Panglima TNI, Kabagintelkam Mabes Polri, dan Gubernur Papua Baratm Sabtu (3/3/2021), PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN APUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi... Temui Tokoh Agama, Panglima TNI Minta Umat di Papua Barat Hindari Perpecahan dan Permusuhan

  Panglima TNI, Kabagintelkam Mabes Polri, dan Gubernur Papua Baratm Sabtu (3/3/2021), PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

APUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SI, dan Kepala Bagian Intelijen dan Keamanan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Kabagintelkam Mabes Polri) Komisaris Jenderal Pol Paulus Waterpauw  tatap muka bersama tokoh  lintas agama, Sabtu (3/3201) di Gedung PKK Provinsi Papua Barat, Manokwari.

Dalam pertemuan itu, Panglima TNI mengungkapkan bahwa kedatangannya bersama  untuk bertatap muka dengan tokoh-tokoh lintas agama dan ingin bertemu Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan.

Baca juga: Paulus Waterpauw: Anak-anak Papua itu Luar Biasa, Pemda Punya Tanggungjawab Dampingi Mereka

‘’Kedatangan kami bersama Bapak Komjen Pol Paulus Waterpauw  ingin langsung tempat-tempat ibadah,  apakah sudah melaksanakan SOP kita sampaikan baik itu di TNI maupun Polri,  sehingga pelaksanaan rangkaian ibadah Jumat Agung sampai Minggu Paskah berjalan aman dan damai,’’ ujar Panglima TNI saat pertemuan berama tokoh lintas Aagama, Sabtu (3/3/2021) di Gedung PKK Provinsi Papua Barat.

Menurut Panglima TNI, Ia ingin bersilaturahmi bersama tokoh agama,  tokoh masyarakat , TNI, Polri dan seluruh komponen bangsa termasuk gubernur  yang selama ini sudah setahun tahun tidak ketemu , dan saat inilah bisa berkomunikasi dengan gubernur.

‘’Saya ingin menyampaikan,  perkembangan terakhir terjadinya insiden bom bunuh diri di Makassar dan terjadinya suatu peristiwa di Mabes Polri. Oleh sebab itu kita TNI-Polri sangat penting untuk melaksanakan tindakan,  yaitu mengantisipasi terjadinya gangguan yang tidak dinginkan,  yaitu dengan menggerakkan kekuatan TNI dan Polri di titik-titik terpilih yang kita sebutkan Kotis sesuai dengan informasi intelijen yang kita miliki,‘ kata Panglima TNI.

Lanjut Panglima TNI, berdasarkan perintah presiden,  bahwa TNI dan Polri agar meningkatkan kewaspadaan dan perkuatan untuk mengamankan lokasi yang memiliki kerawanan tinggi terjadinya gangguan keamanan, seperti gereja dan pusat-pusat keramaian .

‘’Oleh sebab itu kita, bertindak mulai hari Kamis atas perintah bapak presiden,  kita melaksanakan peninjauan mulai dari Jakarta, Makassar dan hari ini (sabtu, red) ada di Manokwari Papua Barat,’’ sebut Hadi Tjahjanto.

Disampaikan Panglima, bahwa tokoh agama adalah komponen bangsa untuk membentuk karakter dan menjaga kerukunan di bumi nusantara.

“Tokoh agama mampu membentuk karakter sumber daya manusia yang unggul,” ucap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Apa yang disampaikan Gubernur Papua Barat, bahwa Manokwari memiliki nilai historis,  karena pertama kali Injil masuk ke tanah Papua melalui Pulau Mansinam pada tahun 1855.

‘’Oleh karena itu,  menjadi sangat penting kunjungan saya dengan Kabagintelkam Mabes Polri  dalam rangkaian kegiatan Paskah tahun 2021 yaitu kita kunjungi adalah di Provinsi Papua Barat,’’ sebut Panglima TNI.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SI. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Lanjut Panglima, tokoh agama di Papua Barat dan Papua penting dalam mengambil peran  sebagai perekat dan pemersatu masyarakat,  dengan aktiv ikut menciptakan situasi kondisi yang kondusif,  tenang, damai dan penuh persaudaraan.

‘’Saya mengimbau seluruh umat beragama tetap menjaga komitmen persatuan dan kesatuan. Dan menghindari sikap, perilaku yang mengarah terjadinya perpecahan dan permusuhan,’’ pesan Pangliman.

‘’Sebab itu komunikasi, koordinasi, dan sampai pada kolaborasi antara tokoh masyarakat,  tokoh agama, tokoh pemuda dan komponen bangsa yang lain untuk tetap berkoordinasi berkomunikasi dengan jajaran TNI dan Polri,’’ tutur jenderal bintang empat ini.

Menurut Marsekal  Hadi Tjhajanto, bahwa tokoh agama, tokoh masyarakat sebagai penyambung lidah masyarakat,  apabila ingin menyampaikan sesuatu kepada pimpinan tertingginya , contohnya pemerintah daerah, mungkin dia menyampaikan kepada TNI atau Polri, bapak-bapak bagian dari tugas yang diberikan masyarakat.

‘’Dalam suasana Paskah ini marilah kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan, jaga persaudaraan untuk menyongsong dan mengiringi hari-hari ke depan dengan iringan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang semoga pandemi COVID 19 dapat segera berakhir,’’ tambah Hadi Tjahjanto.

Lanjut Panglima, semoga tidak ada lagi gangguan seperti yang terjadi di Makassar maupun di Mabes Polri agar negeri ini tetap damai serta harmoni dan terus diwujudkan di Indonesia di tanah Papua.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *