Post Views: 27 KBO Satlantas Polres Manokwari, IPDA Ismail dan anggota Dikyasa Satlantas Polres Manokwari, AIPDA Fadli Ohoimas memberikan sosialisasi tertib berlalu lintas dan... Satlantas Polres Manokwari Buka Layanan Perpanjangan SIM di Kampung-Kampung

KBO Satlantas Polres Manokwari, IPDA Ismail dan anggota Dikyasa Satlantas Polres Manokwari, AIPDA Fadli Ohoimas memberikan sosialisasi tertib berlalu lintas dan pentingnya prtokol kesehatan kepada warga Kampung Desay Distrik Prafi, Manokwari, Sabtu (6/11/2021) di Prafi Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN  

Kasat Lantas Polres Manokwari, IPTU Subhan Ohoimas SH. PAPUADALAMBERITA. FOTO: POSAT LANTAS POLRES MANOKWARI

Warga Prafi saat melakukan regestrasi perpanjang SIM A dan C oleh mobil pelayanan SIM Sat Polres Manokwari, Sabtu (6/11/2021) di Prafi Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALMBERITA.COM. MANOKWARI – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Manokwari membuka pelayanan perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM), Sabtu (6/11/2021) di Kampung Desay SP 2  Prafi Mulya, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurinawan  Wijaya SIK melalui Kasat Lantas Polres Manokwari, IPTU Subhan S Ohoimas SH mengatakan ada dua kegiataan yang digelar dalam waktu yang sama yaitu program disiplin berlalu lintas dan si “Paman” pelayanan SIM masuk kampung.

‘’Untuk program disiplin berlalu lintas kepada masyarakat ada  sub-program yaitu si Paman SIM masuk kampung, Si PAMAN ini kami datangi wilayah pinggiran yang mengalami kesulitan mendatangi Satuan Lantas kami,’’ ujar Kasat Lantas kepada wartawan di Prafi, Manokwari, Sabtu (6/11/2021).

Kasat Lantas mengatakan, Polres Manokwari memiliki satu unit mobil SIM yang dikhususlan melaksanakan pelayanan secara mobile.

‘’Mndatangi ke kantong-kantong masyarakat di pinggiran,  sehingga betul-betul pelayanan ini bisa dirasakan masyarakat,  pelayanan SIM keliling ini dikhususkan untuk memperpanjang SIM C dan SIM A, sehingga yang tadinya SIM masyarakat yang masa berlaku sudah mau habis kami layani hari ini,  dan mudah-mudahan bisa terlayani dan mereka bisa berlaku sesuai ketentuan,’’ tambah IPTU Subhan Ohoimas.

Lanjut Subhan, bahwa pelayanan perpanjang SIM ini akan dilakukan di seluruh kampung-kampung  di kabupaten Manokwari.

KBO Sat Lantas Ipda Ismail (kanan) dan pada sosial kampanye tertib lalu lintas kepada warga Prafi, Sabtu (6/11/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’Kami namakan si PAMAN melayani masuk kampung hingga ke seluruh seluruh wilayah di Manokwari, khususnya desa-desa atau kampung kami datangi sesuai  jadwal yang ditentukan dan berkoordinasi dengan Polsek setempat untukdiinformasikan kepada masyarakat,’’ jelas Kasat.

Kasat menambahkan, bahwa selain pelayanan aplikasi PAMAN, Satlantas Polres Manokwari juga melaksanakan kegiatan yaitu sosialisasi tertib berlalu lintas serta pelaksanaan sosialisasi prtokol kesehatan untuk mencegah meluasnya COVID-19.

‘’Pelaksanaan imbauaan tertiblalulintas kami mengingatkan masyarakat, bahwa disiplin berlalu lintas itu hanya bukan dalam kota,  di manapun dia berada selama dia melakukan aktif lalu lintas dan dia berkendaraan dia wajib mentaati peraturan lalu lintas,  karena sekali lagi kita ingin menekan angka kecelakaan lalu lintas yang Alhamdulillah belakang ini menurun secara angka,’’ tegas Subhan Ohoimas.

Pembagian brosur kampanye tertib lalu lintas kepada warga Prafi, Sabtu (6/11/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Menurut Subhan, secara ana;analisa dan evaluasi (Anev) kecalakaan lalu lintas Polres Manokwari tahun lalu itu ada 54 korban meninggal duni  dan sampai bulan November ini kita belum mencapai angka itu.

‘’Kami berharap tidak menyentuh angka itu (54, red) dan untuk itu siang ini kami mengadakan edukasi dan sosialisasi tertib berlalu lintas. Dan kami juga ingatkan masyarakat bahwa Pandemi COVID-19 belum berakhir,  sehingga protokol kesehatan seperti penggunaan masker,  cuci tangan,  menghindari kerumunan betul-betul diterapkan, dan yang terpenting adalah program pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi bisa dilaksanakan semua masyarakat,  sehingga kita bisa menekan angka penyebaran COVID -19,’’ sebut Subhan.

Subhan mengatakan memang dalam beberapa bulan terakhir ini orang yang mengurus SIM mengalami peningkat sekitar lima sampai 10 persen, cuman seminggu kemarin ada sedikit kendala dalam jaringan internet, tetapi sudah tersebut dan masyaakat terlayani.

Ia menambhkan bahwa peningkatan pelayanan SIM ini bukan karena kegiatan razia,  tetapi bahwa masyarakat betul-betul menyadari pentingnya SIM,  kepemilikan SIM adalah kebutuhan yang harus dimiliki setiap pengendara.

‘’Razia itu hanya untuk mengingatkan warga, karena harus ada yang meningkatkan sehingga warga betul-betul sadar,  harapan kami bahwa disiplin berlalu lintas itu harus dilaksanakan secara bersama-sama,  bukan untuk menjadi tugas polisi lalu lintas sendiri, tetapi harus dimulai dari lingkup keluarga, pribadi masing-masing,  jadilah pelopor tertib berlalu lintas untuk kita semua,’’ sambung Subhan diakhir wawancaranya.

Kegiatan sosilalisa tertib lalu lintas dan pelayanan perpanjang SIM di Kampung Desay Prafi dipimpin oleh serta anggota Satlantas

Warga Prafi melakukan pengesian formulir perpanjangan SIM oleh layanan SIM keliling Sat Lantas Polres Manokwari, Sabtu (6/11/2021) di Prafi MAnokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM  MADUBUN

Menurut Subhan yang juga didampinggi KBO Sat Lantas Polres Manokwari, pelayanan perpanjang SIM A dan C ini akan kembali digelar di Prafi pada Sabtu pekan depan. Karena terkendala jaringan internet yang mengalami gangguan sehingga sebagian tidak terlayani.

‘’tadi sebagian sudah terlayani tetapi sebagian belum, karena internet gangguan, nanti Sabtu depan akan kita layani lagi disini (Prafi, red),’’ tambah KBO Sat Lantas Ipda Ismail.

Tetapi bagi warga yang tadinya data sudah masuk, namun belum sempat di printing karean gangguan internet, bisa mendatanggi Satlantas Polres Manokwari pada jam-jam kerja, sebelum menanti layanan pada Sabtu di Prafi. (tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!