Ketua DPD Garuda Merah Putih Papua Barat, Samuel Mandowen (tengah berdiri), Kamis (5/8/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: JUNAIDI PUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Sambut peringatan Hari Kemerdekaan Ke-76... Sambut HUT Ke-76 RI, Garuda Merah Putih, Bentangkan Bendera Merah-Putih Sepanjang 76 Meter di Teluk Doreri

HUT RI 2021

Ketua DPD Garuda Merah Putih Papua Barat, Samuel Mandowen (tengah berdiri), Kamis (5/8/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: JUNAIDI

PUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Sambut peringatan Hari Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia (RI),  Dewan Pimpinan Daerah Garuda Merah Putih (DPD Garda) Provinsi Papua Barat bersama sejumlah organisasi masyarakat dan komunitas diving Manokwari menggelar sejumlah kegiatan. Rangkaian kegiatan tersebut akan dimulai Jumat 6 Agustus hingga 17 Agustus mendatang.

Ketua DPD Garuda Merah Putih Papua Barat, Samuel Mandowen, mengatakan rangkaian acara menyambut HUT RI ini akan dimulai dengan gerakan bersih pantai. Kegiatan ini akan melibatkan sejumlah unsur dan di Manokwari.

Di hari yang sama, Mandowen juga mengatakan, akan menggelar bakti sosial di Distrik Saukorem, Kabupaten Tambrauw. Selain bakti sosial berupa pembagian 200 paket sembako, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi terkait penularan dan pencegahan Covid-19.

“Kami juga akan membagi ribuan masker serta handsanitizer kepada warga di Distrik Saukorem. Ini merupakan bagian dari peran serta kami mengisi kemerdekaan. Membantu pihak terkait, terutama pemerintah dalam penanggulangan pandemi Covid-19,” kata Mandowen kepada papuadalamberita.com, Kamis (5/8/2021) malam di Manokwari.

“Sementara untuk aksi bersih pantai dan laut, akan kami fokuskan dari daerah Kwawi hingga Asrama Pelayaran. Kami telah melakukan konsolidasi dengan  Ketapang diving sebagai koordinator komunitas diving di manokwari. Mereka bersedia ambil bagian dalam aksi ini. Sebab menjaga laut adalah tanggung jawab kita bersama,” sambung Mandowen.

Puncak acara peringatan HUT RI ke-76, menurut Mandowen akan ditandai dengan pembentangan dan pengibaran bendera seluas 76 meter persegi. Kegiatan ini akan dipusatkan di sekitar kawasan Teluk Doreri.

“Meskipun kita masih dalam suasana pandemi, namun semangat perayaan HUT RI tahun ini, harus tetap kita gelorakan. Kami akan kibarkan bendera raksasa sebagai simbol semangat generasi penerus dalam mengisi kemerdekaan,” beber Mandowen.

Bendera raksasa tersebut, lanjut Mandowen, mulai dibentangkan dari dasar laut di sekitar Teluk Doreri, dengan menggunakan ratusan balon udara, bendera itu akan ditarik selanjutnya dibiarkan terbang ke angkasa.

“Kami akan melibatkan kelompok penyelam dan organisasi kepemudaan lainnya di Manokwari,” kata dia.

Selain pembentangan dan pengibaran bendera raksasa, kegiatan lainnya yang akan digelar adalah lomba perahu hias dan lomba pembersihan bawah laut.

“Perayaan kami fokuskan di sekitar Teluk Doreri. Tujuannya sekaligus untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di wilayah tersebut. Karena kita tahu, ada potensi wisata bawah laut yang jika digarap secara maksimal akan mendatangkan wisatawan ke Manokwari,’’ tambahnya.

Makanya nanti kita akan siapkan fotobooth. Masyarakat umum yang mau mengabadikan moment special di dasar laut, akan dipandu oleh komunitas diving pada kedalaman 5-10 meter,” tutup Plt Ketua DPD Golkar Kabupaten Manokwari Selatan ini.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *