Papua Barat

Wagub Papua Barat: Pergub Pangan Lokal Tinggal Dirapikan

107
×

Wagub Papua Barat: Pergub Pangan Lokal Tinggal Dirapikan

Sebarkan artikel ini

Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, SH, MSI. PAPUADALAMBERITA. FOTO: rustam madubun

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Harapan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat agar Papua Barat memiliki Peraturan Gubernur (Pergub) terkait konsumsi pangan lokal sebagai hidangan utama disetiap kegiatan serimonial, pemerintaham BUMN segera akan terwujud, Pergub tersebut ternyata sudah ada tinggal disempurnakan saja.

Baca juga: Pekan Sagu Nusantara,  Wagub Papua Barat: Sagu harus Jadi Makanan utama Acara Formal

‘’Draf daripada Pergubnya sudah disiapkan tinggal dirapikan, ada beberapa item-item yang perlu dirapikan kalau sudah selesai akan ditandatangani oleh gubernur,  dan setelah itu kita minta supaya benar-benar pangan lokal menjadi makanan utama dalam setiap kegiatan seremonial di Papua Barat,’’ ujar Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad lakotani SH, MSi kepada wartawan seusai  acar “Pekan Sagu Nusantara 2020” di Kantor Gubernur Papua Barat.

Pergub kelak akan menjadi regulasi pengembangan pangan lokal sagu dalam sajian disajikan hidangan dan menjadi produk unggulan makanan.

Wakil Gubernur Papua Barat berharap kegiata  Pekan Sagu Nusantara dengan tageline  “Sagu untuk Indonesia Maju”  dan “Sagu Papua Barat Makanan Sehat”  bukan kegiatan yang terakhir,  ini menjadi momentum untuk benar-benar potensi hutan sagu yang luar biasa luasannya sangat signifikan di Papua Barat ini dijadikan sebagai lumbung pangan dan pangan lokal yang benar-benar sehat dan mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat pengelola sagu,  masyarakat petani sagu,  masyarakat yang hidup bersama-sama di lingkungan hutan sagu.

‘’ Tentu saya berharap kegiatan “Pekan Sagu Nusantara”  ini tidak berhenti hanya pada kegiatan seremonial  seperti kegiatan hari ini (selasa 20/10/2020) dalam rangka pencanangan pekan sagu nusantara, ‘’ tegas Wagub Papua Barat.

Mohamad Lakotani melanjutkan, bahwa  kegiatan selanjutnya substansi daripada apa yang dilakukan pada Selasa ini kelanjutannya yang kemudian di harapkan benar-benar ditindaklanjuti.

‘’Sehingga betul-betul upaya yang kita lakukan dalam rangka mengangkat harkat martabat, kesejahteraan daripada masyarakat kita,  kemudian masyarakat adat yang hidup di sekitar hutan hutan sagu benar benar-benar bisa terangkat kesejahteraan mereka,’’ ujar wagub.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!