Post Views: 22 PAPUIADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Investor asli asal Papua, Ruben Piecisemuel Marey akan tanamkan investasi senilai Rp11 triliun di Provinsi Papua Barat. Peluang... Ruben Marey Investor Asli Papua yang akan Invetasi Rp11 Triliun di Papua Barat
Ruben Maery, investor asli Papua yang akan berinvestasi ke Papua Barat. FOTO: IST/papuadalamberita.com

PAPUIADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Investor asli asal Papua, Ruben Piecisemuel Marey akan tanamkan investasi senilai Rp11 triliun di Provinsi Papua Barat. Peluang ini akan dilakukan MoU dengan Gubernur Papua Barat dalam waktu dekat.

Demikian disampaikan Ruben Piecisemuel Marey selaku Executive Officer General Affairs dari Siliwangi Bangkit Nusantara Indonesia, Senin (29/7) di Manokwari, Papua Barat.

Marey mengatakan, investasi Rp954 miliar untuk diperuntuhkan membangun infrastruktur dasar bagi Orang Asli Papua, seperti rumah, listrik desa dan telekomunikasi.

Alasan pembangunan dasar di tanah Papua dilakukan sebagai bentuk awal bahwa semenjak Papua bergabung ke NKRI sejak duluh sangat sulit mendapat kebutuhan dasar. Bahkan semenjak hampir purna tugas dari jabatan pemerintahan, maka harus ada terobosan perubahan di tanah Papua.

Ditegaskan Marey bahwa, pembangunan dasar OAP tidak bisa mengharapkan sumber APBD provinsi dan kabupaten, kota di tanah Papua. Sebab masyarakat asli Papua yang berada di perkampungan, pedalaman, pesisir dan lembah di tanah Papua sangat membutuhkan  pembangunan infrastruktur dasar.

Dengan semua alasan inilah yang menyebabkan Marey harus menyusun proposal pembangunan medasar OAP, dan ketemulah dengan seorang vendor, maka puji Tuhan karena apa yang dilakukan terjawab.

Setelah semua tahapan berjalan, maka nilai invetasi masuk ke tanah Papua sebesar Rp5 miliar (US$ Dolar). Jelas Marey, total Rp5 miliar yang sudah transaksi atau dirilis ke rekening adalah Rp 761 juta US$dolar dari total nilai Rp 11 triliun 795 miliar tersebut (kalau dikurs kedalam rupiah).

Dikatakan Marey, Rp 11 triliun lebih ini akan diinvestasi ke Papua dan Papua Barat, namun Marey memastikan bahwa, Papua Barat menjadi pintu utama penanaman investasi tersebut.

Alasan investasi ke Papua Barat, karena sesuai dengan kesepakatan iman dan komunikasi ke berbagai pihak, maka Papua Barat dan pulau Mansinam menjadi ujung bumi sebagai upaya investasi atau projec ini ke Papua Barat.

Investor asal Papua Ruben Marey bersama sejumlah intelektual, tokoh asli Papua dan Papua Barat di Manokwari, Senin (29/7/2019). FOTO: IST/papuadalamberita.com

“Jadi pulau Mansinam akan menjadi catatan sejarah untuk membangun ke daerah lainnya di Papua Barat. Itu artinya kita anak-anak asli Papua juga bisa dalam segala hal,” ungkap Marey.

Dia pun mengutarakan bahwa eksen dimulainya investasi ke Papua Barat dimulai dengan pra komunikasi dengan Pemprov Papua Barat. Salah satunya adalah membangun komunikasi dengan institusi kerakyatan seperti MRP PB dan DPR dalam hal ini ketua fraksi otsus pada Senin siang di salah satu hotel di Manokwari.

Alasan lain menurut Marey, komunikasi secara kronskutif ke Gubernur Papua Barat agar hal ini bisa berjalan, dan tentu akan disesuaikan dengan visi misi RPJMD gubernur dan wagub Papua Barat agar disingkronkan.

“Inilah komuikasi awal dengan MRP dan DPR PB” ujar Marey. Terkait dengan kesulitan masuknya investor ke Papua, karena alasan tanah, maka komunikasi harus mulai dibangun dengan pemerintah daerah.

Oleh sebab itu, apa yang ditanamkan oleh Marey turut membantu pemerintah daerah untuk menjawab persoalan mendasar OAP di tanah Papua, khusus Papua Barat.

Selain komunikasi bersama dua lembaga ini (MRP dan DPR PB), Marey juga koordinasi dengan Filep Wamafma dari sisi hukum. (tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!