Manager SMEPP Pertamina (Persero) Rudi Arifianto di Kota Sorong, Selasa (9/3/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN PAPUADALAMBERITA.COM. KOTA SORONG – PT Pertamina (Persero) memiliki tangungjawab... Pertamina Tingkatkan Kualitas UMKM dari Kecil Jadi Besar

Manager SMEPP Pertamina (Persero) Rudi Arifianto di Kota Sorong, Selasa (9/3/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. KOTA SORONG – PT Pertamina (Persero) memiliki tangungjawab pembeniaan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas.

‘’Ada satu bagian di Pertamina yaitu CSR yang lebih fokus kepada pengembangan masyarakat, Program pendanaan usaha mikro kecil dulu yang dikenal dengan program kemitraan,’’ ujar Manager Small Medium Enterprise & Partnership Program (SMEPP) Pertamina Rudi Arifianto kepada puluhan wartawan online, elektronik dan cetak Manokwari, Kota Sorong dan Raja Ampat, Selasa (9/3/2021) pada Workshop Jurnalis Papua Barat di The Belagri Hotel Kota Sorong, Papua Barat.

SMEPP Pertamina ini mengatakan, yang menjadi objek pelaksanaan program UMKM, sebenarnya Bagaimana usaha mikro kecil itu semakin lama semakin berhasil,  semakin bagus kinerjanya semakin mandiri dan semakin unggul.

Workhsop Jurnalis Papua Barat digelar PT Pertamina (Persero) Selasa (9/3/2021) di The Belagri Hotel Kota Sorong Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘‘Misalkan ada perusahaan X masuk kedalam pendanaan program UMK di Pertamina, lalu kita berikan dia pendanaan, kita berikan dia pendampingan, lalu kita berikan dia promosi,  kita berikan fasilitas, sertifikasi sehingga dia (perusahaan, red) memiliki marketing tools untuk memperluas pemasaran produknya lalu setelah itu akhirnya nya ia menjadi besar, atau UMKM itu naik kelas,’’ sebut Arfianto.

Sehingga menurut Arfianto, perusahan X itu setelah bergabung dengan Pertamina,  diharapkan naik kelas dari produk mikro naik ke menengah dan dia bisa menjadi besar, dan dia bisa menjadi inspirasi bagi Pertamina terutama di Papua Barat.

Hadir dalam Workshop, Unit Manager Communication, Relations & CSR Regional Maluku Papua, Edi Mangun,  Unit Manager Communication, Relations & CSR Rifenery Unit VII Sorong PT Pertamina (Persero) Dodi Yapsenang sekaligus sebagai pembicara. Serta Kepala Biro Antara Ambon John Nikita Sahusilawane sebagai pebicara.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *