Papua Barat

Gubernur Ali Baham Ajak Warga Maknai 169 Tahun Injil Masuk Papua, Bawa Pesan Damai Bagi Semua

988
×

Gubernur Ali Baham Ajak Warga Maknai 169 Tahun Injil Masuk Papua, Bawa Pesan Damai Bagi Semua

Sebarkan artikel ini
Sambutan penjabat Gubernur Papua Barat DR DRS Ali Baham Temongmere MTP pada peringatan HUT Ke-169 Injil Masuk Papua di Pulau Mansinam, Senin (5/2/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADLAMBERITA.

PAPUDAALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Mansinam, adalah pulau kecil di Teluk Doreh di wilayah ibukota Papua Barat.

Baca juga: Velix Bawa Pesan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Sampaikan Selamat HUT Ke-169 Injil Masuk Papua

Ratusan pohon kelapa yang menghiasi pinggir pantai berpasir putih dan berbukit hijau menjadi pemandangan biasa dijumpai di Mansinam.

‘’Memang keistimewaan ini bukan pada panorama alamnya melainkan sisi sejarahnya,’’ ucap Penjabat Gubernur Papua Barat DR DRS Ali Baham  Temongmere, MTP pada perayan HUT Ke-169 Injil masuk di Tanah Papua di Pulau Mansinam Senin (5/2/2024).

‘’Mansinam adalah saksi hidup kedatangan misionaris untuk mengabarkan kabar baik dalam injil dan mengajarkan kita tentang peradaban yang mengarahkan kita kepada terang yang sejati,’’ sambung Haji Ali Baham Temongmere (ABT).

Ia mengatakan, pada 5 Februari 1855, Misionaris Jerman Carl Wilhelm Ottouw dan Johann Gottlob Geissler menginjakkan kaki di pulau mansinam, setelah sebelumnya melakukan ekspedisi pelayaran dan singgah di Batavia, Makasar, serta Ternate.

‘’Peninggalan bersejarah terkait keberadaan Ottouw-Geissler yang dapat ditemui di Pulau Mansinam adalah sebuah salib tugu peringatan masuknya injil di Tanah Papua dengan doa sulung “Dengan Nama Tuhan Kami Menginjak Tanah Ini,” ujar Gubernur mengutip doa ulsulung.

Selaku gubernu, Ali Baham menyebut, Tanah Papua terbuka bagi siapa saja yang ada diatas tanah ini dan menjadi berkat untuk semua, terbukti dan terlihat dari yang hadir saat ini adalah “buah-buah injil” yang manis dan diberkati untuk menjadi berkat bagi setiap orang.

Untuk itu Ia mau berpesan kepada semua:

Momentum Perayaan Hari Pekabaran Injil 169 tahun adalah ungkapan yang harus disyukuri dan dalam kebersamaan ini bersama-sama harus menjadi berkat diatas tanah Papua agar selalu diberkati.

Penjabat Gubernur Papua Barat DR DRS Ali Baham Temongmere MTP menyerahkan satu unit mobil operasional untuk Pulau Mansinam pada peringatan HUT Ke-169 Injil Masuk Papua di Pulau Mansinam, Senin (5/2/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADLAMBERITA.

‘’Rasa syukur di Hari Pekabaran Injil ke 169 di Tanah Papua kita bersama-sama pula menjaga kebersamaan, kekeluargaan dan pelayanan kita kepada semua orang sebagai cermin kasihnya kepada kita,’’ kata Dia.

Perayaan hari pekabaran injil ke 169 di Tanah Papua ini mengusung pesan Wartakan Injil, Damaikan Bumi.

Sehingga Ia mengatakan, mari semua menjadi pembawa pesan damai bagi semua orang, dalam segala situasi,terlelbih khusus dalam pesta demokrasi yag akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang, biarlah Mansinam menjadi titik awal mengkabarkan pesan damai bagi semua orang.

‘’Kepada kita semua yang hadir disaat ini, saya sampaikan selamat merayakan hari Pekabaran Injil Ke 169 di Tanah Papua Tahun 2024. Tuhan membekati kita sekalian, Amin,’’ sebutnya.

Pada kesempatan itu, penjabat Gubernur Papua Barat atas nama Pemda Papua Barat memberikan bantuan satu unit mobil kepada Pulau Mansinam, Penjabat Gubernur Papua Tengah, Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, masing-masing menyumbang dana kepada Mansinam senila satu miliar rupiah.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *