Papua Barat

Bawaslu Papua Barat Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemungutan, Penghitungan Suara Pemilu 2024

2099
×

Bawaslu Papua Barat Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemungutan, Penghitungan Suara Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua Bawaslu Papua Barat Elias Idie selaku inspektur upacara pada Apel Siaga yang dipusatkan di Lapangan Brawijaya Manokwari, Jumat (9/2/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Badan Pengawas Pemiliha Umum (Bawaslu) Provinsi Papua Barat, menggelar apel siaga Pengawasan, Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Papua Barat Elias Idie selaku inspektur upacara pada Apel Siaga yang dipusatkan di Lapangan Brawijaya Manokwari, Jumat (9/2/2024).

Apel dihadiri Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap, Kapolda Papau Barat Irjen Pol Jhonny Edizon Isir, MTCP, Plt Asisten I Setda Papua Barat Otto Mayor, Kabinda Papua Barat, Fasharkan, perwakilan Kajati Papua Barat, Ketua KPU Papua Barat Pasakalis Semunya, Kapolresta Manokwari, Ketua FKUB Papua Barat.

Peserta apel siaga diantaranya Bawaslu Kabupaten, Pengawasa Distrik, Pengawas TPS, perwakilan organisasi, dan partai.

Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat dalam arahannya menegaskan, pengawas TPS diberikan mandat secara otoritas, dan Bawaslu akan memastikan, bahwa pelaksanaan dan pemungutan akan berjalan jujur (fair) atau tidak, pengawas TPS lah yang akan menentukan proses itu benar atau tidak.

Oleh karena itu, Ketua Bawaslu Papua Barat menegaskan, Bawaslu telah melaksanakan tugas secara maksimal secara maksimal kurang lebih 75 hari.

‘’Bawaslu akan berdiri di depan atau tidak. Oleh karena itu Mari kita tunjukkan, kita buktikan setelah tanggal 10 tanggal 11, tanggal 12 dan tanggal 13 jajaran kita melakukan patroli pengawasan selama tiga hari itu,’’ jelas Ketua Bawaslu.

Ketua Bawaslu Papua Barat, Kapolda Papua Barat, Pangdam XVIII/Kasuar pada Apel Siaga yang dipusatkan di Lapangan Brawijaya Manokwari, Jumat (9/2/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

‘’Tugas kita yang berikutnya (pada tanggal 11), kita pastikan atribut partai politik di tujuh (7) Kabupaten satu pun tidak boleh ada di depan mata public, kita harus bersihkan itu,’’ tegas Elias Idie.

Ia mengatakan, Itulah bagian yang Bawaslu harus tunjukan, 14 Februari 2024 pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di Papua Barat tidak hanya sukses tetapi harus berkualitas.

‘’Data kita menunjukkan, kampanye yang dilakukan peserta Pemilu baik partai politik dan calon legeslatif, serta penyebaran bahan kampanye jauh lebih dominan, ketimbang kampanye rapat umum tatap muka, pertemuan terbatas,’’ kata Ketua Bawaslu.

Meurut Ketua Bawaslu, ada calon legeslatif yang tidak pasang baliho alat peraga, pertanyaannya, apakah mereka akan menggunakan kampanye bentuk lain untuk menuju tanggal 14 Februari?

Apel Siaga Pengawasan Pemungutan, Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Lapangan Brawijaya Manokwari, Jumat (9/2/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

‘’Kita wajib curiga, dan saya ingatkan ke teman-teman jadilah pengawas pemilu, yang hanya bekerja sesuai undang-undang,  tidak bekerja kepada siapa-siapa,’’ jelas Ketua Bawaslu.

Sehingga, Ia berharap, Bawaslu dan jajarannya boleh berkompromi, tetapi berkompromi dengan aturan.

‘’Kita harus memberikan penghormatan kepada pemilih yang sudah antri dari jam 07.00 sampai dengan jam 01.00 siang, mereka mau menitipkan satu suara untuk orang-orang terbaik mereka, untuk memimpin negeri dan bangsa ini,’’ ujarnya.

Elias Idie mengingatkan jajrannya, bahwa  jangan ada yang berpikir untuk manipulasi administrasi, karena nanti kekecewaan peserta Pemilu bukan karena Ia kalah, tetapi karena Ia dikalahkan, Ia kecewa penyelenggara ternyata berpihak pada calon tertentu, Itu Ia ingatkan kepada anggotanya.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *