Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr Tornagogo Sihombing, SIK, MSI saat menerima laporan kenaikan pangkat dari perwira senior, Kombes Pol Adam Erwindi, SIK, MH,... Tiga Melati Mekar di Pundak Adam Erwindi, SIK, MH

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr Tornagogo Sihombing, SIK, MSI saat menerima laporan kenaikan pangkat dari perwira senior, Kombes Pol Adam Erwindi, SIK, MH, Senin 4 Januari 2021 pada upacara korps raport Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA FOTO: RUSTAM MADUBUN

 

Kombes Pol Adam Erwindi, SIK, MH. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM AMDUBUN

 PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI –  Kepoliasan Daerah (Polda) Papua Barat dibentuk 19 Desember 2014 sebagai Polda Tipe B. Tujuh tahun perjalanan ada peningkatan tipe, Kapolri melalui surat telegram bernomor: 1.189 tahun 2020 yang disetujui Kemenpan RB, Polda Papua Barat menjadi tipe A efektif 22 April 2020.

Perubahan tipologi  ikut merubah kepangkatan dari pucuk pimpinan hingga satuan kerja (Satker), Kapolda dijabat jenderal bintang dua, Wakapolda menjadi Brigjen, pejabat Satker yang mengalami penyesuaian pangkat satunya kepala bidang (Kabid) hubungan masyarakat (Humas) Polda Papua Barat, AKBP Adam Erwindi, SIK, MH yang naik pangkat menjadi komisaris besar polisi (Kombes Pol).

Terlepas dari jabatan Kabid Humas, sebagai jabatan prestisius di institusi Polri yang tidak lagi dua melati untuk Polda, jabatan itu kini ditempati perwira dengan tiga melati dipundaknya,  secara hirarki  dalam kepangkatan, jabatan dan masa pengabdian Adam Erwindi yang lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1999 mumpuni untuk mengalami kenaikan pangkat.

Terkait itu Polda Papua Barat menggelar upacara korps raport kenaikan pangkat, Senin (4/1/2021) yang dilaksanakan di Arfak Convention Hall Polda Papua Barat.

Kombes Pol Ada Erwindi, SIK, MH saat menjabat Kapolres Manokwari menerima piagam penghargaan dari Kementerian  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Brokrasi atas prestasinya sebagai unit kerja pelayanan Polres Manokwari berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada 10 Desember 2020 di Jakarta. PAPUADALAMBERITA. FOTO: ALBUM FACEBOOK ADAM ERWINDI

Pada korops raport Polda Papua Barat di awal tahun 2021 Ada Erwindi bersama  685 anggota Polri di Polda Papua Barat dan jajarannya yang terdiri dari empat perwira berpangkat Kombes  yang mengalami kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Upacara korps raport dipimpin Kapolda Papua Barat, Irjen Pol DR Tornagogo Sihombing, SIK, MSI diikuti Wakapolda Papua Barat, Brigjen Pol Petrus Patrige Renwarin, SH, MSI, Irwasda, Kombes Pol Agus Budi Karyanto, Karoops Kombes Pol Tri Atmodjo, pejabat utama Polda Papua Barat perwira dan anggota yang mengalami kenaikan pangkat.

Irjen Polisi Tornagogo Sihombing yang ditemui wartawan seusai acara korps raport,  mengatakan terima kasih di awal tahun 2021 Polda Papua Barat telah melakukan korps rapot kenaikan pangkat anggota Polri di Polda Papua Barat, pada Senin pagi ini.

Kapolda Papua Barat, didampingi Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol Adam Erwindi, SDM Polda Papua Barat, Kepala SPN Papua Barat saat ditemui wartawan seusai korps raport, Senin (4/1/2020). di Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

”Puji Tuhan, Puji syukur kita bisa melaksanakan korps raport kepada anggota-anggota kami yang memang saat ini sudah sesuai dengan ketentuan dari Mabes Polri yaitu sebanyak 201 di Satker Polda Papua Barat, dan 685 untuk Polda Papua Barat dan jajarannya mulai dari yang pangkat Kombes,  AKBP sampai tamtama, ujar Kapolda yang didampingi Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol Adam Erwindi, SIK, MH.

Jenderal bintang dua ini mengatakan, kenaikan ini karena prestasi prestasi mereka,  dilihat dari rekam jejak mereka dan layak untuk dinaikkan pangkatnya.

”Saya mengimbau kepada seluruh anggota baik yang sudah naik pangkat maupun belum naik pangkat, korps raport ini menjadi penyemangat, motivasi  buat semua untuk bekerja lebih maksimal, kita kemarin sudah melaksanakan seluruh agenda kegiatan masyarakat, yang terakhir pengamanan perayaan natal dan tahun baru, termasuk pengamanan Pilkada kita melaksanakan dengan aman di tahun 2020,  ini semua hasil dedikasi dan kinerja seluruh anggota bersama-sama dengan masyarakat,” tambah Tornagogo Sihombing.

Adapun korps raport kenaikan pangkat kali ini merupakan kenaikan pangkat penghargaan dedikasi dan kinerja personel Polri yang tertuang dalam Keputusan Kapolri nomor: STR/900/XII/KEP/2020 tanggal 14 Desember 2020 tentang kenaikan pangkat penghargaan.

Kombes Pol Adam Erwindi, SIK, MH saat tergabung dalam Satgas Nemangkawi di Mapunduma, Timika Papua. PAPUADALAMBERITA. FOTO: ALBUM FACEBOOK ADAM ERWINDI

Kapolda juga memberikan selamat dan terima kasih kepada personelnya yang naik pangkat atas dedikasinya kepada Polri.

Kombes Pol Adam Erwindi, sebelum menjabat Kabid Humas Polda Papua Barat, mantan Kapolres Manokwari ini juga adalah  Wakil Direktur Kriminal Khusus (Wadir Krimsus) Polda Sulawesi Utara.

Adam merupakan perwira polisi lulusan PTIK angkatan 44 tahun 2006 pernah bergabung dalam Satgas Nemangkawi yang dipimpin seniornya lulusan Akpol dengan predikat Adhi Makayasa tahun 1990, Irjen Pol Herry Rudolf  Nahak, mantan Kapolda Papua Barat yang kini menjabat Kapolda Kalimantan Timur.

Bertugas di ujung timur Indonesia, Papua Barat, bagi Kombes Pol Adam, bukan hal baru, dari tangan dingin dan ketegasan memimpin dua Polres, yaitu sebagai Kapolres Kaimana dan Kapolres Manokwari, ia membawa dua institusi itu merengkuh piagam penghargaan dari Kementerian  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Brokrasi atas prestasinya sebagai unit kerja pelayanan berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

 Kombes Pol Adam Erwindi (pertama dari kanan) bersama tim Molo Manokwari sebelum menjelajahi keindahan terumbu karang bawa laut. PAPUADALAMBERITA. FOTO: ALBUM FCEBOOK ADAM ERWINDI

Kini Ia mencatat sejarah dalam lembaran Polda Papua Barat, Adam merupakan Kabid Humas Polda Papua Barat pertama berpangkat Kombes, tiga Kabid Humas sebelumnya berpangkat ajun komisaris besar polisi, yaitu: AKBP Johan Harapan Sitorus, AKBP Hari Supriyono, AKBP Mathias Krey.

Kepada papuadalamberita.com, perwira polisi yang hobi traveling, menyelam dan bersepada ini mengaku bersukur atas amanah yang diberikan Allah SWT kepadanya.

‘’Insallah dapat menjalankan amanah ini untuk lebih semangat dalam tugas sehari-hari dan dapat mendedikasikan diri kepada institusi, masyarakat, bangsa dan negara,’’ jelas Kombes Pol Adam Erwindi Singkat.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *