NasionalPapua Barat Daya

Pertamina Jadikan UKM Abon Tuna Masohi Naik Kelas

124
×

Pertamina Jadikan UKM Abon Tuna Masohi Naik Kelas

Sebarkan artikel ini

UKM G&R Masohi Shop memproduksi abon ikan tuna di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah. PAPUADALAMBERITA. FOTO: HUMAS PERTAMINA 

PAPUADALAMBERITA.COM. JAKARTAPT Pertamina (Persero) melalui Program Kemitraan banyak membina usaha kecil yang mengolah produk-produk lokal.

Atas inisiatif dan kreativitas yang tinggi, bahan lokal disulap menjadi produk dengan daya jual tinggi. Sehingga berimbas pada usaha tersebut bisa naik kelas dan turut memberdayakan masyarakat sekitarnya.

Salah satu mitra binaan Pertamina yang berkecimpung pada pengolahan produk lokal adalah Irnawati Lanuru.

Pemilik UKM G&R Masohi Shop ini memproduksi abon ikan tuna yang ada di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah.

“Hasil sumberdaya ikan di Kota Masohi ini sangat melimpah, ditambah sedikit sentuhan kreativitas akan meningkatkan harga jualnya,” ujar Irna.

Ya, ditangan Irna, daging ikan Tuna segar yang di tangkap dari perairan Maluku diolah menjadi abon yang gurih nan lezat. Untuk memenuhi selera masyarakat, ia membuat produk abon ikan tuna dengan dua varian rasa yakni, original dan rasa pedas. Dengan begitu, ia berharap produknya bisa dinikmati semua kalangan usia.

Meski baru didirikan pada Januari 2020 lalu, usaha G&R Masohi Shop cukup berkembang pesat. Kini produknya sudah dipasarkan pada sejumlah mini market dan swalayan di Kota Ambon, dan Bula. Apalagi saat memutuskan bergabung menjadi mitra binaan Pertamina, usahanya pun kini bisa dibilang sudah naik kelas.

“Sebelumnya kami kerja serba manual, setelah dapat pinjaman dari Pertamina bisa bangun rumah produksi dan beli beberapa alat,” imbuhnya.

Hal ini membuat kebutuhan akan pekerja pun ikut meningkat. Dari yang semula dikerjakan sendiri, kini sudah ada 5 orang yang membantu Irna. Hal ini menjadi cerminan SDGs poin 8 yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung perekonomian. Serta sebagai penerapan ESG dibidang sosial.

“Saya berharap usaha ini makin berkembang dan menyerap banyak tenaga kerja,” tuturnya.

Meski usahanya terhitung seumur biji jagung, bersama Pertamina, ia sudah mendapatkan banyak keuntungan. Seperti terpilih menjadi peserta Pertamina SMEXPO 2020 dan berlanjut pada program unggulan naik kelas yakni Pertamina UMKM Academy.

“Pada ajang inilah saya mendapat kemudahan untuk mengurus Hak merek untuk produk saya, terima kasih Pertamina,” pungkasnya.

Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto menambahkan, Pertamina akan mendukung pengembangan produk-produk lokal seperti yang dilakukan Irnawati. Sehingga dapat mendukung kemajuan potensi ekonomi daerah hingga nasional bahkan luar negeri.

“Pertamina akan terus berupaya menjadi mitra binaannya menjadi UKM naik kelas hingga Go Global,” tandasnya.tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!