Ketua MUI Papua Barat, Ahmad Nausrauw mendapimpingi Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan wakil Menteri Agama RI, Agama Republik Indonesia, Drs, KH. Zainud Tauhid,... Resmikan Gedung Baru MUI, Gubernur Papua Barat: Ini Komitmen Pemerintah Membina Kerukunan

MUI Papua Barat-papuadalamberita.com

Ketua MUI Papua Barat, Ahmad Nausrauw mendapimpingi Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan wakil Menteri Agama RI, Agama Republik Indonesia, Drs, KH. Zainud Tauhid, Sa’adi, MSI melihat ruangan dalam Gedung Kantor MUI Papua Barat, Jumat (21/8/2020), di Kantor MUI Papua Barat, Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: rustam madubun.

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan mendampingi Wakil Menteri (Wamen) Agama Republik Indonesia, Drs, KH. Zainud Tauhid, Sa’adi, MSI meresmikan Gedung Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua Barat, Jumat (21/8/2020) di Manokwari.

Baca juga: Terkait Penistaan Agama oleh Oknum Warga di Kaimana, Wakil Menteri Agam Minta Hukum Ditegakan

Gubernur Papua Barat menyampaikan, MUI merupakan majelis yang sangat terhormat sejak didirikannya dan merupakan wadah para ulama dan cendikiawan muslim.

‘’Serta menjadi harapan kita semua, tidak hanya umat islam, tetapi bangsa Indonesia secara keseluruhan yang telah ikut bersama berkontribusi pembangunan Indonesia seutuhnya,’’ kata Gubernur Papua Barat.

Kehadiran wakil menteri agama RI yang juga wakil ketua umum MUI pusat mewakili Ketua Umum MUI Pusat, KH Ma’ruf Amin, wakil Presiden RI dalam peresmian gedung baru kantor MUI Provinsi Papua Barat.

‘’Peran, tanggung jawab MUI besar, MUI diharapkan menjawab perubahan jaman dan tantangan global, harapan dan tuntutan umat islam terhadap peran MUI, dan meningkatnya kesadaran dan kebutuhan umat islam,’’ jelas gubernur.

Kepala Biro Mental Spirtual dan Kesejahteraan Rakyat, Setda Papua Barat, Hermus Indow, SIP, MH. Ketua MUI Papua Barat, Ahmad Nausrauw, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan wakil Menteri Agama RI, Agama Republik Indonesia, Drs, KH. Zainud Tauhid, Sa’adi, MSI saat penyerahan berita acara selesainya pembangunan Gedung Kantor MUI Papua Barat, Jumat (21/8/2020), di Kantor MUI Papua Barat, Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: rustam madubun.

Dominggius Mandacan mengatakan, pemerintah berharap MUI mengambil peran sebagai mitra pemerintah dalam pembinaan kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan, dan keaneka ragaman, semua itu membutuhkan respon cepat, tepat, optimal.

‘’Sehubungan peran dan tugas penyambung aspirasi umat, ulama dan cendekiawan islam tentunya membutuhkan kantor sesuai kebutuhan organisasi, maka pemerintah Papua Barat dalam tahun 2019 – 2020 membangun gedung kantor MUI Papua Barat yang saat ini peresmiannya,’’ ujar gubernur.

Dominggus Mandacan menegaskan, pembagunan ini merupakan komitmen pemerintah membina kerukunan kehidupan umat beragama di Papua Barat, sekaligus menjadikan Papua Barat sebagai rumah miniatur toleransi.

Mandacan melanjutkam, sebagaimana hasil survei Litbang Kementerian Agama RI,  Papua Barat peringkat pertama dengan persentase 82, 29 sebagai provinsi dengan toleransi umat beragama tertinggi di Indonesia, ini merupakan modal membangun bangsa Indonesia dan membangun Papua Barat, membangun Manokwari.

Dengan hasil dicapai membuktikan Papua Barat provinsi yang mengedepankan kehidupan beragama dan menjadi contoh kebhinekaan untuk membumikan toleransi dan melangitkan perbedaan.

‘’Sejalan dengan visi pemerintah Papua Barat membangun dengan hati, mempersatukan dengan kasih kita wujudkan Papua Barat yang aman, sejahtera dan bermartabat,’’ ungkap Dominggus.(tam)

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *