Post Views: 42 Jajar hormat polisi cilik binaan Satlantas Polres Manokwari kepada Kapolres Manokwari, di halaman apel Polres Manokwari, Senin (26/9/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM... Polisi Cilik Tampil Atraktif, Ini Tanggapan Kapolres dan Kasat Lantas

Jajar hormat polisi cilik binaan Satlantas Polres Manokwari kepada Kapolres Manokwari, di halaman apel Polres Manokwari, Senin (26/9/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN.

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI –Penampilan 31 anggota Polisi cilik (Pocil) Polres Manokwari dari sembilan SD di Kabupaten Manokwari menarik perhatian Kapolres Manokwari, Senin (26/9/2022).

Polisi cilik binaan Satuan Lalu Lintas Polres Manokwari yang tampil mengenakan seragam ala PDU Akademi Kepolisian (AKPOL) ini tampil atraktif di hadapan Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom, SIK, MSI pejabat utama , anggota serta orang tua dari anggota polisi cilik di Polres Manokwari.

Kapolres dan anggotanya  yang hadir disuguhkan aksi trampil polisi cilik Polres Manokwari, dimana polisi cilik ini merupakan angkatan pertama binaa Satuan Lalu Lintas Polres Manokwari.

Dalam kesempatan itu, polisi cilik menampilkan gerakan dan formasi baris-berbaris. Keseragaman dan kekompakan polisi cilik diperlihatkan sekitar 25 menit dipimpin komandan peleton (Danton) yang seorang pelajar Kelas V, SD YPK 16 Nasaret Fanindini Manokwari, Yolanda Kristina Marini Kiam.

Hari ini tadi sudah dilakukan peresmian pelantikan angkatan pertama polisi cilik sebagai mana petunjuk dan arahan dari Mabes Polri kepada Polda dan Polda diteruskan kepada Polres untuk seluruh Polres membentuk polisi cilik

‘’Penampilan polisi cilik ini mulai dari tingkat anak-anak dilatih mengenai leadership dan kedisiplinan,

disamping itu juga diberikan pengetahuan terkait lalu lintas,’’ ujar kapolres Manokwari yang ditemui wartawan seusai pengukuhan polisi cilik angkatan pertama tahun 2022 binaan Polres Manokwari, Senin (26/9/2022).

Menurut Kapolres, penampilan perdana dapat dilihat hal positif, bahwa gerakan baris-berbaris, gerakan lalu lintas di anak-anak usia lima sampai dengan 10 tahun bisa melatih cara kerja berpikir mereka, dan tadi gerakan-gerakannya cukup sulit dan tidak bisa dilakukan jika tidak dengan disiplin dan latihan yang tinggi.

Kapolres Manokwari yang ditemui wartawan seusai upacara bersama polisi cilik Polres Manokwari, Senin (26/9/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN.

Kapolres Manokwari selain memberikan apresiasi kepada anggota polisi cilik, Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada guru-guru, kepala sekolah serta orang tua siswa dari masing-masing sekolah yang telah mengijinkan putra-putrinya mengikuti anggota Polisi cilik binaan Polres Manokwari.

Kasat Lantas Polres Manokwari IPTU Subhan S Ohoimas SH mengatakan, terbentuknya Polisi kecil Polres Manokwari angkatan pertama binaan Satlantas Polres Manokwari merupakan perintah Kakorlantas kepada Polda dan Polres jajran.

‘’Keanggotaan ini direkrut tiga minggu dari beberapa sekolah di Kota Manokwari, sebelumnya Polda Papua Barat juga melakukan rekrutmen polisi kecil,  ini merupakan bagian dari perintah Kakorlantas Polri untuk merekrut Polisi kecil diseluruh Polda dan Polres,’’ ujar Kasat Lantas yang ditemui wartawan secara terpisah di Polres Manokwari, Senin (26/9/2022).

Kasat mengatakan, setelah sosialisasi sampai perekrutan awal dari 139 siswa sekolah dasar, melalui tahapan seleksi berhasil terpilih 31 orang dengan waktu pelatihan satu  bulan.

‘’Mereka dilatih, dibimbing oleh pelatih yang memiliki lisensi dengan personil kami dari unit Lantas Polres Manokwari,’’ ujar Kasat Lantas.

Polisi cilik ini menurut Kasat, bagian dari upaya Polres Manokwari memberikan wawasan dan pemahaman dunia disiplin lalu lintas sejak usia dini.

‘’Sebenarnya keberhasil dalam membentuk pelopor keselamatan lalu lintas mulai dibentuk dari usia dini dan harus dimulai dari usia dini,’’ kata Subhan Ohoimas..

‘’Dengan pola pikir dan pemahaman mereka terkait budaya tertib lalu lintas, harapan kami ke depan adik-adik ini bisa menjadi generasi penerus bangsa yang lebih banyak memahami terkait budaya disiplin berlalu lintas, sehingga barometer kemajuan kota kita khususnya di Manokwari bisa dicapai,’’ sambung Subhan.

Lanjut Subhan bahwa perekrutan polisi cilik dari sembilan sekolah dasar di Manokwari dan dari berbagai kalangan, dan siswa sekolah dasar dari kelas dua sampai kelas lima, dari 31 anggota polisi cilik 80% adalah anak-anak asli Papua.

‘’Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan roadshow di beberapa sekolah di dalam kota Manokwari dari SD, SMP sampai SMA, ini bagian dari kami melancarkan gerakan budaya tertib lalu lintas,’’ kata Subhan.

Kasat Lantas Polres Manokwari yang ditemui wartawan seusai upacara bersama polisi cilik Polres Manokwari, Senin (26/9/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN.

‘’Dan kami ingin menampilkan adik-adik kami, bahwa kalau anak usia dini bisa melakukan kegiatan terkait dengan disiplin lalu lintas, kenapa kita yang sudah berusia lanjut tidak mengikuti apa yang dimulai oleh adik-adik kita,’’ tegas Kasat Lantas.

Terkait anggaran pembinaan, menurut Kasat Lantas, bahwa Satlantas menggunakan mata anggaran dari kantor khususnya anggaran pembinaan disiplin berlalu lintas.

‘’Polisi cilik dibekali dengan latihan kemampuan gerakan dasar baris-berbaris, pengaturan lalu lintas, formasi gerak tarian dengan pengetahuan dasar tata tertib berlalu lintas yang diajarkan kepada mereka,’’ ungkap Kasat Lantas.

‘’Diharapkan, sehingga nanti melalui sesama teman bermain Ia bisa memberikan informasi kepada rekan-rekannya, setelah terbentuk polisi cilik melaksanakan latihan tiga kali dalam satu pekan,’’ tambah Kasat Lantas Subhan.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!