fbpx
Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Dr Tornagogo Sihombing, SIK, MSI menanam pohon di Komplek Perumahan Polda Papua Barat Soribo Manokwari, Jumat (10/1/2020). FOTO: rustam... Pesan Kapolda Papua Barat Pada Polri Peduli Penghijauan, Kita Jaga Hutan, Hutan Jaga Kita

Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Dr Tornagogo Sihombing, SIK, MSI menanam pohon di Komplek Perumahan Polda Papua Barat Soribo Manokwari, Jumat (10/1/2020). FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com.

Ketua Bhayangkari Polda Papua Barat Ny Tornagogo Sihombing menanam pohon di Perumahan Polda Papua Barat Soribo Manokwari, Jumat (10/1/2020). FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com.

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kepolisian Daeraj (Polda) Papua Barat menindaklnjuti program Polri Peduli Lingkungan sebagai upaya pencegahan terjadinya bencana alam. Penyabab bencana alam salah satunya adalah banjir dan longsor karena kerukasan hutan dan lahan-lahan yang tidak produktif.

Baca juga: Kapolda Akan Tegas Pada Pelaku Pembalakan Liar di Papua Barat

‘’Kegiatan penanaman pohon merupakan upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitas hutan dan lahan serta perbaikan untuk keberlangsungan hidup.  Ini adalah program berkesinambungan dan berkelanjutan dari satuan atas ke jajaran bawah hingga ke tingkat Polsek-Polsek yang bertujuan untuk penghijauan, lahan-lahan yang ditanami pohon akan berfungsi dengan baik, ‘’ jelas Kapolda Papua Barat Brigadir Jenderal Polisi Dr Tornagogo Sihombing, SIK, MSI pada apel penanaman pohon di Komplek Perumahan Polda Papua Barat di Soribo Manokwari, Jumat (10/1/2020).

‘’Kegiatan penanaman pohon tersebut bukan hanya kegiatan seremonial  semata  tetapi juga. Sebagai wujud syukur kita sebagai makhluk hidup yang wajib memelihara alam tempat tinggalnya,’’ sambungan Kapolda.

Kapolda Papua Barat Tornaogo Sihombing menegaskan Polri peduli lingkungan sejalan dengan pesan yang selalu disampaikan Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan dalam setiap kesempatan.

Ia pun mengutip satu pesan gubernur. ‘’Saya mengutip salah satunya, yaitu “kita jaga hutan, hutan jaga kita”, program penghijauan yang dicanangkan bapak Kapolri selaras dengan yang disampaikan oleh bapak Gubernur Papua Barat,’’ ujar Kapolda Papua Barat.

Tornagogo Sihombing mengatakan, hutan terdiri dari pohonpohon yang menjadi sumber kehidupan.  penanaman pohon menjadi hal yang perlu digalakkan, karena pohon diyakini mampu menyerap co2 dalam  atmosfer.  Selain itu pohon juga bermanfaat ganda bagi manusia dan lingkungan.

‘’Bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius, seperti banjir yang baru saja di alami di ibukota, erosi, tanah longsor, kebakaran lahan dan hutan yang juga terjadi pada beberapa wilayah di indonesia yang menyebabkan kabut asap, dan yang dirugikan adalah kita sendiri,’’ Tornagogo Sihombing yang menjabat Kapolda Papua awal Desember 2019 lalu.

Perwakilan TNI, Polri dan Ketua PWI Papua Barat Bustam menerima secara simbolik bibit pohon dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Papua Barat Abdullatief Suari pada Apel Polri Peduli Lingkungan di Perumahan Polda Papua Barat Soribo Manokwari Papua Barat, Jumat (10/1/2020). FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com.

Ia menekankan, hutan yang terpelihara dengan baik dan lahan yang ditumbuhi pepohonan dengan cukup akan berfungsi melindungi bagi lahan di sekitarnya, seperti dalam menata air, menyerap dan menyimpan air, lahan menjadi subur, kelembaban tanah, udara dan iklim dapat terjaga keseimbangnnya.

‘’Diharapkan kepada seluruh personel Polri di jajaran Polda Papua Barat dapat terus-menerus melakukan penanaman pohon di lingkungan masing-masing dan melaksanakan pemeliharaan kepada pohon yang sudah di tanam sehingga dapat tumbuh dengan baik, yang hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat sampai dengan anak cucu kita nanti,’’ pesan Kapolda mengakhiri pesannya.

Usai Apel Polri Peduli Lingkungan di jajaran Polda Papua Barat, dilanjutkan dengan penanaman 800 pohon di  Perumahan Polda Papua Barat, oleh Kapolda Papua Barat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Papua Barat, Abdullatief Suari, Wakil Asisten Oprasional Kodam XVIII/Kasuari, Letkol Iwayan, Ketua Bhayangkari Daerah Polda Papua Barat, Ny Tornagogo Sihimbing, Anggota Polda papua Barat, Brimob Polda Papua Barat, Anggota Polres Manokwari, Anggota TNI AD dan AL, BNN Papua Barat, Foropimda.

Apel Polda Papua Barat pada Polri peduli penghijauan diawali dengan penyerahan secara simbolik bibit pohon yang diterima anggota TNI dan Polri serta Ketua PWI Papua Barat Bustam.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!