Papua Barat

Polda Papua Barat Gelar Operasi Keselamatan, 8 Pelanggaraan Jadi Target

94
×

Polda Papua Barat Gelar Operasi Keselamatan, 8 Pelanggaraan Jadi Target

Sebarkan artikel ini

Wakapolda  Papua Barat Patrige R Renwarin, SH, MSI. menyematkan pita sebagai tanda diawali Operasi Keselamatan Mansinam 2022 mulai  digelar,  di Lapangan Apel Polda Papua Barat, Selasa (1/3/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: HUMAS POLDA PAPUA BARAT

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI –  Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat menggelar kegiatan bersandi Operasi Keselamatan Mansinam 2022 selama 14 hari, mulai 1 Maret 2022 sampai 14 Maret 2022.

Pelaksanaan apel gelar pasukan dipimpinan Apel Wakapolda  Papua Barat Patrige R. Renwarin, SH, MSI. Target Operasi Keselamatan Mansinam 2022 para pelanggar aturan lalu lintas di jalan raya. Apel di gelar Lapangan Apel Polda Papua Barat, Selasa (1/3/2022).

Ini taerget dan sasaran prioritas operasi keselamatan 2022 di Polda Papua Barat yaitu:

  1. Pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan handphone, pengemudi kendaraan bermotor yang masih di bawah umur.
  2. Berboncengan lebih dari satu orang
  3. Tidak menggunakan helm SNI.
  4. mengemudikan ranmor dakam pengaruh alcohol.
  5. Melawan arus
  6. Pengemudi ranmor yang tidak menggunakan safety belt.
  7. Mengemudikan kendaraan bermotor secara ugal-ugalan.
  8. Pelanggaran over dimensi dan over load.

‘’Dengan penindakan sasaran prioritas pelanggaran lalu lintas tersebut diharapkan operasi keselamatan tahun ini dapat menekan angka jumlah korban fatalitas, meminimalisir kemacetan lalu lintas dan terwujudnya Kamseltibcarlantas yang dilaksanakan dengan mengedepankan giat preemtif dan preventif disertai persuasif humanis,  dalam rangka meningkatnya kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19,’’ pesan Wakapolda Papua Barat.

Wakapolda menyebutkan, apel gelar pasukan ini merupakan wujud kesiapan Polda Papua Barat dalam menciptakan masyarakat yang tertib, keselamatan hukum dalam berlalu lintas, serta sebagai sarana untuk konsolidasi dan pengecekan personel beserta kelengkapan sarpras, sebelum melaksanakan tugas di lapangan.

Wakapolda  Papua Barat Patrige R Renwarin, SH, MSI. membuka Operasi Keselamatan Mansinam 2022  di Lapangan Apel Polda Papua Barat, Selasa (1/3/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: HUMAS POLDA PAPUA BARAT

Sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, Kamseltibcar lantas, merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani polisi lalu lintas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan semua pihak.

‘’Perlu saya sampaikan bahwa pelaksanaan operasi keselamatan mansinam tahun 2022 berbeda dengan pelaksanaan operasi keselamatan pada tahun sebelumnya karena pelaksanaan operasi keselamatan tahun ini dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19,’’ sambung Wakapolda.

Dan sesuai dengan rencana garis besar operasi, kegiatan ini dilaksanakan dengan mengedepankan giat preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis dalam rangka meningkatnya kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Dir Lantas Polda Papua Barat memberika arahan anggota Ditlantas Polda Papua Barat, seusai gelar apel Operasi Keselamatan MAnsinam 2022, di Polda Papua Barat, Selasa (1/3/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: HUMAS POLDA PAPUA BARAT

Selain kegiatan bersifat humanis perhatian operasi keselamatan saat ini juga di titik beratkan pada upaya penurunan titik lokasi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing (tematik).

Namun tetap mempedomani protokol kesehatan. dengan sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan (pg), ambang gangguan (ag), dan gangguan nyata (gn), pada saat dan pasca ops “keselamatan-2022” yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas serta penyebaran covid-19.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!