Proyek Pembangunan Pelabuhan Laut di Distrik Karas Kabupaten Fakfak Papua Barat Mulai Dikerjakan. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com. PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Upaya Pemerintah Kabupaten Fakfak untuk... Telan Dana Multi Yhears Rp.45 Miliar Lebih, Pelabuhan Laut Distrik Karas di Fakfak Mulai Dibangun

Proyek Pembangunan Pelabuhan Laut di Distrik Karas Kabupaten Fakfak Papua Barat Mulai Dikerjakan. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com.

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Upaya Pemerintah Kabupaten Fakfak untuk membangun pelabuhan laut di Distrik Karas akhirnya mulai terwujud setelah beberapa waktu lalu Pemerintah berlogo buah pala ini menghibahkan lahan seluas 1.504 m2 kepada Kementrian Perhubungan RI.

Dengan penyerahan lahan seluas 1.504 m2 maka saat ini Dirjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan RI melalui pihak kedua (Kontraktor) mulai melaksanakan pembangunan pelabuhan laut di Distrik Karas Fakfak Papua Barat

Dengan dimulainya tahap pembangunan pelabuhan laut di Distrik Karas maka ada harapan besar masyarakat Karas untuk menikmati transportasi laut yang layak dan hasil – hasil pertanian dan perikanan di Karas dapat dengan mudah di kirim ke Fakfak sebagai ibu kota Kabupaten.

Kepala Distrik Karas, Soleman Temongmere, ST, MM, kepada papuadalamberita.com. mengatakan, proyek pembangunan pelabuhan laut di Distrik Karas yang dibiayai Dirjen. Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan saat ini sudah mulai dikerjakan.

“Saat ini pembangunan pelabuhan laut di Karas dengan konstruksi beton sedang dalam pembangunan pemancangan tiang pelabuhan”, tutur

Kepala Distrik Karas, Soleman Temongmere, ST,MM. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com.

Menurut Kepala Distrik Soleman Temongmere, dengan adanya pembangunan pelabuhan laut di Karas disambut baik masyarakat karas karena pelabuhan tersebut akan berfungsi sebagai pelabuhan sentra ekonomi kewilayahan wilayah Timur di Kabupaten Fakfak dan akan mempermudah masyarakat Karas dalam mengirim hasil hasil pertanian maupun hasil laut ke Fakfak.

“Bila nantinya pelabuhan ini berfungsi maka akan meringankan masyarakat Karas ketika mengirim hasil pertanian dan hasil laut ke Fakfak karena selama ini hasil pertanian dan hasil laut yang dibawa ke Fakfak untuk dijual membutuhkan biaya yang cukup besar”, tandas Soleman Temongmere, ST, MM.

Lanjutnya, sesuai perencanaan Pemda Fakfak, bila jalan penghubung Bomberay – Karas kedepan sudah dapat digunakan maka tentunya  pelabuhan laut di Karas yang saat ini dapat dalam tahap pembangunan dapat digunakan untuk mengirim hasil kepala sawit keluar Fakfak.

Pembangunan pelabuhan laut di Distrik Karas dengan panjang 80 meter dengan kontrak multi Yhears dimulai sejak 25 November 2020 hingga 11 Oktober 2021 dengan menelan dana sebesar Rp.45.302.321.362.(RL 07)

 

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *