Papua Barat

Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 Papua Barat Lancar, Aman

371
×

Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 Papua Barat Lancar, Aman

Sebarkan artikel ini
Ketua KPU Papua Barat memimpin rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat Papua Barat di KPU Papua Barat, Sabtu (9/3/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA

PAPUADLAMBERITA.COM- Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi penghitungan perolehan suara KPU Provinsi Papua Barat di Aula Husni Kamil Manik, Sabtu (9/3/2024) terpantau berjalan lancar dan aman.

Rapat pleno merupakan tahapan penting proses demokrasi menentukan hasil akhir pemilihan umum2024

Dalam rapat pleno dihadiri Komisi Pemilihan Umum (KPU) beserta jajarannya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Banwaslu), perwakilan peserta pemilihan dari berbagai partai politik dan saksi-saksi dari masing-masing calon kandidat, terlihat kerjasama yang baik dalam menjalankan proses penghitungan suara.

Rapat pleno ini dilaksanakan untuk melakukan penghitungan suara secara transparan dan menghasilkan rekapitulasi suara yang akurat.

Proses penghitungan suara dilakukan berdasarkan formulir Model C1 yang diperoleh dari masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah provinsi.

Sesuai dengan aturan, rapat pleno ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi yang memberikan arahan dan penjelasan mengenai proses yang akan dilakukan. Setelah itu, dilakukan penghitungan suara dengan diawasi oleh Panwaslu dan saksi-saksi dari peserta pemilihan.

Dalam rapat pleno kali ini, terlihat ketelitian dari semua pihak yang terlibat dalam proses rekapitulasi suara.

Semua formulir Model C1 diperiksa dengan seksama dan jumlah suara yang tertera diverifikasi ulang untuk memastikan tidak terjadi kesalahan atau kecurangan.

Ketua KPU Papua Barat Paskalis Semunya menyampaikan, bahwa rapat pleno merupakan komitmen KPU dan Bawaslu menjalankan proses pemilihan dengan jujur, adil, dan transparan.

Keamanan rapat pleno juga dijaga dengan ketat oleh aparat kepolisian untuk mencegah terjadinya gangguan atau ketegangan yang dapat mempengaruhi integritas hasil penghitungan.

Berjalan lancar dan amannya rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara provinsi ini, diharapkan masyarakat dapat percaya sepenuhnya pada hasil akhir pemilihan umum dan terus mendukung proses demokrasi di Papua Barat.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!