PAPUADALAMBERITA.COM, Manokwari –  Meluapnya air di perempatan lampu pengatur lalulintas Jalan Merdeka, Manokwari saat musim hujan tiba dikarenakan sampah yang menumpuk di saluran air.... Sampah Penyebab Tergenang Air di Perempatan Lampu Merah
PETUGAS Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Manokwari harus menyelam ke dalam parit untuk mengangkat sampah warga dalam saluran parit. FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com

PAPUADALAMBERITA.COM, Manokwari –  Meluapnya air di perempatan lampu pengatur lalulintas Jalan Merdeka, Manokwari saat musim hujan tiba dikarenakan sampah yang menumpuk di saluran air.

Untuk mengatasinya, Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Manokwari terus melakukan pengurasan dengan pompa air serta meminjam mobil pemadan kebakaran.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Manokwari, Wempi Bandung pihaknya sudah mengetahui penyebabnya meluap air ke badan jalan yang melanda kawasaan itu ketika musim hujan tiba.

‘’Kita harapkan  semua titik-titik genang dalam minggu ini sudah berfungsi dengan baik, termasuk yang kita liat di samping Telkom, itu sudah kering, yang ini tinggal kita atasi karena ini sedikit mengalami hambatan pada pompa mesin penyedot air, kita lakukan maksimal mudah-mudahan akan kering,’’ kata  Kepala Dinas PU.

KEPALA Dinas PU Manokwari Wempi Bandung. FOTO : rustam madubun/papuadalamberita.com

Ia mengatakan saluran bawa tanah air atau gorong-gorong yang terdapat dibawa jalan lampu merah ini dimensinya sangat kecil dan dibawa itu juga terdapat lintasan-lintasan pipa untuk pendistribusian air kemudian ditambahkan lagi dengan penyumbatan sampah-sampah warga,’’ urai Wempi Bandung yang di temui wartawan di lokasi perbaikan,  Kamis (31/1).

Untuk jangka waktu panjang saluran air itu harus diperbesar dimensinya.

‘’Ya tentu juga kita mengharapkan  kepada masyarakat kiranya tidak membuang samapah  semabarangan, apalagi dengan sengaja membuang ke saluran air, karena akan meenyebabkan sumbatan-sumbatan yang berimbas pada genangan, saya berharap warga bersam-sama kita menjaga kebersihan kota Manokwari,’’ ujarnya.

DINAS PU Manokwari menurunkan mesin penyedot air dan dibantu Mobil Damkar mengatasi penyumbatan saluran di Jalan Merdeka, Manokwari. FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com

Wempi mengatakan, setelah disedot airnya, sampah yang menyumbat di muara gorong-gorong diangkat air akan tersalur sesuai arahnya. ‘’Yang penting kita arahkan salurannya, sehingga tidak tergenang di jalan,’’ tegasnya.

Ia merincikan ada lima titik genangan di kota Manokwari, yaitu di lampu merah POM, Kantor Telkom, Wosi dan reremi.

‘’Di Reremi juga kita akan perbaiki beberapa jalan yang terkelipas,’’ tambahnya.

Dinas PU Kabupaten Manokwari juga akan menyisir pusak kota Manokwari untuk memperbaiki jalan-jalan yang berlubang atau terkupas. ‘’Kita akan sisir semua ruas jalan-jalan dalam kota untuk diperbaiki,’’ tutupnya.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *