Papua Barat

Irwasda Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2024, Keselamatan Prioritas, Incar 7 Pelanggaran Ini

280
×

Irwasda Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2024, Keselamatan Prioritas, Incar 7 Pelanggaran Ini

Sebarkan artikel ini
Print
  • Irwaspada Polda Papua Kombes Pol Subandi,SIK., MH menyematkan pita tanda operasi dimulai kepada anggota TNI, Polri dan perwakilan Perhubungan pada saat memimpin Apel Gelar Pasukan Oerasi Zebra Mansinam 2024 di Polda Papua Barat, Senin (14/10/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Mewakili Pimpinan Polda Papua Barat, Irwaspada Polda Papua Kombes Pol Subandi,SIK., MH memimpin Apel Gelar Pasukan Oerasi Zebra Mansinam 2024 di Polda Papua Barat, Senin (14/10/2024).

Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat menggelar Operasi Zebra Mansinam 2024 mulai Senin (14/10) hingga Ahad (27/10), dengan mengedepankan pendekatan edukatif, persuasif dan humanis dengan keselamatan menjadi prioritas utama.

Operasi yang digelar selama 14 hari itu mengincar tujuh pelanggaran prioritas diantaranya:

Drirektorat Lalu Lintas Polda Papua Barat menyebutkan Operasi Zebra mulai digelar 14 – 27 Oktober 2024 .

DENGAN PELANGGARAN PRIORITAS:

  1. Penggemudi dilarang menggunakan handphone saat berkandaraan/ bermotor.
  2. Pengemudi kendaraan bermotor masih di bawa umur.
  3. Pengendaran roda dua berboncengan lebih dari satu orang.
  4. Pengemudi roda empat atau lebih banyak menggunakan safety belt dan pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm.
  5. Mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alcohol.
  6. Pengemudi yang melawan arus lalu lintas.
  7. Kelengkapan kendaraan dengan menggunakan knalpot tidak sesuai spektek/bising dan kendaraan tidak menggunakan plat nomgr/TNKB.

“Operasi Zebra 2024 harus kedepankan edukatif, persuasif, humanis, serta dengan penegakan hukum,” kata Irwasda kepada peserta apel gelar pasukan di Polda Papua Barat Senin (14/10/2024).

Irwasda berharap Operasi Zebra yang meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan di Papua Barat.

‘’Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Mansinam-2024 ini mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis, di dukung penegakkan hukum secara elektronik (etle) baik statis maupun mobile dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,’’ ujar Irwasda Polda Papua Barat.

‘’Melakukan deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi/tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran dan laka lantas,’’ sambung Irwasda.

  • Irwaspada Polda Papua Kombes Pol Subandi,SIK., MH saat memimpin Apel Gelar Pasukan Oerasi Zebra Mansinam 2024 di Polda Papua Barat, Senin (14/10/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA

Kombes Pol Subandi menambahkan Operasi SebrZebra Mansinam 2024 juga melaksana bimbingan penyuluhan kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas melalui sosialisasi dan pemasangan baliho, stiker danmelalui media cetak, elektronik maupun media sosial.

‘’Melaksanakan edukasi dan membangun disiplin masyarakat untuk patuh serta tertib dalam berlalu lintas,’’ tambah Subandi.

‘’Serta melaksanakan penegakkan hukum secara elektronik terhadap tindakan pelanggaran dan teguran secara elektronik,’’ sambung Subandi.

Lanjut Subandi, bahwa Operasi Zebra Ma2024 melaksanakan penegakkan hukum sidik laka lantas secara profesional dan prosedural.

‘’Serta melakukan counter opini terhadap berita-berita hoaks di medsos,online maupun mainstream terkait OPS”Zebra-2024”,’’ tuturnya.(rustam madubun)

  • Pesan layanan masyarakat ini oleh Direktorat Lalulintas Polda Papua Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *