Pertemuan Wakil Presiden Republik Indonesia bersama Gubernur Papua Barat di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta, Rabu, (10/3/2021) Pukul 09.00 WIB pagi. PAPUADALAMBERITA. FOTO:... Penyampaian Gubernur Tentang Major Projects dan Quick Wins Papua Barat 2022 Disambut Baik Wakil Presiden RI

Pertemuan Wakil Presiden Republik Indonesia bersama Gubernur Papua Barat di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta, Rabu, (10/3/2021) Pukul 09.00 WIB pagi. PAPUADALAMBERITA. FOTO: ISTIMEWA 

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kedatangan Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan serta rombongan ke Jakarta menemui wakil Presiden KH Prof Ma’aruf Amin pada Rabu 10 Maret 2021 disambut oleh hangat wakil Wakil Presiden RI di kantor Wakil Presiden RI.

Kepala Sub Bidang Diseminasi Kelitbangan, Ezrom Batorinding, S.Hut, M.Sc dalam siaran persnya Rabu (10/3/2021) mengatakan, kedatangan romobongan dari Provinsi Papua Barat omo dalam rangka pelaksanaan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dan sebagai tindak lanjut pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2O2O tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2O2O-2O24.

Maka diperlukan langkah-langkah terobosan, terpadu, tepat, fokus, dan sinergi antar Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan masyarakat Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat yang maju, sejahtera, damai, dan bermartabat di dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, melalui Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, yang diketuai Tim Pengarah Wakil Presiden Republik Indonesia.

Agenda Audiensi Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Wakil Presiden dilaksanakan di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia pada tanggal 10 Maret 2021 diterima dan dipimpin secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. K.H Maruf Amin, dan dihadiri Gubernur Papua Barat, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Plh Kepala BAPPEDA Prov Papua Barat, Kepala Dinas Kesehatan Prov Papua Barat dan Kepala Dinas Pendidikan Prov Papua Barat.
Dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Provinsi Papua Barat oleh Gubenur Papua Barat menyampaikan dokumen usulan yang disusun dalam Major Projects dan Quick Wins Provinsi Papua Barat tahun 2022 kepada Wakil Presiden selaku ketua Tim Pengarah.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari beberapa pertemuan sebelumnya yang telah dilakukan antara lain, penyusunan Major Projects dan Quick Wins oleh Gubernur Papua Barat sebagai arahan dalam pelaksanaan Rapat koordinasi teknis perencanaan pembangunan (RAKORTEKBANG) tahun 2021 yang difasilitasi Bappenas dan Bappeda Provinsi Papua Barat.

Audiensi Wapres RI Ma’ruf Amin dan Gubernur Papua Barat didampingi Asisten II Setda, Plh Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Balitbangda, dan Kepala Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Papua Barat di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia. Jakarta,  Rabu (10/3/2021) Pukul 09.00 WIB. PAPUADALAMBERITA. FOTO: ISTIMEWA

Dimana Rakor tersebut dilakukan penyiapan dokumen oleh perangkat daerah sebagai pedoman pembangunan bagi perangkat daerah di lingkup pemerintah Provinsi papua Barat untuk mendapatkan masukan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022 dan sebagai media penyelarasan perencanaan pusat dan daerah khususnya tahun 2022.

Dalam audiens tersebut gubernur menyampaikan prioritas strategis percepatan pembangunan yang tersusun dalam dokumen Major Projects dan Quick Wins antara lain :

Penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Papua Barat yang sesuai dengan Visi Pembangunan Berkelanjutan yang konservasi, keanekaragaman hayati, budaya dan religi dengan simpul utama Sorong – Raja Ampat yang telah terbangun dengan simpul Manokwari- Pegunungan Arfak (Kawasan Danau Anggi, Museum Keanekaragaman Hayati dan Kebun Raya Gunung Meja Dan Museum Coklat Ransiki).

Peningkatan kualitas sumberdaya manusia dengan pendirian pendidikan vokasi atau pusat (balai) latihan kerja dan pendirian sekolah menengah umum (SMU) Unggulan dalam rangka menghasilkan siswa unggul yang berwawasan nasionalisme dengan kurikulum yang setara dengan SMU Taruna Nusantara.

Peningkatan layanan dasar kesehatan dengan pembangunan Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) sebagai rumah sakit rujukan yang sudah terbangun 60 persen.

Wapres RI Ma’ruf Amin dan Gubernur Papua Barat didampingi Asisten II Setda, Plh Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Balitbangda, dan Kepala Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Papua Barat di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia. Jakarta,  Rabu (10/3/2021) Pukul 09.00 WIB. PAPUADALAMBERITA. FOTO: ISTIMEWA

Peningkatan nilai produk unggulan daerah non deforestasi berorientasi eksport yaitu Pengembangan Pusat Teknologi dan Inovasi Kakao dan Kopi di Ransiki Manokwari Selatan dan pakan ternak di Masni Kabupaten Manokwari.

Pembangunan insfrastruktur terkait aksesibilitas pelayanan masyarakat dan pergerakan ekonomi wilayah untuk mendukung pengembangan pariwisata dan pemasaran produk unggulan daerah, berupa jalan, jembatan, bandara dan pelabuhan laut serta penyediaan sarana transportasi laut.

Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Sorong, Kawasan Industri Bintuni, Kawasan Strategis Provinsi Berfungsi Lindung Mahkota Permata Tanah Papua, Kawasan Ketahanan Pangan (Food Estate Berbasis Sagu/Pangan Lokal).

Penguatan masyarakat adat dan Orang Asli Papua berupa pemetaan hak ulayat, registrasi dan penerbitan sertifikat hak komunal serta pemberian hak pengelolaan hutan adat.

Penyampaian tersebut, diamini dan diapresiasi Wakil Presiden Prof. K.H Maruf Amin, dan menyatakan akan mendukung usulan prioritas yang disampaikan oleh Gubernur Papua Barat, sekaligus menyampaikan arahan selaku ketua tim Pengarah Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua Barat dalam rangka mengambil langkah-langkah strategis pasca pertemuan ini seperti yang diamanatkan dalam Inpres No 9 Tahun 2020.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *