Papua Barat

Ikan Paus Terdampar di Pantai Tunasgain, Kasat Polairud Polres Fakfak : Masih Dilakukan Upaya Evakuasi

56
×

Ikan Paus Terdampar di Pantai Tunasgain, Kasat Polairud Polres Fakfak : Masih Dilakukan Upaya Evakuasi

Sebarkan artikel ini

Kasat Polrairud Polres Fakfak IPTU. Arief Usman Rumra, S.Sos (Kanan) Bersama Tim Penyelamat Sedang Berupaya Evakuasi IKan Paus Yang Terdampar di Kampung Tunasgain Fakfak Timur Kembali Ke Habitatnya. Selasa 16 November 2021. FOTO : Polairud Polres Fakfak./PAPUADALAMBERITA.COM.

Menggunakan Kapal Patroli C3 KP- 1014 Tim Penyelamatan Berupaya Evakuasi Ikan Paus Dari Pesisir Pantai Tunasgain Fakfak Timur Kembali Ke Habitatnya. Selasa 16 November 2021. FOTO : Polairud Polres Fakfak./PAPUADALAMBERITA.COM.

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Selasa (16/11/2021) sekitar kurang lebih kurang lebih  jam 14.00 wit , warga kampung Tunasgain Ditrik Fakfak Timur menemukan seokor ikan paus dalam kondisi hidup terdampar di pantai kampung tersebut.

Penemuan Ikan paus dengan panjang 12 meter lebih dengan lebar kurang lebih 1,20 meter yang terdampar itu langsung dilaporkan Kapolsek Fakfak Timur IPTU.  F. Evo Kretes Woff yang diterima Polairud Polres Fakfak.

Demikian dikatakan Kasat. Polairud Polres Fakfak, IPTU. Arief U Rumra, S.Sos, dalam rilisnya yang diterima papuadalamberita.com. terkait penemuan ikan paus yang terdampar di Kampung Tunasgain Distrik Fakfak Timur pada Selasa (16/11/2021.

IPTU. Arief U Rumra, S.Sos, mengatakan, sejak diterimanya laporan penemuan ikan paus yang terdampar maka tim evakuasi yang dipimpinnya langsung bergerak ke kampung Tunasgain untuk melakukan upaya penyelamatan mamalia laut jenis ikan paus itu.

Menurutnya, tim penyelamatan ikan paus yang dipimpinnya terdiri dari perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Fakfak, perwakilan dari CII, perwakilan dari KPHP, perwakilan dari Mahasiswa Perikanan, perwakilan dari Wartawan dan anggota  Sat. Polairud Polres Fakfak langsung mendatangai lokasi kejadian untuk melakukan upaya evakuasi penyelamatan ikan paus itu.

Tim Penyelamat Sedang Berupaya Evakuasi Ikan Paus Yang Terdampar di Pesisir Pantai Tunasgain Kembali Ke Habitatnya. Selasa 16 November 2021. FOTO : Polairud Polres Fakfak./PAPUADALAMBERITA.COM. 

Dikatakannya, kurang lebih sekitar jam 15.00 WIT,  tim gabungan evakuasi tiba di pesisir pantai Kampung Tunasgain dan langsung mengambil tindakan pengecekan kondisi ikan paus, pengukuran ikan Puas dengan panjang kurang lebih 12,20 meter dan lebar kurang lebih 1,20 meter dan langsung melakukan upaya evakuasi ikan paus tersebut dengan mengikat tali dibagian sirip dan ditarik menggunakan kapal Polisi milik Polairud C3 KP- 1014 yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam.

Namun upaya evakuasi penyelamatan ikan paus selama 2 jam,  yang terdampar di pesisir pantai Kampung Tunasgain  terkendala kondisi air yang surut sehingga tim evakuasi yang dipimpinlangsung Kasat Polairud Polres Fakfak, IPTU. Arief U Rumra, memutuskan untuk kembali ke Mako Sat, Polairud Polres Fakfak pada jam 17.00 Wit, tukas IPTU. Arief Rumra, dalam rilisnya persnya.

Hingga berita ini diturunkan papuadalamberita.com. pada Rabu (17/11/2021), tim penyelamatan yang dipimpin IPTU. Arief Rumra, S.Sos, selaku Kasat. Polairud Polres Fakfak dikhabarkan telah kembali ke pesisir pantai Kampung Tunasgain untuk melakukan upaya evakuasi penyelamatan ikan paus tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Fakfak, Erwin C.D. Dahetapy, A.Pi, M.Si, yang dihubungi papuadalamberita.com. by kontak WhatsAap, (Rabu 17/11/2021), membenarkan penemuan ikan paus yang terdampar di pantai Tunasgain Fakfak Timur pada Selasa (16/11/2021).

Namun menurut Erwin Sahetapy, jenis ikan paus yang terdampar tersebut belum diketahui karena saat ini upaya penyelamatan ikan paus itu masih terus dilakukan Tim penyelamat yang dipimpin langsung Kasat. Polairud Polres Fakfak, IPTU. Arief U. Rumra, S.Sos.

“Sampai hari ini (Rabu 17/11/2021) tim penyelamat masih berupaya untuk evakuasi ikan paus tersebut kembali ke habitatnya”, tutur Erwin Sahetapy, ketika dibungi media onlinen ini.(RL 07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *