Papua Barat

Di Hari Jadi Ke – 121, Bupati Untung Tamsil Ajak Masyarakat Wujudkan Fakfak Tersenyum

71
×

Di Hari Jadi Ke – 121, Bupati Untung Tamsil Ajak Masyarakat Wujudkan Fakfak Tersenyum

Sebarkan artikel ini

Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos, M.Si (Kanan) dan Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, SE, MM (Kiri) Pada Peringatan Hari Jadi Kota Fakfak Ke- 121. Selasa 16 November 2021. FOTO : RICO LET’s./PAPUADALAMBERITA.COM.

Dari Kiri : Wakil Bupati Kaimana Hasbullah Furada, Wakil Ketua MRPB Cyrillus Adopak, Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Bupati Fakfak Untung Tamsil dan Wakil Ketua DPRD Fakfak Isakandar Tassa, Usai Rapat Paripurna DPRD Fakfak Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kota Fakfak Ke- 121 di Gedung Sidang DPRD Fakfak. Selasa 16 November 2021. FOTO : RICO LET’s./PAPUADALAMBERITA.COM.

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Hari Jadi Kota Fakfak Ke- 121 yang diperingati masyarakat Fakfak pada 16 November 2021, DPRD Fakfak menggelar Rapat paripurna dalam rangka memperingati hari jadi Kota Fakfak Ke -121 Tahun 2021.

Rapat paripurna tersebut berlangsung di gedung sidang utama DPRD Fakfak, hadir dalam rapat paripurna tersebut, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Wakil Ketua MRPB Cyrillus Adopak, SE, MM, Wakil Bupati Fakfak Yohana Dinas Hindom, SE, MM. Wakil Bupati Kaimana Hasbullah Furuada, Forkopimda Fakfak, Sekda Fakfak Drs. Ali Baham Temongmere, MTP dan sejumlah Kepala OPD termasuk tokoh adat dan tokoh agama serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos, M.Si, di gedung DPRD Fakfak ketika membacakan sambutan tertulisnya mengatakan, peringatan Hari Jadi Kota Fakfak Ke- 121 yang berlangsung hari ini (Selasa 16/11/2021) mengusung tema “Dengan HUT Kota Fakfak Ke- 121 Kita Wujudkan Fakfak Tersenyum (Terdepan, Sejahtera, Nyaman, Unggul, Mandiri).

Bupati Untung Tamsil mengatakan, tema Hari Jadi Kota Fakfak Ke- 121 tersebut merupakan perwujudan dari visi – misi kami berdua (Bupati Untung Tamsil dan Wakil Bupati Yohana Dina Hindom) yang telah menjadi visi Pemkab Fakfak yang telah tertuang dalam RPJMD tahun 2021 – 2026 yang telah ditetapkan dengan peraturan daerah (Perda) oleh DPRD Fakfak pada tanggal 25 Oktober 2021.

Karena itu Untung Tamsil, berharap agar visi misi Fakfak Tersenyum dapat diwujudkan seluruh element masyarakat Fakfak tanpa memandang suku, agama maupun golongan serta kepentingan politik lainnya dengan dilandasi semangat semboyan “satu tungku tiga batu, Satu Hati Satu Saudara, Idu Idu Maninina Jo Jo”.

“Visi misi Fakfak Tersenyum dapat kita wujudkan jika seluruh element masyarakat dapat bersatu padu tanpa memandang suku, agama, maupun golongan serta kepentingan politik dengan dilandasi semangat semboyan satu tungku tiga batu, Satu Hati Satu Saudara, Idu Idu Maninina Jo Jo,” ajak Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos, M.Si, dari mimbar sidang gedung DPRD Fakfak, Selasa (16/11/2021).

Menurutnya, bila seluruh element masyarakat bersatu padu mewujudkan visi misi Fakfak Tersenyum  maka tentunya pembangunan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Fakfak akan terlaksana akan mencapai hasil diharapkan bersama.

Lanjutnya, Fakfak saat ini telah memasuki usai ke 121 tahun, dimana dengan menapaki sejarah panjang bahkan telah dikenal sejak jaman kerajaan Majapahit hingga kolonial Belanda, dimana Fakfak merupakan salah satu pusat Pemerintahan pertama di tanah Papua

Karena itu, dengan Hari Jadi Kota Fakfak Ke- 121 saat ini harus dijadikan momentum penting dan strategis untuk melakukan refleksi serta kompetalasi terhadap capain – capaian hasil pembangunan pada tahun – tahun sebelumnya serta apa yang belum dicapai dan menjadi tantangan kedepan yang perlu ditangani bersama dan diselesaikan pada tahun – tahun mendatang.

Kata Untung Tansil, ditahun pertama kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Yohana Dina Hindom yang bertepatan dengan penyusunan RPJMD Pemkan Fakfak tahun 2022 sesuai pembangunan jangka menengah daerah tahun 2021 – 2026 maka sesuai visi – misi, arah kebijakan serta program pembangunan 5 tahun kedepan, Pemkab Fakfak telah menetapkan program unggulan sebagai berikut :

1.Pengambangan pariwisata secara terintegrasi.

  1. Pembangunan jaringan air bersih (Fakfak Banjir)
  2. Penyediaan kebutuhan listri secara merata melalui program Fakfak Terang.
  3. Penyediaan akses dan layanan kesehatan gratis melalui program kartu Fakfak Tersenyum.
  4. Program pengembangan ekonomi produktif melaluyi penguatan UMKM dan Koperasi dan penguatan terhadap Bungkam.
  5. Program bantuan 1.500 bea siswa bagi pelajar putra/putri Fakfak dan juga asal Fakfak.
  6. Program gerbang Fajar (Gerakan Membangun Fakfak Sejahtera).
  7. Program Fakfak Interkonektifitas

Dari visi misi serta program unggulan tersebut, diharapkan keseluruhan tahapan dan proses pembangunan tersebut dapat dilakukan secara efektif serta terciptanya sinergitas yang baik oleh seluruh pemangku kepentingan sehingga hasil pembangunan dapat dirasakan masyarakat serta kemajuan pembangunan Kabupaten Fakfak menuju Fakfak tersenyum, tegas Untung Tamsil, di ruang sidang utama DPRD Fakfak pada rapat paripurna DPRD Fakfak dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Fakfak Ke- 121.(RL 07)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *