarakat setempat untuk menjaga kelestarian lingkungan.
“Distrik Misool terdapat banyak destinasi wisata yang indah dan telah ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara sehingga masyarakat harus menjaga kelestarian lingkungan setempat,” kata Muh. Jabir Soltip di Waisai, Rabu.
Pemilik Homestay atau penginapan di Pulau Yapale Misool tersebut mengajak masyarakat Misool agar tidak membuang sampah plastik ke laut sebab dapat merusak ekosistem bawah laut yang menjadi sasaran wisatawan.
Menurut dia, sampah plastik yang dibuang ke laut akan bertahan ratusan tahun jika tidak diangkat sebab tidak dapat diuraikan oleh bakteri. Sampah plastik tersebut akan merusak lingkungan terutama kelangsungan hidup biota laut.
Karena itu, kata dia, masyarakat Misool harus saling mengingatkan satu sama lain agar tidak boleh membuang sampah ke laut sehingga laut tetap bersih dan indah.
“Alam Misool masih asli dan belum ada kerusakan lingkungan sehingga perlu dijaga dengan baik dari sekarang agar pariwisata berkelanjutan dan dapat dinikmati oleh generasi di masa mendatang,” ujar mantan Wartawan itu.
Ia berharap pula agar masyarakat Misool menjaga fasilitas yang dibangun oleh pemerintah di setiap destinasi wisata agar tetap memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung.
Muh. Jabir Soltip pemuda asal Kampung Fafanlap Misool tersebut sebelumnya adalah Wartawan beberapa media lokal Papua Barat yang kini menekuni usaha di bidang pariwisata penyedia jasa transportasi dan penginapan bagi wisatawan.(ant)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *