Post Views: 34 Kapolda Papua Barat didampingi Dirlantas Polda Papua Barat mengukuhkan dan menyerahkan sertifikat kepada anggota polisi cilik binaan Polda Papua Barat pada... Tampil Ala Akpol, Polisi Cilik Bercita-cita Jadi Polisi

Kapolda Papua Barat didampingi Dirlantas Polda Papua Barat mengukuhkan dan menyerahkan sertifikat kepada anggota polisi cilik binaan Polda Papua Barat pada HUT Ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, Kamis (22/9/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN.

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Setelah dua tahun “tenggelam” karena Pendemi Covid-19, sosok polisi ini tampil menakjubkan lagi di tahun 2022.

Baca juga: HUT Lalu Lintas Ke 67, Dirlantas Polda Papua Barat Sampaikan Ini 

Bunyi hentakan kaki mengemuru, derap langkahnya tegap, baris-berbarisnya serasi yang dikomandoi seorang pemimpin regunya terlihat indah dan kompak.

Itulah penampilan polisi cilik (Pocil ) binaan Polda Papua Barat pada Syukuran HUT Ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara di Gedung Arfak Conevention Polda Papua Barat, Kamis (22/9/2022) gagah.

Tampil dengan baju lengan panjang merah maron, celana panjang putih, berselempang tertulis PKPB PAPUA BARAT, tali air di dada kanan, ada monogram yang dipasang pada ujung kerah baju kanan-kiri, di kepala memakai pet polisi putih, sabuk yang melingkar dipingang.

Seragam yang dipakai polisi cilik layaknya Pakaian Dinas Upacara (PDU) Kadga Akademi Kepolisian (Akpol) yang melambangkan identitas dan jati diri seorang taruna dan taruni yang berwibawa.

Diketahui bahwa seragam PDU Kadga di Akpol biasanya digunakan untuk upacara-upacara pelepasan Perwira Remaja (Paja), upacara serah terima jabatan, upacara kenaikan pangkat. Pengunaan seragam taruan ini biasanya digunakan di lingkungan akademi kepolisian saja.

Penampilan polisi cilik sebagai representasi  anggota Polri ini merubah image jaman dulu, bahwa  anak-anak takut polisi, kini menjadi anak-anak bangga menjadi polisi memperoleh apresiasi Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel TM Silotanga, SH, MA yang mengkuhkan Pocil Polda Papua Barat “leting” ke-IV.

Suguhan baris berbaris yang rapi indah dan tertib polisi cilik Polda Papua Barat sebagai bentuk pendidikan anak-anak sejak usia dini untuk mencintai polisi, karena polisi adalah sahabat.

Bersama  anggota polisi cilik binaan Polda Papua Barat pada HUT Ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, Kamis (22/9/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN.

‘’Tadi saya lihat polisi cilik itu gambaran, bahwa anak-anak ini dilatih sejak dini, bahkan sangat bagus gerakan-gerakannya, tertib,  indah, dari gerakan-gerakan itu dipelatihan, dilatih gerakan, dik sikap mereka,’’ ujar Kapolda kepada wartawan seusai mengukuhkan dan memberikan apresiasi penampilan polisi cilik.

Kapolda mengatakan, mental polisi dibentuk dari muda, mungkin ada yang bercita-cita jadi anggota kepolisian.

‘’Saya tadi banyak bicara sama anak-anak ini, bahkan mereka ada yang bercita-cita menjadi polisi, Saya mengucapkan terima kasih semua personil Polda Papua Barat yang sudah mempersiapkan polisi cilik, terima kasih kepada sekolah,” tegas Kapolda.

”Terima kasih juga kepada orang tua yang sudah mempersiapkan dan mengijinkan anak-anaknya dilatih (menjadi polisi cilik, red) saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada semua pihak,’’ sambung Irjen Pol Silitonga bangga.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!