fbpx
 Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Dr Tornagogo Sihombing, SIK, MSI saat diwawancara wartawan seusai penanaman pohon di perumahan Polda Papua Barat Soribo Manokwari, Jumat... Kapolda Akan Tegas Pada Pelaku Pembalakan Liar di Papua Barat

 Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Dr Tornagogo Sihombing, SIK, MSI saat diwawancara wartawan seusai penanaman pohon di perumahan Polda Papua Barat Soribo Manokwari, Jumat (10/1/2020). FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com.

 PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI –  Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Dr Tornagogo Sihombing, SIK, MSI berjanji tetap bersikap tegas terhadap pelaku pembalakan liar (illegal logging) di Papua Barat.

Baca juga: Pesan Kapolda Papua Barat Pada Polri Peduli Penghijauan, Kita Jaga Hutan, Hutan Jaga Kita

‘’Masalah illegal logging tetap menjadi komitmen tegas kepada pelaku usaha yang tidak memiliki Hak Pengusahaan Hutan (HPH), sedangkan  yang memiliki HPH harus sehat, kita akan lihat, yaitu yang ditebang sesuai dengan izin atau tidak,’’ jelas Kapolda Papua Barat kepada wartawan seusai Apel Polri Peduli Penghijauan, Jumat (10/12020) di Perumahan Polda Papua Barat Soribo Manokwari.

‘’Apalagi HPH yang tidak komitmen sesuai izinnya kami tetap tegas akan masalah itu.  Kita lihat di Kabupaten Teluk Wondama Wasior banjir,  di Papua ternyata masih ada yang seperti itu, karena apa? Karena ulah segelintir pelaku-pelaku, komitmen saya jelas, tegas,’’ ujar jenderal bintang satu ini tegas.

Kapolda mengatakan, bahwa Provinsi Papua Barat adalah paru-paru dunia. Ia akan perintah anggota tangkap pelaku yang merusak hutan, Polda akan melihat bagaimana proses HPH itu, ilegal atau tidak.

Selain tindakan tegas kepada pelaku usaha HPH,  secara internal Polda Papua Barat, Kapolda menginstruksikan untuk semua anggota Polri jajarabn Polda Papua Barat budayakan menanam pohon. Karena, selain tugas polisi adalah melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat sesuai undang-undang Polri, polisi juga dituntut untuk mewujudkan humanis,  itu bukan kepada sesama manusia saja tetapi kepada lingkungan juga.

‘’Karena apapun yang kita lakukan sekarang, atau sampai kapanpun tanpa memperhatikan lingkungan khususnya penghijauan dari seluruh lahan yang ada di Indonesia ini, kita tidak akan bisa bertahan lebih lama di bumi. Untuk itu tadi saya instruksikan semua Polres budayakan menanam pohon,’’ tegas Kapolda.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!