Ketua PKS Papua Barat 2020-2025 H Syaiful Maliki Arief, SHut, MSi dan mantan Ketua PKS Papua Barat H Mugiyono, S.Hut jumpa pers seusai Muswil ... Syaiful Maliki Arief Terpilih Sebagai Ketua Umum  DPW PKS Papua Barat

Ketua PKS Papua Barat 2020-2025 H Syaiful Maliki Arief, SHut, MSi dan mantan Ketua PKS Papua Barat H Mugiyono, S.Hut jumpa pers seusai Muswil  IV PKS Ahad (27/12/2020) yang digelar di SwissBel Hotel Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – H Syaiful Maliki Arief, SHut, MSi terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai keadilan Sejahtera (PKS) Papua Barat periode 2020-2025 dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) IV PKS Papua Barat Ahad (27/12/2020) yang digelar di SwissBel Hotel Manokwari.

Ketua PKS terpilih  itu menganti ketua sebelumnya Mugiyono S.Hut diketahui menjadi anggota DPR Papua Barat dari partai PKS.

‘’Saya juga tidak menyangka dapat nama-nama amanah baru, yang namanya kader harus siap ditempatkan dimana saja dan Insyaallah kepercayaan ini akan tidak saya sia-siakan begitu. Apa yang sudah dipercayakan kepada saya. Saya akan laksanakan dengan rasa tanggung jawab, dan berusaha untuk mewujudkan target-target yang telah ditetapkan dewan pimpinan pusat PKS,’’ ujar ketua PKS terpilih, Syaiful dalam konnference pers kepada wartawan seusai Muswil PKS, Ahad (27/12/2020) di SwessBel Hotel Manokwari.

Muswil IV PKS, Ahad 27 Desember 2020. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Ia didampinggi ketua sebelumnya, Mugiyono mengatakan, pada musyawarah wilayah yang dilakukan serentak diseluruh Indonesia, kepeengurusan itu berlangsung melalui proses,  tidak serta merta, bahwa kemudian DPP memutuskan kepengurusan, tetapi itu sudah melalui mekanisme dari bawah.

‘’Jadi kita telah melakukan pemira dan melibatkan seluruh kader PKS di masing-masing seluruh provinsi Kemudian dari hasil Pemilihan Raya (Pemira) itu delapan nama, delapan besar ditetapkan sebagai dewan tingkat wilayah,’’ tambah Syaiful.

Lanjut Ia, bahwa penentuan jabatan itu adalah dari DPP siapa ketua DPW, siapa ketua DSW itu adalah kewenangan tingkat pusat.

‘’Seperti tadi yang dijelaskan presiden partai PKS,  bahwa proses ini melalui sebuah proses yang teliti, cermat memilih kader, tidak sembarangan,  inilah kader-kader yang terbaik di Provinsi Papua Barat ada delapan orang dan mudah-mudahan kami semua ini akan membawa PKS di Papua Barat untuk lebih maju dan memenuhi target yang telah ditetapkan DPP PKS,’’ jelas Syaiful.

Sebagaimana dijelaskan pengurus pusat, bahwa PKS akan fokus pada dua hal,  yaitu:

‘’Pertama adalah peningkatan elektabilitas,  dan sudah diketahui bersama bahwa capaian kita di 2019 sudah tergambar, kemudian kita sudah bisa memetakan daerah mana yang merupakan daerah unggulan PKS di Papua Barat,  kemudian daerah mana yang kita kurang,  berikutnya pengurus ini yang memetakan kemudian menetapkan target capaian elektoral yang telah ditetapkan minimal 15% di 2024,’’ tuturnya.

‘’Kedua adalah pertumbuhan kader,  jadi memang diketahui bersama bahwa ada daerah-daerah yang kader PKSnya banyak dan dukungan massa bagus, misalnya di Kabupaten Manokwari,  Kota Sorong, Kabupaten Fakfak,  Kabupaten Sorong,  tetapi ada beberapa daerah yang memang PKS kurang kadernya dan terbukti memang dilihat dari pemilihan PKS tidak mendapat kursi dan itu juga menjadi tugas pengurus baru,’’ tambahnya.

Muswil IV PKS, Ahad 27 Desember 2020. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Ia melanjutkan, bahwa sehingga bagaimana pertumbuhan kader ini bertumbuh di semua wilayah,  tidak hanya di Kabupaten Sorong,  Kota Sorong,  Fakfak , Sorong Selatan, tetapi bagaimana kader ini tumbuh juga di Raja Ampat,  Kabupaten Teluk Bintuni dan kabupaten  Teluk Wondama,  itulah tugas pengurus yang baru.

Mantak Ketua DPW PKS, Mugiyono ditempat yang sama menjelaskan,  bahwa sebenarnya delapan orang dalam kepengurusan adalah satu tim,  tidak ada yang berbeda di dewan pimpinan tingkat wilayah.

‘’Dari tim itulah kami bertemu dalam satu forum yang namanya dewan pimpinan tingkat wilayah, mengambil kebijakan-kebijakan termasuk menyusun arah strategi kita lima tahun kedepan, nanti kita putuskan dalam forum dan hal-hal strategis lainnya,’’ ujar mantan Ketua DPW PKS yang juga sebagai anggota DPR Papua Barat dua periode ini.

Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah (DPTW) PKS Papua Barat 2020-2025

  1. Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW)

Ketua: H Mugiyono, SHut

Sekretaris: Hj Ratih Arisanti, AMkp

  1. Dewan Pengurus Wilayah (DPW)

Ketua: H Syaiful Maliki Arief, SHut, MSi

Sekretaris: Imam Muslih, SHut., M.Pd

Bendahara: Juliati Ningsih, SSi

Ketua Bidang Kaderisasi: Siti Kholifah, SSos, SPd

  1. Dewan Syariah Wilayah (DSW)

Ketua: Noo Aeni, SP

Sekretaris: Iswanto Jawas, SPdI

Muswil PKS IV ini digelar secara virtual yang diikuti semua DPW PKS di Indonesia dengan mentaati protokol kesehatan.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *